Hal-Hal Yang Dapat Mempermudah Datangnya Rizeki dan Yang Menghambatnya.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Hal-hal yang dapat mempermudah datangnya rizeki dan yang menghambatnya, adalah salah satu kajian dalam Kitab Ta'lim al-Muta'alim ila Thariqah al-Ta'allum atau yang lebih dikenal dengan nama Ta'lim Muta'alim. Kitab ini adalah satu-satunya karya Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji, dan di dalam kitab tersebut Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji mengungkap, tentang rizeki. Ada hal-hal yang mempermudah datangnya rizeki dan menghambat rizeki.  Yang mempermudah datangnya rizeki adalah ; do'a, sedangkan yang menjadi penyebab penghambat rizeki adalah dusta dan dosa. Karena Dusta dapat menyebabkan kefakiran.

Tidur di pagi hari juga dapat menyebabkan menjadi fakir harta juga fakir ilmu. Termasuk pula bila malam dibiarkan lewat begitu saja tanpa dipergunakan untuk mengadu kepada Allah dalam rangka mempermudah datangnya rizeki. Karena malam hari juga termasuk dari jatah umur yang diberikan Allah SWT. 

Hal-hal yang menghambat datangnya rizeki, dalam Kitab Ta'lim Muta'alim, dijelaskan bahwa bagi seseorang yang tidur dengan telanjang, kencing dengan telanjang, makan dalam keadaan berjunub, tudur diatas lambung (tidur tertelungkup), membiarkan makanan terjatuh, membakar kulit bawang merah dan bawang putih., kesemuanya adalah termasuk yang menghambat datangnya rezeki.

Kitab Ta'lim Muta'alim juga menjelaskan bahwa menyapu lantai rumah dengan sapu tangan, (maknanya adalah membersihkan dengan tangan tanpa menggunakan sapu) juga termasuk menghambat datangnya rizeki. Dijelaskan pula menyapu rumah pada malam hari, membiarkan sampah tetap di dalam rumah pada malam hari.
Baca juga ini :  Sabar, Shalat dan Khusyu' Sebagai Sarana Pintu Hadirnya Pertolongan.

Kitab tersebut juga mengupas tentang; berjalan di depan orang tua, juga akan menghambat datangnya rizeki, hindarilah untuk tidak berjalan di depan orang tua, sementara kedua orang tua sedang istirahat dengan duduk-duduk. Membersihkan tangan dengan debu, duduk di depan pintu, bersandar di daun pintu, menambal baju atau memasang kancing, pada pakaian sedang dikenakan, membersihkan badan dengan baju, (membersihkan keringat dengan baju), membiarkan sarang laba-laba di dalam rumah, baik laba-laba yang besar maupun yang kecil dan meremehkan (menunda-nunda) untuk shalat. Dan khusunya untuk laki-laki shalat berjama'ah di masjid/mushalla.

Khusus yang melancarkan rizeki disamping apa yang telah diterangkan di atas, adalah beberapa hal di bawah ini.
  • Memperbanyak istighfar kepada Allah, yaitu meminta ampun kepada Allah dengan membaca kalimat "Astaghfirullah"  artinya : aku minta ampun kepada Allah. "Surat  Nuh ayat 10" yang artinya : "Memintalah ampun kalian kepada Tuhan kalian sesungguhnya Dia Maha Pengampun".  Yang pasti memperbanyak istighfar, agar dimudahkan Allah, baik dalam semua urusan maupun untuk mempermudah rizeki. 
  • Memperbanyak Infaq Fisabilillah, sesuatu yang kita keluarkan untuk infaq fiisabillah, Allah berjanji akan melipat gandakan, bahkan sampai 700 kali lipat dari apa-apa yang dinfaqkan, sesuai dengan firman Allah dalam Al-qur'an Surat Al-Baqarah ayat 261.  "Perumpamaan orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui". 
  • Memperbanyak Sitaturahim, menyambung persaudraan merupakan perintah Allah dan Rasul, berdasarkan dalil Al-Qur'an Surat An-Nisa ayat 1 : "Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (pelihara) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu".  Sabda Nabi saw. : "Barangsipa yang ingin diluaskan dalam rizekinya dan ingin di panjangkan dalam umurnya maka supaya menyambung silaturrahim". (HR. Bukhari)
Baca juga yang ini : KAYA YANG BAROKAH HANYA DENGAN ISTIQOMAH BERSEDEKAH
  • Senang menghormati Tamu, salah satu kewajiban seseorang, kepada orang lain dalam agama Islam, adalah menghormati tamu. Baik tamu itu seorang saudara kita, maupun bukan, sudah beriman maupun belum. Baik tamu yang kaya maupun yang miskin. Yang pasti semua tamu harus dihormati dan di muliakan.  Selaim menjadi perintah Allah dan Rasulullnya, ternyata menghormati tamu dapat mempermudah datanya rizekiSabda Nabi saw. dalam hadits riwayat Abu Syaikh yang artinya : "Tamu yang datang dengan membawa rizeki dan dia pergi dengan menghilangkan dosa kamu, dan Allah menghapus dari dosanya dan juga dosa-dosa kamu". Berdasarkan hadits ini, siapapun yang datang menjadi tamu harus dihormati dan jangan disia-siakan, sebab jika disia-siakan maka akan mendapat ancaman Allah swt. 
Demikian uraian singkat, Hal-hal Yang Dapat Mempermudah Datangnya Rizeki dan Yang Menghambatnya. Semoga bermanfaat.


Diposting oleh : Rasiyam Hidayat
Sumber : Kitab Ta'lim Muta'alim karya Syeikh Burhanuddin Al-Zarnuji.

0 Response to "Hal-Hal Yang Dapat Mempermudah Datangnya Rizeki dan Yang Menghambatnya. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel