Do'a di Bulan Muharram Untuk Dibaca Tiap Hari Mulai Tanggal, 1 hingga 10 Muharram.



http://www.rasiyambumen.com/2017/09/doa-di-bulan-muharram-untuk-dibaca-tiap.html
Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Do'a)

Pembaca budiman, semoga Allah Swt, selalu memberikan Rahmat serta Bimbingan-Nya kepada kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan ke-RidhoanNya di akhirat kelak. 
Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam mem-posting sebuah materi dengan judul :
Doa di Bulan Muharram Untuk Dibaca Tiap hari, Mulai tanggal, 01 hingga 10 Muharram. 

Bulan Muharram adalah bulan yang amat mulia. Diistimewakannya bulan ini karena pada bulan tersebut Allah Swt. menyelamatkan Bani Israil dari musuhnya dan Nabi Musa berpuasa karenanya. 

Bulan Muharran adalah salah satu dari bulan yang dimuliakan dari 4 bulan lainnya yaitu :  Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharran dan Rojab. Hal ini diterangkan dalam (hadits Bukhari dan Muslim dan Abu Bakrah).

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam tahun Hijjriyah maka apabila telah tiba bulan ini berarti tahun baru Hijjriyah telah tiba. Sebagai penghormatan terhadap bulan yang mulia ini, kita dianjurkan untuk berdoa sebagai berikut :


خيرها ونعوذ بك من شرها ونستكفيك فواتها وشغلها فارزقنا العصمة من الشيطان الرجيم اللهم إنك سلطت علينا عدوا بصيرا بعيوبنا ومطلعا على عورتنا من بين أيدينا ومن خلفنا وعن أيماننا وعن شمائلنا يرانا هو وقبيله من حيث لا نراهم، اللهم آيسه منا كما آيسته من رحمتك وقنطه منا كما قنطته من عفوك، وباعد بيننا وبينه كما حلت بينه وبين مغفرتك، إنك قادر على ذلك، وأنت الفعال لما يريد، وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
Ya Allah, tahun baru telah datang, aku meminta kebaikannya dan berlindung dari keburukaannya, maka jagalah aku dari godaan syetan. Ya Allah, Engkau telah menjadikan syetan sebagai musuhku yang nyata, yang tahu akan kelemahan-kelemahanku, syetan dapat melihat aku namun aku tidak dapat melihatnya. Maka jadikanlah syetan putus asa untuk menggodaku dan janganlah Engkau jadikan ia penghalang ampunan-Mu. Engkau Dzat Yang Maha Kuasa. Semoga solawat dan salam atas Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sabatnya.  

Doa-doa lain yang terkait dengan bulan Muharram juga dibaca, atau diamalkan oleh para ulama Salaf. Adapun jenis-jenis bacaannya adalah sebagai berikut :

Amalan yang dilakukan pada tanggal 10 Muharaam (Hari Asyuro)
Untuk mengisi/menghidupakan malam 10 Muharram kita dianjurkan memperbanyak berdoa, membaca Al-qur'an, dan shalat malam. Sebagian ulama ada yang membaca ayat kursyi hingga 360 x tepat pada malam 10 Muharram inilah firmanNya  :

Ayak Kursi  


"Allah tiada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya) tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang dilangit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang dihadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar". (QS. Al-Baqarah : 255).
Baca juga yang ini : Khutbah Jum'at Bulan Muharram

Dan ditambah dengan bacaan ayat-ayat al-quran yang lain diantaranya adalah surat Ali Imran ayat 173 dan surat Al-Anfaal ayat 40 sebanyak 70 kali. Dibawah ini adalah ayatnya :

"Cukuplah Allah menjadi penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik pelindung".(QS. Ali Imran : 173)
"Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong". (QS. Al Anfaal : 40) 

 Kedua ayat diatas dibaca sebanyak 70 X.


Pada malam 10 Muharram (Hari Asyuro) dikhususkan  melakukan amalan-amalan sebagai berikut :
  1. Shalat 2 raka'at (dengan niat sholat hajat meminta keselamatan)
  2. Siang harinya puasa Asyuro (Fadhillahnya; diampuni dosa pada tahun yang lalu).
  3. Intensifkan Silaturahim.
  4. Tingkatkan Shodaqoh
  5. Mandi diniatkan berthoharoh pada hari Asyuro.
  6. Memakai Celak
  7. Menjenguk orang sakit
  8. Berkunjung pada orang alim
  9. Menyantuni anak yatim
  10. Memberikan kelapangan uang belanja (nafkah) lebih dari hari-hari biasa kepada keluarga.
Untuk keterangan no. 2 yaitu Puasa Asyura adalah berdasarkan hadits Rasullah Saw. 

عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِي الهُل عَنْهُ قَالَ كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ يَوْمًا تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَتَتَّخِذُهُ عِيدًا فَقَالَ رَسُولُ الهِ صَلَّى الهُه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صُومُوهُ أَنْتُمْ
"Abu Musa berkata : "Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan mereka menjadikan sebagai hari Raya. Maka Rasulullah saw. bersabda : "Puasalah kalian pada hari itu. (HR. Bukhari  4/224 dan Muslim 2/796)
Adapun amalan no.urut ke-10 tentang memberikan kelapangan uang belanja lebih dari hari-hari biasa kepada keluarga adalah berdasarkan hadits sebagai berikut :

مَنْ وَسَّعَ عَلَى عِيَالِهِ فِى يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ وَسَّعَ اللهُ عَلَيْهِ السَّنَةَ كُلَّهَا (رواه الطبرانى والبيهقى وأبو الشيخ)




"Barangsiapa melapangkan belanja kepada keluarganya di hari Asyura' maka Allah melapangkan kepadanya selama setahun keseluruhannya" (HR. Thabrani, al-Baihaqi dan Abu Syaikh). 

Sebagian ulama Syafi'iyah menganjurkan 10 amal di atas dilakukan pada 10 Muharram sebab para sahabat sudah melakukan amal-amal sholeh di bulan-bulan mulia lainnya yaitu pada bulan : Dzulqo'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rojab. Dan 10 Muharram adalah termasuk di dalamnya. 

وَذَكَرْنَا عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ الْعَمَلَ الصَّالِحَ وَاْلأَجْرَ فِي هَذِهِ الْحُرُمِ أَعْظَمُ … وَقَدْ كَانَ كَثِيْرٌ مِنَ السَّلَفِ يَصُوْمُ اْلأَشْهُرَ الْحُرُمَ كُلَّهَا رُوِيَ ذَلِكَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَالْحَسَنَ الْبَصْرِي وَأَبِي إِسْحَاقَ السَّبِيْعِي وَقَالَ سُفْيَانُ الثَّوْرِي : اْلأَشْهُرُ الْحُرُمُ أَحَبُّ إِلَيَّ أَنْ يُصَامَ مِنْهَا (لطائف المعارف –ج 1 / ص 279)




"Telah kami sebutkan dari Abdillah bin 'Abas bahwa amal sholeh dan pahala di bulan-bulan mulia ini sangatlah agung. Dan sungguh banyak ulama Salaf berpuasa di bulan-bulan tersebut, kesemuanya yang diriwayatkan dari Ibnu Umar, Hasan Al Bashri, dan Abu Ishaq As Sabii, Syufyan Ats Tsauri berkata : Bulan-bulan mulia lebih saya senangi untuk melakukan puasa darinya". (Al-Hafidz Ibnu Rajab, Lathaif al-Ma'arif, 1/279) 

Baca juga ini :  MANDI WAJIB (Thoharah)

Demikian uraian singkat Doa Dalam Bulan Muharram untuk dibaca tiap hari mulai tanggal 1 hingga 10 Muharram.  Semoga bermanfaat.

Hadits Shahih Riwayat Bukahri 4/244, 7/274, Muslim 2/796, Nasa’i dalam Al-Kubra 2/322 dan Al-Baihaqi 4/289

Sumber: https://almanhaj.or.id/2034-hari-asyura-10-muharram-antara-sunnah-dan-bidah.html

Hadits Shahih Riwayat Bukahri 4/244, 7/274, Muslim 2/796, Nasa’i dalam Al-Kubra 2/322 dan Al-Baihaqi 4/289

Sumber: https://almanhaj.or.id/2034-hari-asyura-10-muharram-antara-sunnah-dan-bidah.html
Hadits Shahih Riwayat Bukahri 4/244, 7/274, Muslim 2/796, Nasa’i dalam Al-Kubra 2/322 dan Al-Baihaqi 4/289

Sumber: https://almanhaj.or.id/2034-hari-asyura-10-muharram-antara-sunnah-dan-bidah.html

0 Response to "Do'a di Bulan Muharram Untuk Dibaca Tiap Hari Mulai Tanggal, 1 hingga 10 Muharram. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel