Ingin Mati Khusnul Khatimah? Amalkan Do'a Di Bawah Ini Dengan Istiqomah.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Setiap Muslim pasti menginginkan mati khusnul khatimah, dikarenakan kematian yang demikian adalah tanda salah satu kematian yang mendapat kebaikan dengan dilihat dari kacamata agama. Namun hal ini tidaklah mudah kita raih, apabila tidak dengan istiqomah menjalankan seluruh rangkaian ibadah dalam kehidupan sehari-hari dengan tuntunan agama yang benar dan penuh dengan penyerahan diri, ikhlas hanya semata ditujukan kepada Allah SWT. 

Sebagai bagian dari upaya untuk mendapatkan mati khusnul khatimah, selain dari telah mengamalkan segala apa yang diperintah dan menjauhkan yang dilarang-Nya, ada tambahan untuk memantapkan niat dan permohonan kepada Allah SWT, dengan do'a-do'a yang diajarkan langsung oleh Allah SWT dan Rasulullah saw., sebagai berikut :
  • Do'a minta agar dimasukkan kedalam golongan orang shaleh : 
"Ya Tuhanku berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang shaleh". (QS, Asy-Sy'araa : 83)

  • Do'a Nabi Yusuf a.s. yang sangat baik, dan kita baca atau lantunkan dalam setiap saat. Inilah doanya :
"Ya Tuhan kami sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan telah mengajarkan sebagian ta'bir mimpi (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan sambungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh". (QS, Surat Yusuf : 101).
  • Do'a golongan ulul albab, yaitu firman Allah : 
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan rasul) yang menyeru kepada iman (yaitu) : "Berimanlah kalian kepada Tuhan kalian", maka kami pun beriman. YaTuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa besar kami, hapuskanlah dari kami dosa-dosa kecil kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang senantiasa berbuat kebajikan.". (QS Ali Imran :193
  • Doa para tukang sihir Fir'aun yang bertaubat dan beriman kepada Nabi Musa dan Harun a.s. رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ  "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan beragama Islam (berserah diri kepada-Mu)". (QS Al-'Araf : 126) 
  • Doa diteguhkan di atas hidayah :  رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ  "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)" (QS Ali Imran : 8) 
Contoh Do'a Dari Rasulullah SAW.
  • Dari Rasulullah saw. Adapun diantara contoh doa husnul khatimah yang diajarkan secara langsung oleh Nabi saw. adalah :  هُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ "Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhir, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu". (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu'jam Al-Austh. Al-Hafizh Nuruddin Al-Haitsami dalam Majmauz Zawaid wa Mambaul Fawaid, 10/158 no. 17267 menshahihkan sanadnya)
  • اللهم اجعل خير عمري أخره و خير عملي خواتيمه و خير أيامي يوم لقائك "Ya Allah jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungnya dan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan (jadikanlah) sebaik-baik hariku yaitu hari ketika aku bertemu dengan-Mu (di hari kiamat)"  (HR. Ibnu Sunny). 
  • Doa agar diselamatkan dari godaan setan saat mengalami Sakaratul maut. للَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَرَمِ وَالتَّرَدِّي وَالْهَدْمِ وَالْغَمِّ وَالْحَرِيقِ وَالْغَرَقِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَنْ أُقْتَلَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari pikun, terjatuh dari ketinggian, keruntuhan bangunan, kedukaan, kebakaran, dan tenggelam, Aku berlindung kepada-Mu dari penyesatan setan saat kematian, terbunuh dalam kondisi murtad dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena tersengat binatang berbisa." (HR. Al-Nasai dan Abu Daud. Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Al-Jami' no. 1282).
  • يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِيْنِكَ  "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah kami di atas gama-Mu" (HR. Ahmad dan at-Tirmidzi).
Selain itu, jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah SWT hidayah dan keteguhan sampai ajal menjempul. Allah Maha Kuasa terhadap alam semesta untuk menyesatkan atau memberi petunjuk. Jangan tertipu oleh banyaknya amal shalih seorang semua itu menjamin keselamatan sehingga merasa tak butuh kepada Allah. Semoga doa-doa di atas dapat membantu kita untuk mengamalkan doa yang berisi permintaan khusnul khatimah. 

Penutup. Sesungguhnya akhir hayat kita memiliki kaitan dengan amal kita sejak sekarang. Siapa yang senantiasa menjaga ketaatan kepada Allah dengan penuh keikhlasan, insya Allah dia akan mengakhiri hidupnya di atas kondisi tersebut. (khusnul khatimah). Sebaliknya, siapa yang mengotori hidupnya dengan maksiat dan kejahatan atau bahkan sengaja menyimpang dari ajaran / tuntunan Allah, kesempatan taubat sering disia-siakan dengan menunda-nunda, atau bahkan mencari pembenaran atas kesalahan, maka biasanya dia akan mengakhiri hidupnya dengan "Su'ul Khatimah". Semoga Allah meyelamatkan kita dari kondisi semacam ini. Sehingga sesuai harapan kita yaitu ingin mati Khusnul Khatimah. Aamiin.

Baca juga yang ini :



Sumber : 
Pedoman Fiqih Islam, hal 110-111 Hussein Bahreisi, Penerbit Al-Ikhlash, Surabaya. 

0 Response to "Ingin Mati Khusnul Khatimah? Amalkan Do'a Di Bawah Ini Dengan Istiqomah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel