Apakah Benar Adam Terusir dari Surga Karena Hawa?




Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Kisah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalan segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...  

Apakah benar Adam terusir dari Surga karena Hawa?. Kita sering mendengarkan kisah Adam yang diusir oleh Allah SWT dari surga, dan ada sebagian da'i yang menyampaikan bahwa Adam terusir dari Surga lantaran Hawa yang menjerumuskannya. Memang sebagian kisah yang tersebar, bahwa Adam diusir dari surga lantaran Hawa yang memberikan makanan dari sebuah pohon yang terlarang yang telah dimakannya juga, oleh Hawa. 

Kisah itu sebetulnya adalah dari versi Al-Kitab (Taurat) Perjanjian Lama yang tertulis dalam :
Kejadian 3:6 Perempuan itu (Hawa) melihat pohon itu indah, dan buahnya nampaknya enak untuk dimakan. Dan ia berpikir alangkah baiknya jika dia menjadi arif. Sebab itu ia memetik buah pohon itu, lalu memakannya, dan memberi juga kepada suaminya (Adam) dan iapun memakannya. (Perjanjian lama kejadian 3 : 6) 

Dengan dasar firman Tuhan yang tertulis di kitab Taurat itu, akhirnya banyak da'i yang menyampaikannya bahwa Hawa-lah yang menyebabkan Adam terusir dari Surga karena ikut memakan buah terlarang yang diperingatkan Tuhan. 

Syekh Yusuf Qaradhawi dalam Fiqih Kontemporer menjelaskan, sumber atau pendapat ini adalah dari kitab Taurat (Perjanjian Lama) dengan segala bagian tambahannya. Kisah ini di-imani/diyakini oleh kaum Yahudi dan Nasrani. 

Namun bagi para pembaca Al-Qur'an akan berbeda. Allah berfirman  : "Dan Kami berfirman, Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isttrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang dzalim". (QS Al-Baqarah : 35). 

Dalam ayat lainnya, disebutkan jika sosok yang mendorong Adam dan Hawa untuk memakan buah terlarang itu adalah setan. Allah berfirman : "Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula" (Al-Baqrah : 36)

Kisah tentang syaitan menipu Adam dan Hawa secara detail diterangkan dengan rinci dalam (QS al-A'raaf :20-21. "Maka setan membisikan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup bagi mereka, yaitu auratnya, dan setan berkata : Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini melainkan supaya kamu brdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga). Dan dia (setan) bersumpah kepada keduanya, Sesungguhnya saya termasuk orang yang memberi nasihat kepada kamu berdua.

Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasakan buah pohon itu, tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka, Sesunguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua. Keduanya berkata, Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi". (QS Al-'Araaf : 22-23). 

Dalam ayat lainnya, Allah berfirman, : "Dan sesungguhnya telah Kami perintahkan kepada Adam dahulu, maka ia lupa (akan perintah itu) dan tidak Kami dapati padanya kemauan yang kuat..." (QS Thaha : 115). Dalam ayat ini, Adam AS, merupakan pihak yang pertama diminta pertanggungjawabannya tentang pelanggaran itu, bukan Hawa. Karena itu, peringatan dari Allah ditujukan kepada Adam. 

Kekurangan itu pun dinisbatkan kepada Adam dan yang dipersalahkan pun adalah Adam. Meski istrinya turut melakukan pelanggaran. Petunjuk ayat-ayat Al-Quran menjelaskan jika peranan Hawa tidak seperti peran Adam. Hawa pun memakan buah terlarang itu dan melanggar aturan tersebut karena mengikuti Adam. Meski demikian Nabi Adam kemudaian bertaubat. Allah pun memberi keduanya petunjuk menjadi Khalifah di muka bumi ini. Wallahu 'alam. 

Demikian kisah Adam, Apakah Benar Adam Terusir dari Surga karena Hawa?. Maka jawabannya adalah pada uraian diatas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita, dalam khazanah Agama. Aamiin... 

0 Response to "Apakah Benar Adam Terusir dari Surga Karena Hawa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel