Do'a Untuk Mencapai Kemuliaan Yang Terdapat Dalam Al-Qur'an.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Kemuliaan adalah hal yang sangat didambakan oleh setiap hamba Allah di atas bumi ini. Kemulian dalam segala urusan misalnya kemuliaan berkecukupan harta, kemuliaan ilmu pengetahuan, serta kemuliaan jabatan dan tahta, ini semua adalah hal yang sangat diharapkan oleh semua manusia. Namun ada yang lebih tinggi dan bernilai dari kemulian-kemuliaan tersebut di atas yang harus kita raih yaitu kemuliaan akhlak yang karimah.  
Akhlak karimah adalah akhlak yang dihasilkan oleh orang-orang yang beriman yang selalu akan terus menerus meningkatkan amalnya dengan tindakan yang dibimbing dari ajaran agama. 
Islam telah menuntun kita agar dalam hidup di dunia ini harus memperhatikan sifat-sifat mulia dalam segala urusan.  

Al-Qur'an memberikan gambaran sifat-sifat hamba Allah yang mendapat kemuliaan. Dalam firman-Nya Allah menjelaskan bagaimana sifat mulia ini didapatkan. "Hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang; adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati, dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung keselamatan)".  (QS, Al-Furqan : 63). 

Sifat-sifat mulia yang telah difirmankan oleh Allah di atas adalah bagian untuk mencapai kemuliaan dalam segala hal di dunia ini bahkan hingga akhirat kelak. 
Namun itupun belumlah cukup untuk meraih sifat kemuliaan yang dimaksudkan oleh Allah SWT.
Untuk melengkapi apa yang telah Allah jelaskan di atas, bagi orang yang ingin mencapai kemuliaan adalah haruslah diserta dengan memperhatikan melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan-Nya. Seraya berkata : Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab jahannam dari kami, sesungguhnya itu adalah kebinasaan yang kekal. Sebab jahannam itu adalah seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. 

Misalnya sifat terhadap kemuliaan harta yang ia miliki haruslah dapat membelanjakan sesuai apa yang Allah perintahkan misalnya ; mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula terlalu kikir, dan pembelanjaan yang baik adalah ditengah-tengah (proporsional). Bagi orang yang ingin mencapai kemuliaan adalah ketika mereka menyembah tuhan adalah dengan jiwa tauhid, tidak melakukan syirik/musyrik. Selalu menjauhkan perbuatan zina sebab mereka tahu jika dilakukan maka akan menuai dosa dan akan menerima pembalasannya di akhirat kelak. Bahkan mereka (hamba yang bersifat mulia itu), sadar bahwa perbuatan zina dan menyekutukan Tuhan akan mendapat siksa/azab yang berlipat ganda di hari kiamat dan mereka juga akan kekal dalam azab itu dan dalam keadaan terhina. 

Bagaimana untuk tetap mendapatkan kemuliaan yang Allah firmankan, maka diperintah kepada mereka untuk berbuat taubat, beriman dan mengerjakan amal saleh. Kejahatan mereka akan diganti oleh Allah dengan kebaikan. Karena mereka tahu bahwa Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang. Namun taubat yang mereka lakukan adalah taubat nasuha, disertai mengerjakan amal saleh.

Dan tidak kalah pentingnya dari sifat orang-orang yang mulia ini jika mereka memberikan kesaksian maka akan memberikan kesaksian yang benar bukan kesaksian palsu. Dan mereka pun tidak akan mengerjakan hal-hal yang tidak berfaedah dan jika mereka melihat perbuatan yang tidak berfaedah tersebut, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya. 

Orang yang memiliki sifat-sifat kemuliaan, apabila diberi peringatan dengan ayat-ayat Tuhan mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang-orang yang tuli dan buta. (artinya mereka mendengarkan dengan baik dan memperhatikan dengan cermat menggunakan matanya (penglihatannya). 

Dari semua kriteria di atas, terkait orang yang dikatagorikan mempunyai sifat-sifat mulia tersebut,  Allah menuntun kita agar dapat meraihnya dengan memhon do'a sebagai berikut 
"Inilah Do'a Untuk Mencapai Kemuliaan Yang dicontohkan Dalam Al-Qur'an"
"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa" (QS, Al-Furqaan : 74).  Itulah doa untuk mencapai kemuliaan yang telah Allah contohkan dalam Al-Qur'an.
Tentu doa ini harus diiring dengan contoh sifat-sifat hamba Allah yang diberi kemuliaan. Kupasan diatas dapat kita ambil tauladannya dari orang-orang yang yang memiliki sifat mulia yang telah Allah gambarkan di dalam Al-Qur'an Surat Al-Furqaan ayat 63 hingga 74. Wallahu 'alam. 

Demikian uraian singkat Doa Untuk Mencapai Kemuliaan Yang Dicontohkan Dalam Al-Qur'an. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan. Aamiin... 

0 Response to "Do'a Untuk Mencapai Kemuliaan Yang Terdapat Dalam Al-Qur'an."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel