KAYA YANG BAROKAH HANYA DENGAN ISTIQOMAH BERSEDEKAH



Kajian Khazanah Islam (Katagori posting Aqidah)  

Pembaca budiman, semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan Rahmat serta BimbinganNya kepada kita dalam segala aktivitas di dunia ini dalam rangka beribadah semata kepadaNya. Dan berharap selalu mendapatkan ridha untuk meraih surgaNya. Aamiin...

Rasiyambumen/Pelangi Khazanah Islam memposting Kaya Yang Barokah Hanya Dengan Istiqomah Bersedekah.  

Berinfaq/bersedekah adalah suatu amalan yang sangat mulia dan besar balasan pahalanya.  

Allah berfirman :  
مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ اللَّـهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّـهُ يُضٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَاللَّـهُ وٰسِعٌ عَلِيمٌ 
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi sipa yang dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui" (QS. Al-Baqarah :261)  

لَن تَنَالُوا۟ الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ اللَّـهَ بِهِۦ عَلِيمٌ
"Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebaktian (yang sempurna) sebelum kamu menafkahkan harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya". (QS Ali Imran : 92) 

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ وَيَقْدِرُ لَهُۥ ۚ وَمَآ أَنفَقْتُم مِّن شَىْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُۥ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِينَ ﴿سبإ
"Katakanlah, Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya). Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya". ( QS, Saba : 39)

10 Jenis Faedah Sedekah dan salah satunya (adalah keberkahan rezeki dan berkelimpahan rezeki)  (QS, 2 : 261)

  1. "Sedekah itu petunjuk (cermin)" maksudnya sedekah itu menunjukkan bahwa pelakunya memiliki keimanan yang baik dan percaya dengan hari pembalasan (Qiamat) karena ia pasti melakukannya dengan ikhlas mengharapkan pada pahala dan pahala adanya adalah di akhirat. Sebagian Ulama berpendapat, dihari kiamat nanti orang yang bersedekah memiliki tanda yang khusus. 
  2. "Memusnahkan segala kesumpekan hidup kalian, dengan bersedekah niscaya Allah akan melapangkan kesempitan-kesempitan kalian dan menolong kalian dari musuh-musuh kalian"
  3. Bersedekahlah, karena di dalamnya terdapat 6 manfaat, yaitu  3 manfaat di dunia dan 3 manfaat di akhirat. 3 di dunia diantaranya adalah : a. menambah keberkahan rezeki, b. memperbanyak harta, c. memakmurkan (melapangkan) rumah. Sedangkan 3 diakhirat adalah : a, menutupi aib (kejelekan waktu di dunia) b.menjadi naungan atas kepala,  c. menjauhkan dari api neraka.  
  4. Sesungguhnya sedekah seorang muslim itu menambah keberkahan umur dan menghindarkan mati konyol (su'ul khatimah) dan Allah Swt. menghilangkan dari dirinya sifat sombong, kefakiran dan keangkuhan.
  5. Bersedekah dapat memadamkan (panasnya) dosa.
  6. "Sesungguhnya setiap terbit matahari ada dua malaikat yang berdo'a salah satunya berdo'a wahai Allah, gantilah harta orang yang bersedekah. Dan yang lainnya berdo'a wahai Allah, hancurkanlah harta orang yang tidak bersedekah"    
  7. Bersedekah akan membendung 70 pintu bencana (malapetaka)
  8. "Lakukanlah sedekah di pagi hari karena musibah tidak akan menimpa pelakukan" (dirinya, keluarga dan hartanya)"
  9. "Sesungguhnya sedekah itu akan memadamkan panasnya alam (siksa) kubur untuk pelakunya" Ket. Sedekah dapat bermanfaat untuk 3 alam yaitu : Alam dunia, Alam Barzah, Alam Akhirat.
  10. Tidak berkurang harta yang disedekahkan melainkan bertambah, dan bertambah. Ulama mengatakan bahwa 3 hal yang digemari Iblis dan tentaranya yaitu :  a. Mukmin yang membunuh mukmin lainnya. b. Orang yang mati kafir.(su'ul khatimah). c. Orang yang takut susah/fakir (sehingga tidak pernah bersedekah).
Demikian uraian 10 jenis sedekah sesuai manfaat dan faedah masing-masing. Semoga kita akan selalu beramal untuk sedekah apapun bentuk yang disekahkan, denga iklas karena Allah. 

 

0 Response to "KAYA YANG BAROKAH HANYA DENGAN ISTIQOMAH BERSEDEKAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel