CONTOH PIDATO PENERIMAAN CALON MEMPELAI PRIA UNTUK DINIKAHKAN

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

   السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Kajian Khazanah Islam  (Katagori Posting Mu'amalah)
Pembaca budiman, rasa syukur marilah kita nikmati, segala apa yang telah Allah Swt. berikan kepada kita sehingga hari ini kita dapat berjumpa lagi dengan pembaca budiman. 
Rasiyambumen / Kajian Khazanah  Islam, memposting kembali terkait kegiatan mu'amalah : Contoh Pidato Penerimaan Calon Mempelai Pria untuk Dinikahkan.  

CONTOH : 

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Alhamdulillah hiladzi hadaana bi dinihil qowim, wabaina sirootim mustaqim, bil ayaati wa dzikril hakim, wa sunnati rasuulihil karim, ashadu anla ilaha ilallahu wahdahulaa syarikalah wa ashadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuulullahi ladzi arsala bil haq, basyira, wa nadzira. Allahumma sholli wa sallim 'ala syayidina Muhammad wa 'ala 'alihi washahbihi 'ajmain. Ammaa ba'du.

Yang kami hormati, Bapak Kepala KUA ............................................................... beserta staf.
Yang kami hormati, Bapak Ketua RW..................................................................... beserta staf.
Yang terhormat, Bapak Ketua RT .......................... beserta staf  
Para 'alim ulama, para ustadz, ustadzah, yang dimuliakan Allah.
Para pini sepuh, tokoh masyarakat, cedikiawan, yang kami hormati.
Wabil khusus Bapak ........................ beserta Ibu ........................ selaku kedua orang tua mempelai pria yang kami hormati, dan tak lupa seluruh rombongan pengiring calon mempelai pria yang kami muliakan. 
Hadirin para undangan yang dirahmati Allah Swt.

Tiada kata yang paling terindah dan toyyibah, kecuali ungkapan puji syukur ke hadirat illahi robbi, Allah Swt. Bahwa pada kesempatan yang berbahagia ini, kita masih dapat bermuwajahah bil wujuh dalam rangka untuk menyaksikan suatu acara yang sangat sakral ini, yang sebentar lagi akan dilaksanakan prosesi Akad Nikah atau Janji suci antara dua insan yang telah dipertemukan oleh Allah Swt. 

Shalawat dan salam marilah kita haturkan ke haribaan junjungan Nabi Besar Muhammad s.aw. kepada para shahabat, para Tabi'in, Tabiut tabi'in, dan kepada kita sekalian yang hingga saat ini bahkan detik ini masih istiqamah mengamalkan risalahnya, mudah-mudahan akan mendapat safa'at di yaumul akhir kelak. Aamiin.

Kami atas nama keluarga Bapak ...................... beserta Ibu ............... selaku orang tua calon mempelai wanita yang bernama .................................... binti .........................   
Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan :

Pertama : wabil khusus kami ucapkan selamat datang kepada Bapak ...................... dan Ibu ............. selaku orang tua dari calon mempelai pria : ............................ (nama calom pengantin pria). Dan tentu tak lupa juga  kepada segenap rombongan/pengiring calom mempelai pria yang saya muliakan.

Kedua : baru saja dari perwakilan pihak calon mempelai pria telah menyerahkan sepenuhnya kepada kami selaku orang tua calon mempelai wanita, bahwa ananda : ........................... (calon mempelai pria) untuk dapat sekiranya dinikahkan dengan putri kami : ............................... (calon mempelai wanita) mudah-mudahan Allah Swt. meridhoi rencana kita tanpa aral suatu apapun. Tentu kami selaku orang tua dari calon mempelai wanita menerima dengan sangat senang hati dan penuh keikhlasan, dan insya Allah akan segera kami nikahkan saat ini juga.

Ketiga : tak lupa kami ucapkan terima kasih yang tulus, dari apa yang telah diserahkan atau bawaan seserahan kepada kami, yaitu sesuatu yang sungguh sangat berharga bagi kami sebagai tanda pengikat rasa kekeluargaan yang sangat erat, dari kedua belah pihak.

Terakhir : Ucapan ma'af apabila sambutan penerimaan kami, baik sapaan, tingkah laku, tempat, atau ada ucapan yang kurang bekenan di hati Bapak ............ (pihak calon pria) sekeluarga, dan seluruh rombongan/pengiring calon pengantin, kami mohon untuk dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya. Kami tidak dapat membalas dari semua kebaikan Bapak ......... (pihak calon pria) serta rombongan, hanya doa yang dapat menyertai kepulangan Bapak dan rombongan nanti, semoga selamat dalam perjalanan hingga sampai di tempat/rumah. Semoga  prosesi Akad Nikah ini, Allah ridhoi dan diberi kelancaran. Aamiin.

Barangkali itu saja yang dapat kami sampaikan.
Kami akhiri dengan salam, billahi taufik wal hidayah wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh.  

Baca jugaHARI-HARI TERAKHIR SEBELUM RASULULLAH SAW. WAFAT



Ditulis Oleh : Rasiyam Hidayat.

1 Response to "CONTOH PIDATO PENERIMAAN CALON MEMPELAI PRIA UNTUK DINIKAHKAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel