Do'a Nabi SAW. Untuk Ibnu Abbas r.a.


Do Untuk Ibnu Abas
Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Do'a)

Pembaca budiman, semoga Rahmat serta Bimbingan-Nya selalu mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan Ridho-Nya di akhirat kelak . Aamiin. 

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam mempos-ting materi : Do'a Nabi SAW Untuk Ibnu Abbas r.a.

Secara manusiawi setiap orang pasti senang apabila didoakan untuk keberhasilan atau doa kebaikan. Tradisi mendoakan sesama juga berlaku pada masyarakat kita. Bahkan banyak orang yang datang sowan kepada ulama karena ulama adalah warasah al-anbiya dengan tujuan mengalap berkah (tabarukan) atas doa-doa yang terucap dari sosok seorang ulama yang diagungkan karomahnya. Banyak orang yang menganggap bahwa setiap doa yang dikeluarkan oleh ulama tersebut adalah istimewa sehingga dapat mendoakan dengan maqbul. Apakah benar doa tersebut menjadi maqbul tanpa adanya usaha?
Pada zaman Rasulullah saw, tepatnya antara para sahabat dan Rasulullah sasw. memang tradisi semacam ini juga dialami oleh sahabat Rasulullah saw. yaitu Ibnu Abbas pernah didoakan oleh Rasulullah saw, supaya menjadi orang yang ahli membaca Al-quran dan memahami makna yang terkadung di dalamnya. Saat itu Ibnu Abbas masih usia anak-anak kisaran usia enam menjelang tujuh tahun.

Doa Nabi Saw. adalah bagaikan pernyataan atau kenyataan. Dengan kapasitas intelektual tinggi dari Ibnu Abbas saat itu, dan dia selalu loyal dalam segala apa yang Rasulullah perintahkan maka ketika Doa dipanjatkan Nabi Saw. terjadilah sinergi dengan kecerdasan dan keloyalitasan Ibnu Abas untuk selalu patuh dari segala apa yang disampaikan Rasulullah Saw.

Akhirnya terbukti dalam sejarah setelah Ibnu Abbas dewasa menjelma menjadi ilmuwan garda terdepan dalam Islam. Ibnu Abbas menjadi seorang ulama Fiqih yang terpandang. Beliau menjadi ahli hadits yang masyhur, ahli bahasa yang disegani, dan ahli tafsir yang diakui otoritasnya.

Bahkan ia menjadi sosok ahli dalam Al-Qur'an tingkat kedua setelah Ibnu Mas'ud. Ibnu Abbas r.a diberi gelar al-bahru fi al-'ilmi. Tanwir al-Miqbas adalah nama kitab tafsir karya Fairuzzabadi yang dinisbatkan kepada Ibnu Abbas. Dan kitab ini adalah menjadi rujukan utama bagi para mufasir setelahnya. Sekitar 1660 hadits yang telah diriwayatkannya hal ini adalah bukan jumlah yang sedikit karena sangat membantu dalam pemecahan-pemecahan masalah yang masih belum dapat dimengerti dari Al-Quran secara langsung.

Adapun hadits yang menjelaskan bahwa Ibnu Abbas pernah didoakan oleh Nabi Saw. adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam shaheh al-Bukhari, Bab al-Ilmu, No.73 sebagai berikut :

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ ضَمَّنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ الْكِتَابَ
"Abu Ma'mar telah menceritakan kepada kami, Abdul Warits telah menceritakan kepada kami, Khalid telah menceritakan kepada kami, dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas "Rasulullah saw. telah memelukku (ke dadanya) dan bersabda : "Ya Allah ajarkanlah ia al-Kitab (Al-Qur'an)"

Adapun yang melatarbelakangi munculnya hadits tersebut adalah peristiwa yang dialami oleh sahabat Nabi SAW. bernama Abdullah bin Abbas ketika menyiapkan air untuk berwudhu Rasulullah saw. Kemudian Rasulullah saw. menghadiahkan sebuah doa untuk Ibnu Abbas.  
Demikian sekelumit uraian tentang hadits riwayat Imam Bukhari berkaitan dengan Do'a Nabi SAW Untuk Ibnu Abas .Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam amalan ibadah.

0 Response to "Do'a Nabi SAW. Untuk Ibnu Abbas r.a."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel