Keistimewaan Puasa Senin, Kamis dan Doa Niatnya.


Kajian Khazanah Islam (katagori posting Puasa)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridhjo-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Sudah agak lama saya tidak mempost. katagori Doa, dalam blog ini ttp://www.rasiyambumen.com/ yang sengaja saya sajikan dengan materi/artikel bervariasi dengan harapan dapat menambah wawasan agama secara luas, kali ini saya mempost dengan judul ; Keistimewaan Puasa Senin Kamis dan Doa Niatnya ini saya masukkan dalam kelompok/katagori doa. Semoga bermanfaat. 

Puasa sunah adalah bagian dari ajaran Islam dan salah satunya adalah Puasa Senin, Kamis yang sangat mashur dan sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw.  Karena puasa Senin dan Kamis mem-punyai keistimewaan tersendiri dibandingkan puasa sunnah-sunnah lainnya.
Baca yang ini : Doa Yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Berkecukupan Rezeki.

Puasa Senin dan Kamis memiliki keistemewaan tersendiri dikarenakan pada hari itu merupakan hari diangkatnya segala amal manusia ke arasyNya, untuk diperiksa oleh Malaikat. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang artinya :

"Segala amal manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal-amalku diperiksa dan aku dalam keadaan berpuasa"  (HR. Turmidzi)

Untuk Bacaan Arab dan Latin serta Niat Puasa Sunnah Hari Senin.

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Sauma Yaumal Istnaini Sunnatan Lillahi Ta'ala
Artinya : Saya niat puasa hari Senin sunnah karena Allah ta'ala.


Dan untuk bacaan niat puasa pada hari Kamis bacaanya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Ta'ala,
Artinya :  Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala.

Itulah lafadz bacaan niat puasa sunnah Senin dan Kamis dalam bahasa arab dan latin serta artinya. Untuk lancar dan hafal silakan dibaca berulang-ulang dengan dihayati maknanya agar ketika kita berpuasa benar-benar hanya lillahi ta'ala mengharap ridho dari-Nya.
Baca juga ini :Doa Ibu Hamil Agar Bayi Yang Dikandung Selamat Dan Sehat

Selain daripada keistimewaan bahwa puasa Senin dan Kamis itu amal-amal manusia diangkat di arrasy Allah Swt, puasa juga memliki keistimewaan yang berbeda dengan ibadah-ibadah yang lain. Di dalam hadits qudsi Allah berfirman tentang puasa, baik puasa fardhu Ramadhan dan puasa-puasa sunah. Firman Allah dalam hadits qudsi tersebut adalah sebagai berikut :

"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipat gandakan sebanyak 10 kali lipat" (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Maka sangatlah disayangkan ketika kita mampu untuk melaksankannya tetapi meninggalkan apa yang sudah pasti manfaat dan keistimewaanya sesuai hadtis-hadits diatas.

Demikian uraian singkat Keistemewaan Puasa Senin Kamis dan Doa Niatnya. Semoga bermanfaat dan berkah selalu dalam menjalani kehidupan di dunia ini, serta dapat RidhoNya di akhirat kelak. Aamiin.  Wallhu 'alam.  

0 Response to " Keistimewaan Puasa Senin, Kamis dan Doa Niatnya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel