Khutbah Jum'at ; Fenomena Ummat di Akhir Zaman


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (Kategori posting Khutbah)

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu tercurah dan mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

     

 Materi Khutbah Jum'at :      FENOMENA UMMAT DI AKHIR ZAMAN

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ  اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ اللّهُمَّ عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا، وَانْفَعَنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا، وَزِدْنَا عِلْماً، وَأَرَنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ، وَأَرَنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Kaum Muslimin sidang jum'ah yang dimuliakan Allah...

Mengawali khutbah,  tiada kata dan kalimat yang paling indah dan toyyibah, kecuali ungkapan puji syukur kehadirat illahi Robbi, Allah SWT. alhamdulillahi robbil 'aalamin bahwa pada hari yang berbahagia, hari yang termulia, sayyidul ayaum yaitu hari Jum'at, kita masih diberikan kesehatan dan iman yang masih menghujam di dada kita masing-masing, sehingga kita dapat mematuhi salah satu perintah wajib yaitu shalat jum'ah berjamaah. 

Sholawat dan salam marilah kita haturkan keharibaan Junjungan Nabi besar Muhammad saw, dan keluarganya, serta para sahabat, para tabi'in, tabi'ut-tabi'in dan juga kepada kita yang hingga saat ini, bahkan detiki ini, masih istiqomah mengamalkan risalahnya mudah-mudahan akan mendapat safa'at di yaumil akhir kelak. Aamiin....

Melalui mimbar yang mulia ini khatib mengajak khususnya pada diri khatib sendiri, dan para jama'ah untuk selalu meningkatkan taqwa, yaitu taqwa yang sebenar-benarnya dengan melakukan dua cara, menjalankan seluruh perintahNya, dan meninggalkan dengan sungguh-sungguh seluruh larangan-laranganNya. Karena hanya dengan kedua cara tersebut, insya Allah kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.  
Kaum Muslimin sidang juma'h yang dimuliakan Allah...

Hampir lebih, empat belas abad yang silam ketika dunia tengah tenggelam dalam kegelapan jahiliyah, ketika manusia terlena dengan dosa dan kemungkaran, munculah dari kawasan perbukitan Bakkah atau Mekkah" cahaya memancar, menyebar ke Timur, Barat, Utara dan Selatan, hingga pada akhirnya mencapai keselurh dunia. Hanya dalam waktu yang relatif singkat, kurang lebih 23 tahun, jalan yang ditunjukkan oleh cahaya tersebut telah dilalui oleh umat manusia sehingga mereka mencapai kemulian sedemikian tingginya, suatu kemuliaan yang belum pernah dicapai sebelumnya. 

Cayaha tersebut menerangi umat Islam dan menyadarkan mereka akan pentingnya mengikuti petunjuk kebenaran yang pada akhirnya akan membawa mereka kepada keselamatan dunia dan akhirat. Dengan mengikuti petunjuk kebenaran dari cahaya tersebut, ummat Islam memperoleh keberhasilan demi keberhasilan dan mencapai puncak kemuliaan dalam sejarah. Selama beberapa abad lamanya ummat Islam memimpin dunia dengan penuh keagungan dan kekuatan, sehingga tidak ada kekuatan dimasa itu yang berani mengoyak apalagi menantangnya. Umat Islam pada saat itu adalah "Superpawwer".  

Namun sayang seribu sayang, kenyataan ini hanya tinggal cerita yang tidak bermakna. Kejayaan Islam di masa lalu, saat ini hanya tinggal kenangan, tinggal dalam buku sejarah yang memenuhi perpustakaan Islam, hanya tinggal bacaan bagi pelajar atau mahasiswa yang hanya dijadikan pengantar untuk naik kelas dan tingkat, ataupun lulus ujian saja. 

Umat Islam kini telah terpuruk ketinggalan yang paling parah, walaupun kwantitas/jumlah secara hitungan lebih besar dibandingka masa lampau. Dapat dikatan lebih buruk daripada masa jahiliyah. Betapa tidak, kalau masa jahiliyah orang-orang kafir menginjak-injak kebenaran yang dibawa ummat Islam, itu hal yang wajar. Namun kini sebagian besar ummat Islam sendiri yang telah menghina kebenaran itu. Kini ummat Islam sangat memilukan.  

Kaum Muslimin sidang jum'ah yang dimuliakan Allah...

Islam bukan saja dihancurkan oleh kaum kuffar, tetapi juga sedang dihancurkan oleh ummat Islam itu sendiri. Dimana-mana hal-hal keji, kefasikan dan kejahatan kini melanda hampir di bumi nusantara ini bahkan dunia, telah meningkat dengan cepat, tidak ada lagi yang tersembunyi di hadapan kita. Sikap acuh tak acuh terhadap agama, menghina dan meremehkan, sudah menjadi kebiasaan umum pada zaman ini. 

Sungguh ...., zaman semakin menunjukkan tanda-tanda yang memprihatinkan. Ummat manusia sudah berada dipuncak kerusakan moral yang semakin parah. Umat Islam di akhir zaman, yang semestinya memberi contoh kepada umat yang lain, justru telah melakukan pelanggaran melampaui ambang batas.  Tanda-tanda akhir zaman semakin nampak, kriminal semakin meluas, penyalahgunaan narkoba semakin mewabah, konfik antar etnis semakin melebar, pembunuhan semakin sadis, zina semakin terang-terangan, sementara upaya penganggulangannya hampir tidak lagi manjur. Ibarat pengobatan, pasien bukannya sembuh melainkan bertambah parah. "dokter-pun telah ikut tertular bergai penyakit" 

Sementara ancaman langit yang datang silih berganti hampir tidak lagi dihiraukan. Dimana-mana orang terus tidak peduli. Kriminal, konflik, perpecahan, demontrasi, perzina-han, narkoba, banjir tanah longsor, gempa bumi, badai, angin puting beliung semua itu adalah ancaman.  Tujuh puluh dua kejadian di akhir zaman yang disebut para Ulama, sebagian besar sudah terjadi. Itu berarti kita tinggal menunggu malapetaka lebih besar yang akan datang menerjang semua orang. 

Kalau para Pemimpin dan Ulama tidak segera meyatukan langkah antisipasi, tidak mau bekerja sama mengatasi semua ini, maka ummat ini akan semakin jauh dan akan ramailah bumi ini dengan pelanggaran hukum, kekerasan dan sebagainya. 

Kaum Muslimin sidang jum'ah yang dimuliakan Allah...

Para Ulama telah mengatakan bahwa bencaca itu hanya tinggal menunggu waktu, pabila manusia makin tidak peduli, maka akan datang bencana yang sangat mengerikan, bencana yang tidak seorangpun mengetahuinya. Allah SWT telah menyatakan hal itu dalam Al-Qur'an Surat Al-Isra' ayat 16. 
وَإِذَا أَرَدْنَا أَنْ نُهْلِكَ قَرْيَةً أَمَرْنَا مُتْرَفِيهَا فَفَسَقُوا فِيهَا فَحَقَّ عَلَيْهَا الْقَوْلُ فَدَمَّرْنَاهَا تَدْمِيرًا
"Dan jika Kami hendak menghancurkan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta'ati Allah), tetapi mereka melakukan kefasikan di dalamnya, maka sudah sepantasnya berlaku terhadanya ketentuan Kami, kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya" ( QS. Al Isra' : 16). 

Dan Allah-pun berfirman di ayat yang lain : 

وَإِنْ مِنْ قَرْيَةٍ إِلَّا نَحْنُ مُهْلِكُوهَا قَبْلَ يَوْمِ الْقِيَامَةِ أَوْ مُعَذِّبُوهَا عَذَابًا شَدِيدًا ۚ كَانَ ذَٰلِكَ فِي الْكِتَابِ مَسْطُورًا
"Tak ada suatu negeripun (yang durhaka penduduknya) melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat, atau Kami adzab (Penduduknya) dengan adzab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis dalam kitab (Lauhil mahfuzh)" (QS. Al-Isra' : 58) 

Maka solusinya, hentikan kemungkaran, hentikan meminum khamar, hentikan perjudian, hentikan perzina-han, hentikan wanita setengah lelanjang, hentikan hujat-menghujat, hentikan megkafir-kafirkan sesama manusia, hentikan demontrasi anarkhis, hentikan tuduh menuduh dan sebagainya. 
Semua ancaman diatas telah disebut sejak kurang lebih 1400 tahun yang silam oleh Allah SWT. adalah ancaman besar yang sudah dipersiapkan Allah untuk menerjang orang-orang yang tidak peduli dengan keterpurukan moral yang melanda ummat di akhira zaman ini. 

Mari segera kita kembali kejalan Allah SWT dengan mengamalkan agama dengan benar dan penuh keikhalasan, mari segera kita dakwahkan pentingnya iman dan amal shaleh, mari kita ajak semua orang untuk memakmurkan masjid, dan mari kita saling mendoakan antara satu dengan lainnya, mari kita bersatu menumpas kebatilan yang semakin merajalela agar kita tidak dihukum di dunia maupun di akhirat. 
Semoga Allah memberi kita kekuatan lahir dan batin untuk mengamalkan ajaran agama dengan sempurna. Aamiin... aamiin, Ya Rabbal 'Alamiin.................!

أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا َوَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ

Khutbah Kedua : 

اَلْحَمْدُلِلّهِ حَمْدًاكَثِيْرًاكَمَااَمَرَ. وَاَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ اِلاَّللهُ وَحْدَه لاَشَرِيْكَ لَهُ. اِرْغَامًالِمَنْ جَحَدَبِهِ وَكَفَرَ. وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُاْلاِنْسِ وَالْبَشَرِ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ مَااتَّصَلَتْ عَيْنٌ بِنَظَرٍ وَاُذُنٌ بِخَبَرٍ

اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ !! اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ. وَذَرُوالْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَوَمَابَطَنْ. وَحَافِظُوْاعَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوْااَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَفِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ. فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَاصَلَّيْتَ عَلىَ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ. في ِالْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ

اَللّهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِالرَّاشِدِيْنَ سَيّدِنَا اَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ سَائِرِاَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِى التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَاوَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اَللّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ. وَسُوْءَالْفِتَنِ مَاظَهَرَمِنْهَا وَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَاخَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِبَلاَدِالْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَااَتِنَافِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَالله اِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوااللهَ الْعَظِيْمِ يذكركم وَاشْكُرُوهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَلَذِكْرُاللهِ اَكْبَر

0 Response to "Khutbah Jum'at ; Fenomena Ummat di Akhir Zaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel