Dengan Sifat "Qona'ah" Dapat Mencegah Amarah.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)
"Qona'ah adalah ; ridho dengan ketetapan Allah, dan berserah diri dengan ketetapan-Nya".

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak Aamin.  

Judul diatas, "Dengan Sifat Qona'ah dapat mencegah amarah. Atikel ini saya tulis berkaitan dengan sebuah kisah sepasang suami istri yang sedang membina rumah tangga untuk menuju sakinah mawaddah warohmah. Kisah yang akan saya sajikan adalah betapa indahnya ketika dalam rumah tangga itu dapat menerima ketetapan Allah Swt, (Qona'ah).

Alkisah seorang suami baru saja pulang ke rumah dari tempat kerjanya, dengan membawa pesanan sang istri yang disayangnya, yaitu buah mangga. Lalu dengan gembiranya sang istri mengupas mangga tersebut dan menyantapnya, namun tidak disangka bahwa mangga itu terasa super asam. Lantas kemudian sang istripun marah-marah. 

Apa yang ditanggapi oleh sang suami?  dengan tenang suami menaggapi amarah sang istri. Setelah selesai didengarkan amarah-amarah istri ("bisikan setan"). Suami bertanya dengan lemah lembut, wahai istriku yang sholehah, kepada siapakah sebenarnya engkau marah?. Kepada pedagang buahnyakah? Ataukah kepada pembelinya yaitu suamimu yang telah berikhtiar dengan cintanya membelikan mangga pesananmu?. Atau kepada Petani yang menanamnya?, Atau kepada yang menciptakan buah manngga itu?    

Lalu istrinya pun terdiam. Sebuah pertanyaan yang tidak disadari langsung menggugah batin kesadarannya. Dengan tersenyum manis, sang suami melanjutkan nasihat hikmahnya. Seorang pedagang buah yang baik tidak mungkin akan menjual buah kecuali buah yang terbaik. Seorang pembelipun pasti menginginkan membeli sesuatu yang terbaik pula!. Begitu pula seorang petani pasti akan merawat tanamannya dengan baik agar dapat menghasilkan buah yang terbaik. Bukankah begitu Istriku?. 
"Maka" lanjut sang suami, sasaran kemarahanmu sekarang kini tinggal satu, tidak lain hanyalah kepada yang menciptakan mangga itu? yaitu Allah al-Khaliq.  

Pertanyaan sang suami ini, sekaligus mengakhiri kemarahan sang istri yang meletup-letup karena sebuah mangga yang disantapnya terasa super asem. Dan sang istri menyesali apa yang telah diperbuatnya dengan meminta ma'af kepada suaminya. 

Kisah ini mengajarkan satu hal bahwa setiap keluhan yang berujung dengan kemarahan, sejatinya sama saja kita tidak ridha atas ketetapan Allah SWT.   Kita tahu bukankah setiap apa yang terjadi sudah menjadi ketetapan-Nya? 
  
Karena itu mari belajar ridha dan ikhlas dengan ketetapan Allah. Sesungguhnya kekayaan yang sebenarnya dan kepuasan hidup itu, ketika kita memiliki sifat ridha dan ikhlas dengan apapun kejadian dan peristiwa-Nya. 

Ibnu Bhathol mengingatkan; ada kekayaan yang tersembunyi dan ia adalah intan berlian bagi kehidupan kita yaitu "Qona'ah" ridha atas ketetapan Allah SWT dan berserah diri pada keputusan-Nya.  Wallahu 'alam bishowab. 

Demikian uraian singkat, tentang  kisah seseorang Dengan Sifat "Qona'ah" yang Dapat Mencegah Amarah. Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan sebagai bahan renungan dalam menapaki kehidupan di dunia ini. Aamiin. 

Baca juga yang ini : 

0 Response to "Dengan Sifat "Qona'ah" Dapat Mencegah Amarah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel