Mengenakan Pakaian Yang Terindah Ketika Shalat.






Kajian Khazanah Islam (katagori posting Shalat)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Mengenakan pakaian yang terindah ketika shalat, adalah salah satu ciri muslim yang yang taat dan tunduk atas perintah Allah SWT.  Shalat adalah satu cara seseorang hamba berkomunikasi dengan pencipta-Nya. Bagaimana seharusnya pakaian yang dikenakan saat menghadap Allah?. Terkait dengan pakaian Allah berfirman di dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, dan makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan". (QS, Al- A'raf 31) 

Dari terjemahan ayat tersebut diatas jelas bahwa Allah sangat menekankan kepada hambaNya apabila hendak ke masjid maka diperintahkan untuk mengenakan pakain yang terindah. Walaupn secara eksplisit tidak dikatakan untuk shalat, tetapi secara logika bahwa ketika kita hendak ke masjid adalah sudah menjadi lazim ia akan melakukan shalat.

Terkait dengan pakaian, terdapat di dalam buku Ensiklopedia Islam Al Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwwaijiri dijelaskan bagaimana cara berpakain terindah/terbaik yang harus dikenakan saat sholat

Seorang muslim diperbolehkan memakai pakaian sesukanya, selama itu tidak haram dan sesuai dengan syari'at Islam, kecuali bila pakaian tersebut yang diharamkan, baik karena dzatnya ; seperti kain sutra, cincin mas, untuk laki-laki. Dan kepada semua muslim menggunkan pakaian yang terdapat gambar-gambar makhluk yang memiliki ruh, ini juga diharamkan bagi laki-laki maupun perempuan. 

Atau diharamkan karena sifatnya, seperti shalatnya laki-laki memakai pakaian perempuan, atau isbal (berpakain menjulur melebihi mata kaki) dengan rasa sombongnya. Atau juga pakaian yang diharamkan karena dari hasil yang haram misalnya ; mencuri, atau membelinya dengan uang korupsi. 

Jadi ketika shalat adalah memakai pakain yang terbaik dan bersih dari najis. Karena Allah SWT adalah mempunyai sifal Jamil (indah) dan berhak mendapatkan kerapian dan keindahan dari hambaNya. Bukan hanya ketika hendak bepergian bertamu, berkondangan, dan menghadiri acara-acara seremonial saja, tetapi ketika menghadap Allah juga harus berpakain rapi bahkah diusahakan lebih indah tatkala sedang menghadap Allah SWT. 

Bagi pakaian untuk laki-laki, batas sampai pertengahan betis dan lengan, jika tidak menungkinkan, ini boleh sampai bawah betis. Untuk laki-laki pakaian yang terindah adalah memakai pakain jangan sampai menutupi kedua mata kaki, atau isbal. Walaupun aurat laki-laki adalah dari pusar sampai lutut. 

Sedangkan bagi perempuan, karena seluruh tubuhnya adalah aurat, kecuali wajah, kedua telapak tangan, dan kedua telapak kaki, jadi harus ditutupi saat shalat, dan juga saat bermu'amalah sehari-hari. 

Demikian uraian singkat artikel kali ini Mengenakan Pakaian Yang terindah Ketika Shalat. Semoga bermanfaat.  


Sumber : 
Buku Ensiklopedia Islam Al-Kamil yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah At-Tuwaijiri. Bagian ketiga . Bab Pakain dalam shalat. hal. 649. 

0 Response to "Mengenakan Pakaian Yang Terindah Ketika Shalat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel