Dzikir La Illaha Illallaah ( لا اله الا الله ) Pembuka Pintu Rezeki Dan Pengaruh Dalam Kehidupan Manusia.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (ketgori posting Aqidah)
Pembaca budiman Rahmat dan Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin. 

Dzikir La illaha illallaah ini, sering sekali dilupakan oleh sebagian besar kaum muslimin dikarenakan banyaknya jenis dzikir yang dikemas dengan susunan kalimat yang membawa kemukjizatan dengan hasil yang sangat menjanjikan. Misalnya banyak dzikir dari asma'ul husna yang terdiri dari 99 nama terbaik Allah, sehingga orang melupakan bahwa dengan dzikir "La illaha Illallaah" yang kelihatan pendek dan tidak begitu banyak ditulis atau dicontohkan para kiyai untuk menggunakan dzikir Tauhid. Padahal kalimat Tauhid adalah kalimat yang sangat agung nilainya. 

Memang untuk berdzikir banyak pilihan kalimat yang dapat diamalkan tetapi yang sangat utama adalah kalimat tauhid  "La illaha illallaah". Pendapat ini dikutakan oleh riwayat hadtis Malik dan At-Tarmidzi. 
Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda : "Kalimat yang paling utama yang aku (Nabi saw.) dan para nabi  sebelumku adalah "La illaha illallah" (HR. Malik dan at-Tirmidzi).

Syekh Idrus yang merupakan putra dari Sultan Buton ke-27 yang bernama La Badaru (1799-1823) dalam kitabnya yang berjuludul Mu'nisat Al-Qulub menjabarkan khasiat berdzikir dengan kalimat tahudid "La illaha Illallaah" dengan mengutip nukilan Kitab Ar-Risalah, Al-Qusyairiyyah karya Imam Al Qusyairi. Berikut 6 manfaat dzikir kalimat tauhid "La illaha Illallaah" yang kadang dilupakan oleh umat muslim kebanyakan :
  1. Menurut Imam Al Qusyairi berdzikir kalimat tauhid pada pagi hari setelah sholat subuh sebanyak 1000 kali dalam kondisi bersuci, akan memudahkan terbukanya pintu rezeki.
  2. Jika diucapkan dengan jumlah yang sama (1000 kali) sebelum tidur maka ruh orang tersebut bermalam di arsy dan mengambil asupan sekuatnya dari alam tersebut. 
  3. Syeh Idrus juga menyertakan riwayat penguat manfaat dzikir kalimat tauhid adalah dzikir dosa yang dapat mengantarkan seseorang ke surga dan selamat dari api neraka. Bahkan dalam hadits riwayat Bukhari disebutkan kalimat tauhid adalah kunci surga. 
  4. Bila dilafalkan pada siang hari, setan akan melemah. Banyak lagi khasiat langsung dari dzikir kalimat tauhid seperti menyingkirkan kejahatan dan membuka tabir alam gaib. Ini sebagaimana hadits riwayat at-Tairimidzi yang menyebutkan bahwa kalimat tauhid menegaskan hijab antara Allah SWT hingga benar-benar mebersihkan jiwanya.
  5. Menurut Abu al-Jauhari, kalimat tauhid merupakan dzikir segala apa yang ada di surga, termasuk pepohonan dan sungai-sungainya yang indah. Sesaat para pengujung surga masuk, mereka akan mendengar lantunan kalimat tauhid itu secara merdu. Sebagian pun lantas berucap dzikir yang banyak dilupakan swaktu berada di dunia. 
  6. Kalimat tauhid juga kerap dijadikan resep oleh Syekh Abdul Qadir Jalaani kepada siapapun yang mengeluhkan kemasiatan kepada tokoh sufi tersebut. Nasihat berupa kalimat tauhid membuat pencinta khamar dan pelaku zina, atas seizin Allah SWT, akhirnya bertobat berkat bacaan dzikir tauhid.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata hakikat kaliamat tauhid "La illaha illallaah" adalah tidak ada kesenangan dan kenikmatan yang sempurna bagi hati kecuali dalam kecintaan kepada Allah dan bertaqarrub kepada-Nya dengan mengerjakan apa-apa yang dicintai-Nya.

Pengaruh Kalimat "La illaha illallaah" Dalam Kehidpan Manusia. 
Seperti halnya shalat, kalimat tauhid juga memberikan pengaruh pada diri seorang muslim dalam kehidupannya. Al-Maududi menyebutkan ada 9 (sembilan) pengaruh kalimat "La Illaha Illallaah" yaitu sebagai berikut :
  1. Dengan kalimat ini pandangan seorang muslim tidak menjadi sempit, berbeda dengan orang yang mengaku banyak sesembahan, terlebih lagi bagi yang mengingkari-Nya. 
  2. Menumbuhkan kehormatan dan harga diri yang tidak dapat diperbuat oleh sesuatu yang lain.
  3. Menumbuhkan sikap tawadhu' tanpa menghinakan dan merendahkan hati dan tanpa menyombongkan diri.
  4. Seorang mukmin akan mengetahui secara yakin, tiada jalan keselamatan dan keberuntungan kecuali dengan menyucikan diri dan beramal sholeh.
  5. Tidak Tersusupi rasa putus asa, sebab ia yakin Allah mempunyai simpanan di langit dan di bumi. 
  6. Menunjukkan manusia kepada kekuatan besar berupa ambisi, keberanian, sabar, keteguhan hati, dan tawakkal ketika mengemban urusan-urusan penting karena mengharap ridha Allah dan juga merasakan satu kekuatan yang menguasai langit dan bumi.  
  7. Menggerakan keberanian pada manusia dan mengisi hati dengan semangat. Karena yang membuat manusia menjadi takut dan melemahkan ambisinya ada dua hal, yakni, kecintaan terhadap dirinya sendiri, harta dan keluarga serta keyakinannya bahwa di sana ada seseorang selain Allah swt. yang dapat mematikan manusia. 
  8. Mengangkat kemampuan manusia menumbuhkan ketinggian, kepuasan dan kecukupan, membersihkan hati dari noda-noda kerakusan, tamak, dengki, rendah diri, suka mencela, dan sifat-sifat kurang baik lainnya.
  9. Iman kepada "La Illaha Illallaah" menjadikan seorang mukmin selalu terkait dengan syariat Allah dan sekaligus menjaganya. 
Demikian Uraian Materi Dzikir La illaha illallaah; Pembuka Pintu Rezeki dan Pengarus Dalam Kehidupan Manusia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan keislaman kita. serta kita amalkan dengan tulus dan ikhlas. 

0 Response to "Dzikir La Illaha Illallaah ( لا اله الا الله ) Pembuka Pintu Rezeki Dan Pengaruh Dalam Kehidupan Manusia."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel