Sesi ke-2 "64 Macam Doa dari Al-Qur'an".

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Doa)
Pembaca budiman Bimbingan serta Ridha-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Sesi ke-2 "64 Macam Doa dari Al-Qur'an" ni, adalah materi lanjutan dari Doa Al-Qur'an Sesi ke-1 untuk melengkapi hingga 64 macam doa yang akan ditulis dalam artikel ini. Pada sesi ke-1 yang sudah terselesaikan atau tertulis adalah hingga nomor urut 32. Untuk membaca lanjutan di sesi ke-2  dapat mengikuti meteri di bawah ini : Klik ini, 64 Macam Doa dari Al-Qur'an Sesi kesi ke-1 bagi yang membacanya.
33. Doa Zakaria untuk mendapat anak dan sekaligus pewaris bagi dirnya. Sebab Zakaria tahu bahwa hanya Tuhanlah pemberi pewaris yang paling baik. Doa ini terdapat pada surat Al-Anbiyaa ayat 89.
34. Doa Nabi Muhammad menghadapi pertentangan penduduk Mekah. Nabi s.a.w. memohon kepada Allah SWT agar memberikan keputusan yang adil antara Nabi dengan penduduk Mekah. Doa ini terdapat pada surat Al-Anbiyya ayat 112.
35. Doa Nabi Nuh menghadapi kaumnya. Ketika kaum yang dipimpinnya itu diseru untuk menyembah hanya kepada Allah saja. Karena sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Dia. Setelah kaummnya melewati batas terhadap perbuatannya hingga kaum kafir menyamakan antara Nuh dan para kaumnya sama saja kedudukannya. Bahkan kaum kafir itu mengatakan bila Dia (Tuhan) mau maka tentu telah mengutus beberapa malaikat. Akhirnya Nuh berdoa kepada Allah, yang doanya terdapat pada surat Al-Mu'minun ayat 26. 
36. Doa Nabi Nuh ketika berada di atas Bahtera. Doa ini juga masih terkait dengan kisah Nuh yang diwahyukan untuk membuat perahu/bahtera sesuai arahan Allah SWT. Ketika perahu sudah selesai, Allah akan menghukum kaum Nuh dengan banjir yang amat dasyat. Semua kaum Nuh yang beriman diperintahkan untuk masuk ke dalam bahtera Nuh tersebut. Dan Nuh Berdoa kepada Allah dengan doa yang terdapat pada Surat Al-Mu'minun ayat 29. 
37. Doa Nabi Hud menghadapi kaumnya. Doa Nabi Hud ini juga sama kasusnya dengan Nabi Nuh bahwa kaummnya tidak ada yang mau mengikuti perintah Hud yang disampaikan Allah. Bahkan sengaja menentangnya dengan mendustakannya. Maka Nabi Hud berdoa sebagaimana terdapat pada surat Al-Mu'minun ayat 39.
38. Doa Nabi Muhammad s.a.w. Doa agar kita tidak dimasukkan ke dalam golongan orang-orang zalim. Pedoman dalam menghadapi lawan dan perintah berlindung dari godaan syaitan. Doa itu terdapat pada surat Al-Mu'minun ayat 93-94.
39. Dan masih doa Nabi Muhammad s.aw juga yang berada pada surat Al-Mu'minun ayat 97-98.
40. Doa segolongan hamba Allah SWT. Doa ini terkait dengan peristiwa-peristiwa pada hari kiamat dan kedahsyatannya. Kabar kiamat ini diceritakan dalam Al-qur'an pada surat Al-Mu'minun dari ayat 101 sampai 114. Adpun doa segolongan hamba Allah ini, terdapat pada surat Al-Mu'minun ayat 109.
41. Doa memohon ampunan dan rahmat Allah. Doa ini terkait dengan penciptaan manusia tidak dengan percuma. Keterangan penciptaan manusia ini dimulai dari ayat 115 dalam surat Al-Mu'minun hingga ayat 118. Dan doa yang dimohonkan ampunan dan rahmat Allah, terletak pada Surat Al-Mu'minun ayat 118. 
42. Doa agar dijauhkan dari azab Jahannam. Doa ini adalah terkait sifat-sifat hamba Allah yang mendapat kemuliaan. Hal ini dituliskan pada ayat 63 sampai 77 surat Al-Furqaan. Adapun doa untuk dijauhkan dari azab; terdapat pada Surat Al-Furqaan ayat 65,66.
43. Doa hamba Allah untuk mencapai kemuliaan. Doanya terdapat pada ayat 74 surat Al-Furqaan.
44. Doa Nabi Ibrahim, A.S. Doa ini terkait dengan kisah Ibrahim, A.S. Kisahnya dimulai dari ayat 69 sampai ayat 104. Adapun doa yang dipanjatkan terdapat pada ayat 83-89 Surat Asy Syu'araa'.
45. Doa Nabi Nuh menghadapi kaumnya. Doa ini berkaitan dengan kisah Nuh, A.S dengan kaumnya. dikisahkan dari ayat 105 sampai 122 surat AsySyu'araa'. Dan doa yang dipanjatkan Nabi Nuh terdapat pada ayat 117-118 surat Asy Syu'araa'.
46. Doa Nabi Lut ketika melihat perbuatan kaumnya melakukan seks sesama jenis. Kisahnya dimulai dari ayat 160 sampai 175 surat Asy Syu'raa'. Untuk doa Nabi Lut terdapat pada ayat 169, surat Asy Syu'raa'.
47. Doa Nabi Sulaiman atas karunia yang diperoleh dari Allah. Ini dalah kisah Daud a.s. dan Nabi Sulaiman. Kisah ini dimulai dari ayat 15 sampai 19 Surat An-Naml. Adapun doa yang ia ucapkan  terdapat pada ayat 19 surat An-Maml itu juga.
48. Doa Nabi Musa, a.s ketika menyesali perbuatannya karena memukul seseorang hingga meninggal dunia. Doa yang dipanjatkan Musa, a.s terkait dengan kisah Musa, a.s. diberi ilham hikmah sebagai persiapan untuk mejadi rasul. Doa ini terdapat pada ayat 16-17 Surat Al Qashash.
49. Masih Doa Nabi Musa. a.s. Doa ini dipanjatkan oleh Musa, a.s , mendapat nasehat dari supaya meinggalkan negeri Mesir. isah ini diceritakan dalam al-qur'an dari ayat 20 hingga 28 pada surat Al-Qhasah. Dan doa Musa, a.s. itu terdpat pada ayat 21 di surat Al-Qhasah itu juga.
50. Doa Nabi Musa ketika menuju kota negeri Madyan. Doa ini, juga masih masih berkait dengan kisah nasehat Musa, a.s. untuk meninggalkan negeri Mesir. Dan donya terdapat pada ayat 22 surat Al-Qashash.  
51. Doa Nabi Musa a.s. Doa ini juga berkait ketika Musa, a.s. menolong dua orang perempuan yang hendak memberi minum ternaknya. Dan doa ini masih dalam kisah perjalanannya menuju kota mesir. Adapun doa yang dipanjatkan Musa, a.s. terdapat pada ayat 24 di surat Al-Qashash.
52. Doa Nabi Luth untuk kaum yang berbuat sesat. Doa ini terkait dengan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Luth a.s. yang diawali dari ayat 16 hingga 35 pada surat Al-Ankabut. Adapun doa Nabi Luth terdapat pada ayat 30 di surat Al-Ankabut itu
53. Doa Nabi Ibrahim agar mendapatkan anak saleh. Doa ini masuk dalam kisah Penyembelihan Ismail, a.s. yang dimulai dari ayat 100 hingga 111. Adapun doa Ibrahim terletak pada ayat 100 ayat Ash Shaffaat. 
54. Doa para Malaikat untuk orang-orang yang beriman. Doa yang satu ini adalah ketika para malaikat bertasbih kepada Allah dan mendo'akan orang-orang mu'min. Doa ini terdapat pada ayat 7-9 di surat Al-Mu'min/Al Gafir. 
55. Doa untuk kedua orang tua dan keturunan. Doa ini menyangkut kewajiban menghormati Ibu Bapak. Cara atau adab yang diajarkan al-qur'an terdapat pada ayat 15 sampai 20. Dan doa untuk keduanya (Ibu dan Bapak) ada pada ayat 15 surat Al-Ahqaff.
56.Doa Nabi Nuh menghadapi hinaan kaumnya. Doa nabi Nuh ini berkaitan dengan kehancuran kaum Nuh, a.s. Doa ing dipanjatkan oleh Nabi Nuh a.s. yang terdapat pada ayat 10 dalam surat Al-Qamar. 
57. Doa orang-orang yang datang setelah Muhajirin dan Ansyar. Yaitu terjadi dalam hukum Fai-'i yaitu tentang harta rampasan yang diperoleh dari musuh tanpa terjadinya pertempuran. Kisah ini terdapat dalam ayat 6 sampai 10 di surat Al-Hasyr. Dan doa yang dipanjatkan itu terdapat pada ayat 10 dari surat Al-Hasyr itu.
58. Doa Nabi Ibrahim. Dalam hal ini adalah terkait dengan beberapa ketentuan dalam keadaan perang. (khusus dalam keadaan perang) dan pula larangan menjadikan seseorang dari golongan musuh sebagai teman setia (kondisi perang). Ini Allah jelaskan dalam ayat 1 sampai 6 surat Al-Mumtahanah. Doa ini terdapat pada ayat 4-5 di surat Mumtahanah tersebut.
59. Doa Nabi Muhammad s.a.w. dan orang-orang beriman. Doa ini terkait dengan Beberapa tuntunan tentang kehidupan ruamah tangga. Dalam kisah ini menceritakan Nabi Muhammad s.a.w. dengan istri-istrinya. Ini dimulai dari ayat 1 sampai 9 pada surat At-Tahrim. Sedangkan doa yang dibaca adalah ada pada ayat 8 di surat At-Tahrim itu juga. 
60. Doa Istri Fir'aun. Doa ini dalam kisah contoh-contoh istri yang baik dan tidak baik. kisah ini diceritakan dalam ayat 10-12. pada surat At-Tahrim. Adapun doa yang dibaca istri Fir'aun terdapat pada ayat 11 pada surat At-Tahrim juga.
61. Doa Nabi Nuh atas kaumnya yang ingkar. Doa ini terkait kisah pengaduan Nabi Nuh kepada Allah tentang keingkaran kaumnya, dan perhonohan Nabi Nuh untuk diazab, dan juga agar jangan ditinggalkan seorangpun di antara orang-orang kafir tinggal di atas bumi. Kisah ini dimulai dari ayat 5 sampai 28. Sedangkan doa yang dimohonkan adalah terdapat pada ayat 26 surat Nuh tersebut.
62. Doa Nabi Nuh untuk kedua orang tua dan kaumnya yang beriman. Ini juga masih kisah Nabi Nuh terkait umatnya yang akan ditimpakan azab kepada kaunya. Doa yang dibaca adalah terdapat pada ayat 28 di surat Nuh itu.
63. Doa memohon perlindungan kepada Allah. Doa ini terkait dengan Perlindungan Allah dari segala kejahatan. Doa ini terdapat pada ayat 1-5 Surat Al-Falaq.
64. Doa memohon perlindungan kepada Allah yang kedua. Doa ini terkait perlindungan Allah kepada manusia dari kejahatan bisikan Syaitan dan Manusia. Doa ini terletak pada ayat 1-6 Surat An Naas.

Demikian uraian singkat Sesi ke-2 "64 macam doa dari Al-Qur'an" lanjutan dari 64 macam bacaan doa dari Al-Qur'an Sesi ke-1. Semoga bermanfaat dan menambah khazanah dalam pengamalan Islam agama yang mulia ini. Aamiin...

0 Response to "Sesi ke-2 "64 Macam Doa dari Al-Qur'an"."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel