Jauhilah Sifat Dengki Karena Akan Menghancurkan Pahala Kebaikan.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin.

Kalimat perintah jauhilah sifat dengki karena akan menghancurkan pahala kebaikan, adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam kita berinteraksi dengan sesama (Hablum Minannas). Dengki dapat menghinggapi orang yang hatinya kotor.  Dalam kehidupan sosial ada hal yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, yaitu diantaranya sifat dengki. 

Imam al-Ghazali mengatakan bahwa dengki atau hasad membenci kenikmatan yang diberikan Allah  kepada orang lain, dan ingin agar orang tersebut kehilangan nikmat itu. Dengki dapat menghinggapi siapa saja yang hatinya kotor, karena orang dengki merasa hebat, merasa punya posisi, dan tidak ingin kalah. Dalam pepatah Arab dikatakan kullu dzi nikmatin mahsuudun. (Setiap yang mendapat kenikmatan pasti ada pendengkinya.

Berkenaan dengan sifat dengki ini, Allah Swt. berfirman didalam Al-Qur'an, untuk memberikan tuntunan kepada hambanya agar terhindar dari sifat tersebut itu, sebagai berikut : 
"Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh.   Dari kejahatan makhluknya. Dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki." (QS Al Falaq ayat 1, 2 dan 5)
Baca juga ini : PoseTidur Rasulullah saw. Serta 9 Manfaat Darinya.

Penyakit dengki ini dapat menghinggapi siapa saja tidak pandang bulu, dapat tokoh agama (kiyai), ulama, para pemimpin, orang kaya, orang miskin, orang yang bergelar atau bertitel, rakyat biasa hingga pejabat negara. 
Ketika Rasulullah sedang bercengkerama dengan sahabat dalam mudzakaroh, Nabi saw. Bersabda : "Ada tiga hal yang menjadi semua akar dosa, maka jagalah dirimu dari ketiganya. (salah satunya) Adalah jagalah dirimu dari sifat dengki sebab dengki telah menyebabkan salah seorang anak Adam telah membunuh saudaranya. (HR. Ibnu Asakir). Dalam hadits yang lain Nabi saw. bersabda : "Hindari dengki karena dengki itu memakan (menghacurkan) kebaikan sebagaimana api (membakar) kayu bagar. (HR. Abu Daud). 

Ibnul Qoyyim mengatakan pilar kekufuran itu ada empat yaitu, takabur, dengki, marah dan syahwat. Takabur menghalangi pelakuknya bersikap patuh. Dengki menyebabkan tidak mau menerima dan memberi nasihat. Marah menjadi penyebab tidak berlaku adil. Sedangkan syahwat menjadi penghalang atau tidak fokus dalam beribadah. 

Saking bahayanya penyakit atau sifat dengki itu, selain dapat menghancurkan amal kebaikan, hingga kejahatan dengki ini diparalelkan dengan kejahatan tukan sihir dan kejahatan yang biasa dilakukan pada malam hari. Oleh karena itu kita diperintahkan untuk memohon perlindungan kepada Allah swt. dari kejahatan para pendengki sebagamana yang telah diterangkan di atas pada firman-Nya surat Al-Falaq ayat 5 yang terdapat dalam Al-Qur'an. 

Ibnu Qoyyim memberikan terapi untuk menangkal bahaya sifat dengki dan para pendengki. Yaitu memohon perlindungan kepada Allah dan bertaqwa kepada-Nya, bersabar menghadai pendengki, bertawakal kepada Allah dengan menyerahkan segala persoalan, termasuk perbuatan pendengki dengan berusaha mengsongkan hati dan pikiran dari sifat dengki tersebut.  
Baca juga ini : Rusaknya Hati Seseorang Tanda Musibah Besar Bagi Dirinya.

Selanjutnya selalu menerima ketetapan Allah swt. dengan hati yang ikhlas, bertobat kepada-Nya sekiranya kita telah melakukan dosa apalagi dosa pendengki, memperbanyak sedekah dan memaksimalkan berbuat baik atau memadamkan api dengki kepada sesama manusia, sekalipun orang tersebut telah mendengki kita. Lalu memurnikan Tauhid dengan selalu meyakini bahwa yang dapat mendatangkang manfaat dan mudharat/bahaya hanyalah Allas Swt. 

Semoga Allah Swt. menjauhkan dan melindungi kita dari penyakit atau sifat dengki dan para pendengki serta menjadikan kita selalu bersyukur dengan nikmat yang diberikan oleh-Nya. Aamiin...

Demikian uraian yang singkat ini terkait dengan materi Jauhilah Sifat Dengki Kaarena Akan Menghancurkan Pahala Kebaikan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan menambah keimanan kita dengan ikhlas atas apapun yang telah diberikan kepada kita. 

0 Response to "Jauhilah Sifat Dengki Karena Akan Menghancurkan Pahala Kebaikan."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel