Pedang dan Jubah Rasulullah SAW. Tersimpan di Museum Topkapi.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (katagori posting Sejarah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Pedang dan Jubah Rasulullah SAW, adalah salah satu benda bersejarah yang dapat memberikan informasi akurat tentang masa perjuangan beliau tatkala memperjuangkan tegaknya Islam hingga menjadi Jaya dan menjadi Agama yang membawa manusia mencapai kebahagiaan dunia dan Akhirat. 

Istana Topkapi atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah merupakan kediaman resmi Sultal Utsmaniyah selama lebih dari 390 tahun (1465-1856). Pembangunan Istana ini dimulai pada tahun 1959 atas perintah Sultan Mehmed II. Komplek istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh kurang lebih 4.000 orang. Istana ini selain sebagai tempat tinggal kerajaan, juga digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan.  

Setelah jatuhnya Dinasti Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan Mesum berdasarkan dekrit pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari "Wilayah Bersejarah Istambul".

Museum Topkapi menyimpan banyak benda peninggalan bersejarah dan yang palin menarik adalah benda-benada milik Nabi Muhammad SAW.  Benda-benda tersebut tersimpan rapi di ruang Relikui Suci, yang menjadi obyek utama kunjungan wisatawan. 

Diantara benda Rasulullah SAW. yang sekarang tersimpan di Mesium Topkapi di Istambul, adalah Pedang dan Jubah beliau yang masih terawat dengan aslinya dan disimpan dengan rapinya. 

Di bahwah ini adalah dua gambar benda tersebut : 

Pedang Rasullah SAW. 
Jubah Rasulullah SAW.


Di Istana Topkapi (Museum Topkapi) pengunjung dapat menyaksikan tempat celak milik Rasulullah SAW. , jejak kaki, pedang dan jubah seperti gambar diatas, hingga rambut Rasulullah. Selain itu terdapat benda-benda peninggalan para sahabat Rasul yang utama (khulafa ar-Rasyidin). 

Seluruh benda peninggalan Rasulullah SAW dan shabat-sahabatnya ditempatkan di ruangan yang terpisah dari bangunan utama Istana Topkapi, dan berada di ruang khusus yang disebut Paviliun Relikui Suci. Di samping relikui Rasulullah dan para sahabat, Istana Topkapi juga menyimpan banyak relikui tokoh-tokoh terkenal lain dalam sejarah Islam. Beberapa di antaranya yang bisa disebutkan adalah potongan sorban Syekh Abd. al-Qadir Jailani, mangkuk Nabi Ibrahim AS, tongkat Nabi Musa, pedang Nabi Daud, sorban Nabi Yusuf serta jubah dan sajadah Fatimah Az-Zahra. 

Baca juga yang ini : Tiga Masjid Unik di Bangladesh

Dari semua peninggalan tersebut, yang paling mengejutkan adalah relikui potongan tangan kanan milik Yohanes Pembaptis yang dikenal dalam sejarah Kristen. Menurut kisah, dulu tangan kanan itulah yang dipakai untuk membaptis Yesus di Sungai Yordan. 

Inilah relikui potongan tangan kanan milik Yohanes yang ada di museum Topkapi : 



Sejarah juga menyebutkan bahwa Yohanes Pembaptis dipenggal oleh Raja Herodes dari kerajaan Romawi.  Relikui tersebut di bawa ke Istambul (Museum Topkapi) dari Antokia pada masa kekuasaan Konstantin VII. 

Demikian cuplikan sejarah Pedang dan Jubah Rasulullah SAW Tersimpan di Museum Topkapi. Semoga menjadi wawasan kita dalam khazanah Islam dan manambah keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya. 

0 Response to "Pedang dan Jubah Rasulullah SAW. Tersimpan di Museum Topkapi."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel