Contoh Teks Lamaran Atau Khitbah Dari Pihak Laki-Laki Kepada Wanita Muslim.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini,  untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Contoh teks lamaran atau khitbah dari pihak laki-laki kepada wanita muslim, ini adalah salah satu rangkaian untuk menuju ke arah pernikahan, yang dicontohkan Rasulullah saw. Di bawah ini adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh-contoh lamaran tersebut :

Contoh Kata Sambutan Secara Sederhana.

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ



Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan ke hadirat ilahi Robbi, Allah Swt. bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, kita masih diberi nikmat yang begitu banyak, nikmat sehat wal afiat, nikmat iman di dalam Islam serta nikmat panjang umur, sehingga dapat bermuwajahah bil wujuh, berkumpul berhadapan muka dalam rangka acara silaturahim keluarga. 

Shalawat dan salam marilah kita haturkan ke-haribaan junjungan nabi besar Muhammad saw, kepada Keluarganya, para Sahabat, serta Tabi'in, Tabiut-tabi'in, dan insya Allah kepada kita yang sampai saat ini, bahkan detik ini masih istiqamah mengamalkan risalahnya, mudah-mudah akan mendapat syafa'at di yaumil akhir kelak. Aamiin ya robbal 'alamin. 

Yang kami hormati, Bapak Ketua RW........................................................... beserta setaf
Yang kami hormati, Bapak ketua RT. ..........................................................
Yang kami hormati, Alim Ulama, Para Ustadz, Ustadzah
Para pinisepuh, para Cendikiwan, Tokoh Masyarakat yang kami hormati, 
Wabil khusus yang terhormat, Bapak ...Moch.Ihsan... beserta ... Ibu Romlah .... orang tua dari Aisyah. (calon yang akan dilamar.)
Dan para tamu undangan yang kami muliakan. 

Izinkan kami atas nama perwakilan dari : Bapak Wahyu beserta Ibu Jamil ... orang tua dari Saudara Dicki Khairul, ingin menyampaikan beberapa hal terkait dengan Silaturahim kali ini :

Pertama : Kami ucapkan terima kasih atas sambutan kedatangan kami beserta rombongan yang begitu antusias dan dengan penerimaan yang penuh ketulusan, sehingga kami sekalian, merasa terhormat dan penuh rasa suka cita.*)1
*)1 (catatan : diucapkan apabila tuan rumah berbicara formil terlebih dulu menerima kita).   

Pertama : Kedatangan atau sowan kami, kepada Bapak Moch.Ihsan sekeluarga, untuk bersilaturahim menyambung tali kasih, kedua belah pihak dan keluarga, mudah-mudahan Allah memberkahi dan meridhoinya. Aamiin. *)2
*)2 (Catatan : diucapkan apabila tuan rumah belum menerima kita secara formil). 

Kedua : Ada hal penting, yang ingin kami sampaikan berkaitan dengan anak kami saudara Dicki, bahwa hari ini anak kami minta untuk diantar kerumah Bapak sekeluarga,  dengan maksud untuk dilalamarkan atau khitbah kepada putri Bapak yaitu, Saudari Aisyah. Barangkali putri Bapak belum ada yang melamarnya atau mengkithbahnya. Untuk itu anak kami Dicki Khairul, dengan penuh kerendahan hati mengharapkan untuk dapat diterima, dan insya Allah ketika Bapak sebagai Wali mengijinkan dan menerima khitbah kami, maka selanjutnya kami akan merencanakan pernikahan/perkawinan, yang tentu akan kita bicarakan setelah selesai acara ini berlangsung, dengan kedua belah pihak keluarga, untuk menentukan kapan hari atau bulan pernikahan dilaksanakan.  

Ketiga : Tidak lupa kami beserta robongan mengucapkan terima kasih sekali lagi, atas segala apa yang telah bapak berikan/suguhkan, baik penerimaan yang begitu tulus, tempat dengan persiapan yang indah, dan tentunya hidangan yang disuguhkan kepada kami. Namun kami tidak dapat membalasnya dengan sesuatu yang berharga, kecuali ungkapan do'a semoga apa yang telah Bapak sekeluarga berikan, Allah Swt, akan membalasnya dengan pahala yang berlimpah. Aamiin.

Terkhir : Dengan selesainya atau selepas acara khitbah ini, kami beserta rombongan juga mohon pamit untuk kembali pulang, dengan memohon do'a kepada Bapak sekeluarga, mudah-mudahan kepulangan kami selamat dalam perjalanan dan lancar tiada aral suatu apapun, hingga ketempat tujuan.  

Demikian kami akhiri dengan ucapan taklim,  Wassalamu'alaikum wa-rohmatullahi wa-barookatuh.   

Inilah uraian Contoh Teks Lamaran Atau Khitbah Dari Pihak Laki-Laki kepada Wanita Muslim. Semoga bermanfaat dan menambah perbendaharaan ilmu, untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat.  


Bogor, Jum'at 12 Dzulhijjah 1439 H. 

Ditulis Oleh : Rasiyam Hidayat.    

Baca juga materi ini : 

0 Response to "Contoh Teks Lamaran Atau Khitbah Dari Pihak Laki-Laki Kepada Wanita Muslim. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel