CONTOH SAMBUTAN PENERIMAAN LAMARAN UNTUK CALON MEMPELAI WANITA

  بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Kajian Islam (Katagori posting Mu'amalah)
Pembaca budiman, semoga Allah Swt. selalu mencurahkan Rahmat serta BimbinganNya kepada kita sekalian dalam rangka menapaki kehidupan di dunia ini, semata untuk beribadah kepadaNya. Aamiin...
Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam, kali ini mencoba memposting tentang : "Sambutan Penerimaan Lamaran (Khitbah) untuk Calon Mempelai Wanita". 
 
Jawaban setelah pihak calon mempelai pria menyampaikan lamaran kepada  pihak wanita.

Yang terhormat,
Bpk. Handoko (pihak pria) beserta Ibu dan segenap keluarga,  hadirin wal hadirat yang berbahagia.   
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Dengan mengucap syukur Alhamdulullah, kami haturkan salam hormat, semoga Allah Swt. meridhoi silaturahim kita di siang hari ini.   

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami insya Allah mewakili Bapak : Majid
(ayah pihak calon mempelai wanita) dan istri untuk menyampaikan Gayung bersambut apa yang baru saja diutarakan oleh orang tuan Ananda, Bapak Handoko (ayah pria calon mempelai) ...... yang telah kita dengar bersama secara jelas dan gamblang tentang maksud khitbah, melamar, atau meminang putri kami bernama  Aisyah  yang dipanggil sehari-harinya adalah Isyah.

Takdir jualah yang telah menghantarkan Ananda Mukhlis (calon mempelai pria) dipertemukan dengan  Aisyah  (pihak calon wanita).  

Baca Juga : Perintah Mengumumkan Pernikahan Adalah Sunnah

Seperti pribahasa berbunyi, "dimana ada kembang, disitu ada kumbang" 

Babak Handoko beserta Ibu (ayah pihak calom mempelai pria) yang kami hormati, dan Ananda  Mukhlis (calon mempelai pria) yang kami sayangi.
"Pucuk dicinta ulam-pun tiba"

Kedatangan ananda sungguh telah kami nantikan, karena orang tua (Bpk. Majid), (orang tua mempelai wanita) telah mengamati sejak pertemanan kalian yang sudah  cukup mengenal satu sama yang lain, tentang budi pekerti, dan kesolehan ananda.  Demikian pula asal-usul ananda. 
Sekali lagi atas nama Bapak Majid beserta Ibu (ayah dan ibu pihak wanita) menyambut dan menerima kehadiran serta lamaran Ananda : Muklis, putra Bapak Handoko, dalam khitbahnya, pinangan, atau lamaran terhadap putri kami Ananda Aisyah. (calom mempelai putri).

Baca Juga yang ini : MANDI WAJIB (Thoharah)

Namun untuk itu, agar lebih meyakinkan seyogyanya kita mendengar langsung ketulusan hati Ananda : Aisyah (calon mempelai wanita) dalam menerima lamaran Ananda : Mukhlis (calon mempelai pria)  yang akan ditanyakan langsung oleh ayahnya kepada Aisyah.
Anakku : Aisyah,  Mukhlis telah datang dan telah menyampaikan niatnya melamarmu untuk dijadikan istri, setelah menempuh perkawinan nanti. Apakah Aisyah menerima lamaran  Mukhlis ?.
Jawaban Ananda Aisyah : Insya Allah apabila Ayah dan Ibu merestui, Aisyah menerima lamaran Mas Muklis, dengan segala kekurangan yang ada pada diri Aisyah. Mudah-mudahan Allah Swt. meridhoinya. Terima kasih Ayah Ibu (ucpan Aisyah). 
Orang tua (Bpk Majid) : Alhamdulillah ya mujibas saailiin.

Hadirin, kita telah mendengar jawaban langsung dari ananda Aisyah dalam menerima pinangan atau lamaran dari ananda Mukhlis. 

Pada hari ini : Sabtu, 4 Februari 2017 pukul 14.30 WIB kepada Ananda Mukhlis dalam melamar, atau khitbah kepada Ananda Aisyah telah diterima dengan tulus. Aamiin...

Bapak selaku orang tua ingin menyampaikan pesan yang terkandung dalam Al-Quran Surat An-Nisa : 34 sebagai berikut :
الرِّجَالُ قَوّٰمُونَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّـهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَآ أَنفَقُوا۟ مِنْ أَمْوٰلِهِمْ
Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh sebab itu Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.  (QS An-Nisa : 34)

 Adab sholat berjama'ah baca ini : SYARAT-SYARAT SAH MENGIKUTI IMAM SHOLAT

Oleh karena itu Bapak berpesan jagalah tata krama, akhlak karimah, akhlak Islami dalam pergaulan anda berdua selama bertunangan hingga bersanding di pelaminan nanti, karena selama ini berdua belum menjadi muhrim. 
Demikian yang dapat saya pesankan kepada ananda berdua.

Adapun waktu penetapan akad nikah kami akan berunding / musyawarah antara kedua belah pihak keluarga. 

Demikian akhirusalam Wasalamu'alaikum wr.wb.


Ditulis Oleh : Rasiyam Hidayat.

6 Responses to "CONTOH SAMBUTAN PENERIMAAN LAMARAN UNTUK CALON MEMPELAI WANITA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel