"Yang Benar Silaturrahmi ataukah Silaturrahim?"


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Mu'amalah)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingn-Nya semoga senantiasa menyertai kita dalam segala urusan di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

صِلَةُ الرَّحِمِ  
(Silaturrahim) 

Judul di atas yaitu , "Yang Benar Silaturrahmi ataukah Silaturrahim?", suatu kalimat pertanyaan bagi orang yang tidak tahu makna secara pasti. Atau memang orang tersebut kritis dalam hal kalimat/bacaan, karena ada yang mengatakan antara silaturrahmi dan sillaturrahim itu berlainan makna apabila diuraikan dengan rinci.  

Masih banyak Lembaga Masyarakat, Ormas, atau Forum-forum, khususnya di Indonesia apabila membuat suatu lembaran undangan atau Kop surat, menggunakan teks Silaturrahmi atau Silaturrahim Misal, 1 : Forum Silaturrahmi ... dan contoh 2 : Silaturrahim... 

Kalimat Silaturahmi dan Silaturahim pernah menjadi pertanyaan di Forum pengajian di daerah Bogor Barat, dalam rangka Halal bi Halal tahun 1438 Hijriyah oleh masyarakat Bogor itu sendiri, untuk mengetahu mana yang benar apakah Silaturrahmi ataukah Silaturrahim. Pertanyaan ini semula muncul dari salah seorang jama'ah peserta Halal bi Halal ketika telah selesai mendengarkan tausiyah dari seorang Ustad yang memberi ceramah di acara tersebut. 

Akhirnya menjadi sebuah perbincangan yang seru dengan kehangatan kekeluargaan, dijawab oleh salah seorang Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah) yang menjelaskan dengan singkat dan gamblang sebagai berikut :   
Secara tinjauan bahasa Arab, kata "Silaturrahim" ditulis dengan : [صِلَةُ الرَّحِمِ]. Jika kita beri harakat lengkap, cara membacanya adalah : "Silaturrahimi". Jika kita pecah, terdiri dari dua kata : Silah : [arab: صِلَةُ] yang artinya hubungan dan rahim [arab: الرَّحِم] artinya rahim tempat janin sebelum dilahirkan. Sehingga yang dimaksuk selaturrahim adalah menjalin hubungan baik dengan kerabat, sanak atau saudara yang masih memiliki hubungan rahim atu hubungan darah dengan kita. Maka kalau kita baca sejarah awal manusia adalah Adam serta Hawa dan hawa adalah yang mempunyai rahim jadi kita semua adalah ada hubungan satu rahim dengan semua manusia yang ada di dunia ini.   
Terdapat beberapa kata dalam bahasa arab yang mengalami infiltrasi ke bahasa kita (indonesia). Hanya saja masyarakat Indonesia tidak sepakat dalam ejaannya. Kendati lembaga bahasa telah membuat aturan baku EYD, (Ejaan Yang Disempurnakan), namum tidak semua masyarkat terbiasa menggunakannya. Sebagaimana kata Shalat. Ada yang menuliskan Sholat, salat, atau solat. Mana yang benar?. Bagi sebagian orang yang taklid dengan EYD, mereka akan membela/membenarkan kata salat. Tapi bagi sebagian yang kurang perhatian dengan bahasa, dia tidak akan mempermasalahkannya, yang penting enak dibaca. 

Karena itu, sejatinya tidak ada yang perlu dipermasalahkan antara silaturrahmi ataukah silaturrahim. Selama makna yang dimaksud sama, yaitu memperbaiki hubungan persaudaraan dengan kerabat. Anda boleh menyebut silaturrahmi atau silaturrahim, karena keduanya sama dalam makna. 
Inilah makna kaidah yang ditetapkan oleh para ulam.
"Tidak ada perbedaan dalam Istilah"   لا مشاحة فى الاصطلاح
Artinya, selama maknanya sama, tidak jadi masalah.

Demikian uraian singkat tentang materi "Yang Benar Silaturrahmi ataukah Silaturrahim?". Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam kebahasaan untuk kita semua. 
Wallahu 'alam. 


Sumber : 
KonsultasiSyari'ah.com dan telah diselaraskan.

0 Response to ""Yang Benar Silaturrahmi ataukah Silaturrahim?""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel