Mengenal Nama-nama Surga Berdasarkan Informasi Al-Qur'an.

Surga (ilustrasi)





Kajian Khazanah Islam (katagori posting Aqidah)
Rasiyambumen.com

Pembaca budiman, Rahmat serta Bimbingan-Nya semoga selalu menyertai kita dalam segala aktivitas di dunia ini untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rdhon-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Mengenal nama-nama Surga berdasarkan informasi Al-Qur'an, adalah satu keimanan yang harus kita yakini adanya. Karena informasi itu adalah datang dari Allah swt, yang termaktup dalam kitab-Nya yaitu Al-Qur'anul Karim. Allah swt. menciptakan surga dan neraka. Surga adalah tempat kembalinya manusia yang beriman, dia menjalankan perintah-Nya dan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menjauhi seluruh larangannya. 

Dan Neraka bagi mereka yang tidak beriman, banyak berbuat dosa, berbuat maksiat.  Dalam Al-Qur'an dijelaskan kepada kita bahwa Allah swt, bukan hanya menciptakan satu surga saja, tetapi menciptakan beberapa surga dengan berbagai kenikmatan yang luar biasa di dalamnya. Semua surga yang diciptakan-Nya dengan berbagai nama diberikan sesuai dengan kadar dalam amal saleh didunia.  Maka dari itu, perlu bagi kita mengenal nama-nama surga itu untuk mendorong agar selalu memperbanyak/meningkatkan kualitas amal kita agar memdapat salah satu surga yang Allah sediakan. 
Baca juga yang ini : SANGUNE AKHIRAT (Kultum)

Dalam buku Al-Wadul Haq yang ditulis oleh Umar Abdul Kahfi disebutkan nama-nama surga Allah SWT  sebagai berikut :

1. Al-Jannah (Kebun)
  • Artinya al Bustan atau kebun yang merupakan isim alam bagi semua derajat surga. Di dalam Al-Qur'an, kata al-Jannah disebutkan sebanyak 54 kali dalam 28 surah. Nama al Jannah berasal dari kata as-Satr yang berarti penutup. Sebab dalam kebun tersebut terdapat banyak pepohonan yang menutupi segala sesuatu yang ada di dalamnya.
2. Dar as-Salam (Rumah Keselamatan)
  • "Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Tuhannya" (QS al An'am : 127)
  • "Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga)" (QS Yunus  : 25). Dar as-Salam merupakan rumah yang dipenuhi rasa aman dan membuat penghuninya tidak meresa takut atau khawatir. 

3. Dar-al-Muqamah (Tempat yang Kekal)
  • Dan mereka berkata : "Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri, yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya. Di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu" (QS. Fathir :34-35)
4. Jannah al-Ma wa (Tempat Tinggal)
  • "Di dekatnya ada surga tempat tinggal" (QS An-Najm : 15)
  • "Maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal (nya)" (QS An-Naazi'at : 41). Surga tersebut adalah surga tempat menginap dan menetap. Sebagian ulama mengatakan, bahwa itu merupakan surga bagi para syahid dan letaknya di sebelah kanan 'Arsy. Ia adalah rumah yang menjadi tempat tinggal. 
5. Jannatu 'Adn (Surga Adn)
  • "Yaitu surga 'Adn yang telah dijanjikan Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya sekalipun (surga itu) tidak terlihat" (QS Maryam : 61). "Yaitu surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya." (QS Ar-Rad : 23)
  • "Dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn" (QS, At-Taubah : 27)
6. Jannah al-Firdaus (Surga Firdaus)
  • "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh, bagi mereka Surga Firdaus menjadi tempat tinggalnya" (QS al-Kahfi : 107).  Kata al-Firdaus mengandung pengertian kebun yang ada di dalamnya mencakup semua isi kebun. Dan Surga Firdaus adalah surga yang paling tinggi dan yang paling tengah derajatnya. 

Rasulullah saw. bersabda : "Apabila kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah Surga Firdaus. Karena sesungguhnya Firdaus merupakan surga yang paling tinggi dan yang paling tengah. Sungai-sungai surga mengalir darinya. Di atasnya terdapat "Arsy ar-Rahman" (HR. Bukhari). 

"Dan ada 4 surga Firdaus, yaitu dua di antaranya terbuat dari emas-perhiasan. Tempat, dan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Sedangkan dua lainnya terbuat dari perak-perhiasan, tempat bejana, atau segala sesuatu yang ada di dalamnya. Diantara penghuninya ada yang dapat melihat dan ada yang tidak dapat melihat Tuhan mereka". (HR. Ibnu Abi Syibah). 

Demikian, uraian Mengenal Nama-nama Surga Berdasarkan Informasi Al-Qur'an. Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya, dan kita renungkan serta amalkan untuk meningkatkan amal Sholeh yang diridhoi-Nya.  

0 Response to "Mengenal Nama-nama Surga Berdasarkan Informasi Al-Qur'an."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel