Jenis Syafa'at Nabi Muhammad SAW Setelah Kiamat.

.

Kajian Khazanah Islam (katagori posting Aqidah)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Ridho-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Ada beberapa Jenis Syafa'at Nabi Muhammad SAW. Setelah Kiamat. Menurut kalangan ulama, syafa'at dibagi menjadi beberapa bagian. Catatan dari Ensiklopedia Al-Qura'n, bahwa :

Pertama, syafa'at yang dikhususkan kepada Rasulullah SAW. Maknanya adalah syafa'at ini hanya diberikan pada Nabi Muhammad SAW, saja dan tidak kepada nabi-nabi yang lain.  Syafa'at ini diberikan untuk menenangkan kepada orang-orang Islam dari ketakuttannya  yang dirasakan umat manusia pada hari Kiamat kelak. 
Syafa'at Nabi Muhammad SAW. diberikan untuk meringankan umat Islam saat penghisaban/perhitungan dan melintas di atas shirat al-mustaqim, (sebuah titian yang digambarkan lebih halus dari sehelai rambut dan lebih tajam dari sebilah pedang)

Kedua, syafa'at Nabi Muhammad SAW. yang diberikan untuk memasukkan segolongan umat Islam ke dalam surga tanpa perhitungan (hisab). Inilan tingkat syafa'at yang paling luar biasa. Pada hari Kiamat kelak, Allah SWT akan memeriksa kebajikan dan keburukan yang pernah manusia lakukan sekecil apa pun ketika hidup di dunia.
Firman Allah Swt. di dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
"Siapa yang mengerjakan kebajikan seberat dzarrah pun, niscaya akan melihat (pahalanya), dan siapa yang mengerjakan keburukan seberat dzarrah pun, niscaya akan melihat (balasannya)" (az-Zalzalah : 7-8)  
Baca juga yang ini 7 Tanda Kebahagiaan Dunia

Ketiga, syafa'at yang diberikan kepada orang-orang Islam yang semestinya masuk neraka karena dosa yang diperbuatnya. Kemudian Nabi Muhammad SAW memintakan syafa'at buat mereka, yang ternyata dikabulkan Allah SWT. Kemudian Allah mengampuni dosa-dosanya dan memasukkannya ke surga. 

Keempat, syafa'at yang diberikan kepada orang-orang Islam yang berbuat dosa dan telah dimasukkan ke neraka sebagai hukumannya. Rasulullah SAW memintakan syafa'at untuk mereka agar Allah SWT mengeluarkannya dari neraka. 
Dalam syafa'at ini, ikut pula bersama Rasulullah SAW, para malaikat serta orang-orang mukmin, terutama para ulama yang telah menyampaikan ilmu dan ijtihadnya di dunia serta berperan aktif dalam menumpas kesesatan dan menggantikannya dengan cahaya ilmu. 

Kelima, syafa'at Rasulullah SAW yang dikhususkan untuk menaikkan derajat orang-orang yang berada di surga.  
Maka siapa saja yang membaca dan mengetahui kengerian hari kiamat, niscaya akan mengetahui nilai syafa'at Rasulullah SAW kepada orang-orang Islam. Nilai syafa'at tersebut yaitu demi meringankan beban mereka dari kengerian hari kiamat. 

Demikian uraian singkat Jenis Syafa'at Nabi Muhammad SAW Setelah Kiamat. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. 

0 Response to "Jenis Syafa'at Nabi Muhammad SAW Setelah Kiamat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel