64 Macam Doa dari Al-Qur'an Sesi ke-1

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)


Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin....


64 Macam do'a dari Al-Qur'an adalah do'a para Nabi Allah yang di rahmati dalam kehidupannya. Dari ke 64 jenis doa itu, juga terdapat do'a orang-orang shaleh yang namanya ter-abadikan di dalam al-Qur'an itu sendiri. 
Apa saja dari ke 64 jenis doa yang dipanjatkan atau dimohonkan oleh para nabi dan orang-orang shaleh tersebut, marilah kita ikuti penjelasan satu persatu dari do'a itu.

Dalam artikel ini penulis akan membagi menjadi dua Sesi dengan judul yang sama yaitu 64 Macam atau Jenis Doa dari Al-Qur'an.(Sesi ke-1 dan Sesi ke-2) Sesi ke-2 adalah lanjutan tulisan sesi ke-1 ini. Namun penulis hanya akan menuliskan jenis do'a dan tujuan do'a tersebut  yang berdasarkan dari Surat ataupun ayat Al-Qur'an yang terdiri dari 114 Surat. Untuk teks doa tidak kami tuliskan satu persatu hingga 64 jenis, hanya akan kami sebutkan bahwa doa itu berada pada Surat apa, ayat berapa, dan keperluan atau kemanfaatan dari doa tersebut.
Maka bagi pembaca yang ingin mengetahui teks doanya, dapat membuka Al-Qur'an untuk menemukan doa dari 64 jenis tersebut, sesuai kebutuhan yang diinginkan.
  1. Doa Memohon Petunjuk, terdapat pada Surat Al-Fatihah pada ayat 6-7.
  2. Doa Nabi Ibrahim, terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 126. Doa ini dipanjatkan Nabi Ibrahim Ketika Allah menguji dengan beberapa perintah. Baca dari ayat 124 sampai 126. 
  3. Doa Nabi Ibrahim dan nabi Ismail ketika membangun pondasi Ka'bah. Terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 127-128. 
  4. Doa Kebaikan Dunia Akhirat terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 201.
  5. Doa Pasukan Thalut ketika melihat musuh, terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 250.
  6. Doa atau Ayat Kursi, ayat ini menerangkan bahwa seluruh makhluk-Nya akan bergantung kepada Allah saja. Maka doa atau ayat kursi ini dapat diamalkan dalam berbagai keperluan hajat manusia khusunya. Doa ini terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 255. 
  7. Doa Orang Mukmin. Doa ini terkait pujian Allah terhadap orang mukmin. Dan inilah doa yang dibaca mereka. Terdapat pada Surat Al-Baqarah ayat 285-286. 
  8. Doa Memohon konsistensi hati dalam petunjuk. Diawali dari ayat 7 Surat Ali Imran bahwa Allah menurunkan ayat-ayat Al-Qur'an, ada yang muhkamaat dan mutasyaabihaat. Orang yang condong dengan kesesatan mereka mengikuti ayat-ayat mutasyaabihaat. Bagi orang yang beriman untuk meneguhkan hati maka berdoa dengan ayat 8-9 dalam surat Ali Imran. 
  9. Doa orang yang mendapatkan Surga. Terdapat pada Surat Ali Imran Ayat 16. 
  10. Doa Mengakui kebesaran Allah. Terdapat pada surat Ali Imran ayat 26. 
  11. Doa Nabi Zakaria untuk mendapatkan anak yang baik. Doa ini dapat menginspirasi kepada pasangan suami istri yang telah lama berumah tangga, belum dikarunia anak. Doa ini terdapat pada Surat Ali Imran ayat 38. 
  12. Doa pengikut Nabi Isa.A.S. terdapat pada surat Ali Imran ayat 53. 
  13. Doa orang yang berperang bersama Nabi Muhammad. Terdapat pada Surat Ali Imran ayat 147.
  14. Doa dalam menghadapi Musuh. terdapat pada Surat Ali Imran ayat 173.
  15. Doa orang yang mengagumi ciptaan Allah. Terdapat pada Surat Ali Imran ayat 191-194. 
  16. Doa orang Nasrani yang beriman karena sadar atas kebenaran Al-Qur'an, dan Nabi Muhammad sebagi utusan Allah, dari kitab mereka (Injil).  Doa ini terdapat pada Surat Al-Maidah ayat 83. 
  17. Doa Nabi Adam dan Siti Hawa stelah memakan buah khuldi yang dilarang Allah. Ini terdapat pada surat Al-'Araaf ayat 23. 
  18. Doa penghuni Surga ketika melihat Neraka. Doa ini terdapat pada surat Al-'Araaf ayat 47.
  19. Doa Nabi Su'aib menghadapi kaumnya. terdapat pada Surat Al-'Araaf ayat 89.  
  20. Doa para ahli sihir Fir'aun ketika akan menghadapi siksa Fir'aun karena briman kepada Nabi Musa A.S. setelah mereka dikalahkan mukjizat Nabi Musa. Ini terdapat pada Surat Al-'Araaf ayat 126. 
  21. Doa Nabi Musa untuk Nabi Harun. Doa ini ada dalam kisah Nabi Musa yang diceritakan dalam al-qur'an mulai ayat 103 sampai 151 pada surat Al-'Araaf untuk doa tersebut pada ayat yang ke 151 dari Surat Al-'Araaf itu sendiri.
  22. Doa Nabi Musa memintakan ampunan untuk kaumnya. Doa ini juga masih dalam kisah Nabi Musa A.S. Dan doanya terdapat pada Surat Al-'Araaf ayat 155-156.
  23. Doa Nabi Musa dan Nabi Harun menghadapi Fir'aun. Doa ini dalam kisah Nabi Nuh a.s. ; Nabi Musa. a.s. ; dan Nabi Yunus a.s. untuk jadi tamsil atau ibarat bagi manusia. Kisah ini terdapat dalam Surat Yunus yang di mulai dari ayat 71 sampai dengan 86. Doa ini terdapat pada Ayat 85 dan 86, pada Surat Yunus itu sendiri. 
  24. Doa Nabi Nuh yang meminta ampun atas kesalahannya karena menyelamatkan anaknya dari banjir besar, tetapi di tegur oleh Allah. Doa ini berkait dengan Kisah Nabi Nuh yang diceritakan di dalam al-qur'an dari ayat 25 hingga ayat 49 pada Surat Huud. Doa ini terdapat pada ayat 47 dari Surat Hud itu. 
  25. Doa Nabi Ibrahim. Doa ini terkait dengan Perhonan-permohonan Nabi Ibrahim. Dalam catatan Al-Qur'an di nukilkan dari ayat 35-41 dalam surat Ibrahim. 
  26. Doa untuk kedua Orang tua. Hal ini menyangkut beberapa tata krama pergaulan. Dan aturan itu dimulai dari penjelasan ayat 23 hingga 41 dalam Surat Al-Israa'. Sedang doa untuk kedua orang tua ada pada ayat 24 di surat Al-Israa' itu sendiri. 
  27. Doa Shalat Tahajud. Doa ini terdapat pada Surat Al-Israa' ayat 80.
  28. Doa Penghuni Gua (Ashabul Kahfi). Doa ini terkait dengan Kisah Ashaabul Kahfi. Kisah ini dimulai dari ayat 9 sampai ayat 26 pada surat Al-Kahfi. Doa yang dibaca oleh penghuni Gua adalah ayat 10 pada surt Al-Kahfi itu. 
  29. Doa Memohon Kelapangan Hati. Doa ini adalah perintah Allah kepada Nabi Musa, a.s. dan permohan Nabi Musa, a.s. Di dalam al-qur'an kisah ini dimulai dari ayat 25 hingga 36 pada Surat Thahaa. Dan doa Nabi Musa. a.s. terdapat pada ayat 25-28 di surat yang sama.
  30. Doa Belajar. Doa ini atau ayat ini menceritakan tentang Nabi Muhammad s.a.w. yang tergesa-gesa membaca al-qur'an  atau larangan untuk tergesa-gesa dalam membacanya sebelum disempurnakan wahyunya. Doa ini juga dapat kita ambil sebagai ibrah dimana kita sedang belajar. Adapun doanya adalah terdapat pada Surat Thaahaa ayat 114. 
  31. Doa Nabi Ayub tentang penyakitnya. Doa ini berada dalam Kisah Bebera Orang Nabi. Yang diceritakan dalam Al-Qur'an dari ayat 48 sampai ayat 112 di Surat Al-Anbiyaa. Dan doa Nabi Ayub terkait penyakitnya berada pada ayat 83 di Surat Al-Anbiyaa tersebut.
  32. Do'a Nabi Yunus Dalam Perut Ikan. Doa ini adalah doa pengakuan Nabi Yunus atas kesalahannya karena telah meninggalkan umatnya dalam keadaan marah. Doa yang ia ucapkan terdapat dalam Surat Al-Anbiyaa ayat 87. Dari contoh Nabi Yunus ini, kita dapat ambil pelajaran bahwa tidak dibenarkan ketika kita mengambil keputusan dengan sikap marah.
Demikian uraian materi "64 macam doa dari Al-Qur'an" (untuk Sesi ke-1). Dan untuk melengkapinya hingga 64 jenis doa tersebut, akan diterbitkan pada materi berikut dalam judul yang sama, tetapi diberi tanda kurung (Sesi ke- 2). Tunggu lanjutannya dan ikuti hingga selesai. Semoga bermanfaat. Aamiin.

0 Response to " 64 Macam Doa dari Al-Qur'an Sesi ke-1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel