15 Butir Kata-Kata Mutiara Bulan Dzulhijjah

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, berharap mendapat kebahagiaan dan selalu berharap pula, atas Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Bulan Dzulhijah adalah bulan ke 12 dalam kalender tahun Hijriyah. Artinya bulan Dzulhijjah adalah yang mengakhiri bulan di Tahun Hijriyah.  Dalam tahun Masehi 2023 bulan Dzulhijjah tanggal 1, jatuh pada tanggal 20 Juni 2023 hari Selasa, dan berakhir pada bulan Juli hari Selasa bertepatan pada tanggal, 18 Juli 2023 maka bulan Dzulhijjah tahun 1444 H ini, hanya berjumlah 29 hari. Dan setelahnya akan muncul Tahun Baru pada bulan Muharram 1445 H.
 
Pada artikel dengan judul "15 Butir Kata-kata Mutiara Bulan Duzulhijjah" ini sengaja ditulis pada pertengahan bulan, sebab pada awal bulan Dzulhijah saya menyajikan artikel yang berjudul "Syariat Sejarah Puasa Arafah" yang menurut penulis lebih penting, dikarenakan banyaknya kaum muslimin yang selalu masih mempermasalahkan pelaksanaan pusa Arafah tersebut.
Untuk itu bagi yang masih ketinggalan belum membacanya dapat klik link "Syariat Sejarah Puasa Arafah". 
 
Marilah kita ikuti pada artikel kali ini, yang mengambil judul "15 Butir Kata-Kata Mutiara Bulan Dzulhijjah". Di bawah inilah sajian secara lengpaknya : 
 
1. Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang mempertemukan manusai dari berbagai penjuru dunia, dan berbagai latar belakang, untuk mengikat persaudaraan/ukuwah dalam derajat yang sama di hadapan sang Maha Pencipta. 
 
2. Bulan Dzulhijjah adalah merupakan waktu yang ditetapkan-Nya untuk melaksanakan perjalanan haji. Mari perjalan hidup ini, kita isi dengan kesabaran, keikhlasan, untuk menguatkan amalan yang terbaik.  
 
3. Bulan Dzulhijjah banyak ibadah yang mempunyai nilai-mulia dan pahala yang besar. Untuk itu mari kita tingkatkan ketaqwaan dan keimanan kita.
 
4. Bulan Dzulhijjah adalah waktu yang dipilih Allah, untuk hamba-Nya berkurban. Saling berbagi dengan penuh keikhlasan semata hanya mengharap ridha-Nya.  

5. Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang penuh dengan syukur setelah satu tahun menyisihkan hartanya yang terbaik untuk dikurbankan.  

6. Sebab sebagian harta yang kita kumpulkan dalam satu tahun rela kita kurbankan dengan tulus ikhlas, semata-mata sebagai investasi di akhirat kelak.
 
7.Bulan Dzulhijjah yang diisi dan dilandasi dengan ketaqwaan serta keikhlasan, semoga akan selalu menjadi kompas dalam setiap langkah kehidupan di dunia ini. 
 
8. Setiap hadir bulan Dzulhijjah maka tersadar kembali akan kisah pengorbanan seorang Nabi yang ikhlas mempersembahkan harta yang paling disayanginya, walau itu adalah seorang putra yang telah lama ditunggu kelahirannya.
 
9. Bulan Dzulhijjah malam tanggal ke 9, Nabi Ibrahin AS mendapat jawaban atas mimpinya dan memastikan bahwa mimpi itu adalah benar datang dari Tuhan-Nya untuk menyembelih putranya Ismail AS.  
 
10. Bulan Dzulhijjah yang penuh berkah dan mendebarkan, karena terjadi peristiwa dua hamba Allah yaitu Nabi Ibrahim AS, dan putranya Ismail AS, yang sangat patuh dalam menerima perintahnya dan dilaksanakannya dengan penuh ikhlas karena-Nya.
Walau perintah tersebut tidak dapat diterima dengan nalar manusia, yaitu seorang ayah untuk menyembelih putranya yang sudah lama ditungu kelahiranya. 

11. Bulan Dzulhijjah sangat dianjurkan untuk memperbanyak berdo'a, dan jangan pernah berhenti berharap, karena Allah pasti akan memberikan jalan keluar dari setiap  kesulitan yang dirasa berat. 
 
12. Bulan DZulhijjah bulan yang mengajarkan ketabahan, kesabaran serta kekuatan tekad untuk menghadapi ujian yang sangat berat, tetapi kita pasrahkan segalanya hanya kepada Allah SWT.
 
13. Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang memberikan kesadaran pentingnya saling menolong sesama, dengan melakukan pengorbanan  hartanya untuk diserahkan kepada yang membutuhkan.  

14. Bulan Dzulhijjah menggambarkan betapa singkatnya waktu dengan bergatinya tahun yang baru. Hal ini harus kita renungkan dan kita amalkan dengan tindakan-tindakan yang bermanfaat dengan amalan sholeh atau yang terbaik. 

15. Yang paling harus kita sadari bahwa bulan Dzulhijjah memberikan pelajaran kepada kita bahwa kita juga akan menemui waktu akhir (azal) sebagaimana bulan Dzulhijjah yang menempati bulan terakhir dalam tahun Hijriyah. 

Demikian urian singkat "15 Butir Kata-Kata Mutiara Bulan Dzulhijjah". Semoga bermanfaat dan menjadi lebih sabar dan ikhlas dalam mengamalkan segala ibadah ini. Aamiin.

0 Response to "15 Butir Kata-Kata Mutiara Bulan Dzulhijjah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel