Sejumlah Pertolongan Allah Yang Diabadikan Dalam Ayat Al-Quran.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dang mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Sejumlah pertolongan Allah yang maha dahsyat diabadikan dalam ayat Al-Qur'an, hal ini memberikan gambaran bahwa ketika Allah telah menentukan sesuatu kebaikan atau keburukan terhadap seseorang, maka tidak satu mahlukpun di dunia ini yang dapat mencegahnya dan menolaknya. Semua apa yang Dia kehendaki maka jadi, dan jadilah. Hal ini sesuai dengan firman Allah di bawah ini : 
Katakanlah : "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Enkau kehendaki, Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki, Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS Ali Imram : 26)

Dari ayat tersebut di atas kita dapat mengambil hikmah yang luas dalam menerima apa yang diberikan kepada kita karena semuanya hakekatnya adalah kehendak Allah SWT, baik itu kebaikan maupun keburukan yang kita hadapi. Sikap mengeluh dan putus asa tidak sepatutnya terjadi pada diri setiap mukmin, apalagi berprasangka buruk terhadap ketetapan Allah. Sebab pertolongan-Nya adalah sangat dekat ini dijelaskan dalam (QS, al-Baqarah ayat 214). Dan setiap Allah memberikan ujian kesulitan maka akan diberikan juga jalan kemudahan. (QS, Alam Nasyrah ayat 5).

Pada saat kita mengalami kesulitan hidup, apapun bentuknya dari kesulitan tersebut, pendekatan dzikir/spiritual merupakan solusi yang paling utama, yaitu dengan segera memohon pertolongan kepada Allah SWT. Sebab hanya Dia-lah yang mengatur urusan isi langit dan bumi, termasuk hidup manusia yang fana ini. 

Selain dekat pertolongan Allah itu, sungguh dahsyat. Manakala pertolongan itu sudah turun, tidak seorangpun yang mampu menahan dan mencegahnya. Bahkan sesuatu yang dipandang mustahil oleh pemikiran manusia, justru dapat terjadi melampaui nalar dan rencananya. Allah Maha Kuasa, Pengasih dan Penyayang. 

Kita dapat membaca sejarah yang tertuang dalam Alqur'an hebatnya pertolongan Allah yang Maha Hebat dan dahsyat, ketika pertolongan yang menakjubkan itu turun kepada orang-orang atau segolongan umat yang diridhai-Nya. 
Misalnya vonis hukuman mati dengan cara membakar yang dijatuhkan kepada Nabi Ibrahim AS. oleh Raja Namrud, namun dengan pertolongan-Nya, api yang akan membakar Nabi Ibrahim menjadi dingin, dan Nabi Ibrahim pun selamat, ini diabadikan dalam (Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 69). 

Kita dapat simak lagi kisah semisalnya, yakni armada gajah besutan gubernur Yaman, di masa Nabi Muhamma baru saja dilahirkan, yaitu Abrahah yang hendak menghancurkan bangunan Ka'bah, dan betapa kuatnya angkatan musuh itu sehingga pemimpin dan penduduk Arab tidak berdaya untuk mempertahankan bangunan sucinya dari serangan tersebut. Namun pada saat situasi yang sangat mencekam dan begitu menakutkan yang dirasakan bangsa Arab pada waktu itu, memdadak berubah saat pertolongan Allah datang.  

Berkat Rahmat Allah yang maha kuasa maka dikirimnya kawanan burung yang kemudian melempari gerombolan/pasukan bergajah itu dengan batu-batu kecil yang berasal dari tanah yang dibakar. Dalam sekejap, bala tentara Abrahah kocar-kacir dan binasa. Kebinasaan mereka diumpakan seperti daun-daun yang dimakan ulat. Ini dikisahkan dalam ayat atau (Alqur'an surat al-Fiil ayat 1-5). 
Akhiranya Baitullah (rumah Allah) yang dibangun oleh baginda Nabi Ibrahim dan Ismail pun aman dan selamat. Hingga kini rumah ibadah tersebut masih utuh, bahkan dikunjungi jutaan manusai dari penjuru dunia terutama saat setiap musim ibadah haji.  

Satu kisah lagi yang tidak dapat kita cerna dengan nalar manusia, adalah kejadian Nabi Musa AS saat beliau dikejar oleh Raja Fir'aun dengan bala tentaranya yang sangat perkasa, dan dalam keadaan Nabi Musa AS, beserta umatnya terdesak karena di hapannya terbentang laut Merah yang sangat luas, Allah menyelamatkan Nabi Musa AS. beserta umatnya. Dengan terbelahnya lautan tersebut sehingga Musa dan seluruh umatnya terselamatkan dari bahaya yang mengancamnya. Sementara Fir'aun dan seluruh pasukannya ditenggelamkan oleh Allah dalam lautan itu. Kisah ini Allah abadikan dalam Surat ke- 26, (Asy Syur'araa Ayat : 63 - 68). 

Peristiwa penting dan berharga dalam kisah-kisah tersebut diatas yang telah diabadikan dalam Al-qur'an, menyampaikan spirit dan pesan yang berharga kepada kita, bahwa persolan hidup yang harus dialami oleh orang-orang terdahulu begitu beratnya dan sulit. Di sisi lain peristiwa tersebut juga menunjukkan betapa besarnya pertolongan Allah. 

Apa yang dapat kita ambil dari kisah-kisah yang diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur'an?. Kalau didasari kepada masyarakat dan bangsa kita yang masih dilanda berbagai macam permasalahan, dan makin banyak, mulai dari bencana alam, kerusakan akhlak, pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, narkoba, pejabat yang makin merajalela dengan korusi, ketidak adilan, ini adalah suatu ujian, cobaan dan teguran kolektif terhadap bangsa ini. 

Oleh sebab itu dalam kondisi seperti ini, setiap individu Muslim dan masyarakat Indonesia dituntut agar banyak berdzikir, beristighfar, berusaha dan berdoa, memohon pertolongan kepada Allah SWT. Tuhan yang Maha Perkasa dan Maha segala-galanya dengan sungguh-sungguh, tawadhu dan penuh harap.  Pesimistis, mengeluh, dan galau, apalagi sumpah serapah bukanlah jalan keluarnya, sebab hanya mereka yang lemah imannya-lah yang sering kali, mudah bersikap seperti itu. 

Yakinlah pahwa pertolongan Allah itu bersifat aksioma, sebagai konsekuensi dari totalitalitas iman dan ketaatan seorang hamba kepada-Nya. Karena itu pertolongan Allah akan menjadi dekat. Sebaliknya, tanpa kekuatan iman dan sungguh-sungguh berbuat amal kebajikan, pertolongan Allah itu tentu menjadi jauh. Wallahu 'alam bishawab.   

Dekian uraian yang singkat "sejumlah pertolongan Allah yang maha dahsyat diabadikan dalam Ayat Al-Qur'an. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita tetap istiqoamah dalam mengamalkan agama yang sempurna ini. Aamiin.

Baca juga yang ini :

0 Response to "Sejumlah Pertolongan Allah Yang Diabadikan Dalam Ayat Al-Quran."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel