Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Dan 5 Renungan Di Akhir Tahun 1444 H.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah) 

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk mengharap kebahagiaan dan selalu menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Bulan Dzulhijah tahun 1444 H, tersisa 2 hari lagi, dan akan meninggalkannya. Selanjutnya berjalan menuju bulan Muharram. Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang ke 12 pada hitungan bulan Islam. Maka bulan Muharram menjadi pergantian tahun, dalam tahun Hijrah, dan pada tahun ini, 1 Muharram 1445 H, akan jatuh pada hari Rabu bertepatan tanggal 19 Juli 2023. 
 
Sesuai judul di atas, ada 5 renungan  di akhir tahun 1444 Hijriyah dan saya mencoba mencuplik dari berbagai sumber, yang terkait dengan nilai-nilai kehidupan yang telah kita lalui satu tahun ke-belakang, untuk dapat kita renungkan semoga bisa memperdalam dan memahami spiritual, untuk meningkatkan kualitas ibadah serta keikhlasan dalam semua tindakan yang kita lakukan.
 
Inilah 5 hal yang telah saya persiapkan untuk menjadi renungan di akhir tahun 1444 H, untuk menyongsong Tahun Baru 1445 Hirjiyah. 
 
1. Nilai Kehidupan.
Di akhir tahun hijrah ini, adalah waktu yang baik untuk melakukan intropeksi/evaluasi diri, meninjau kembali perjalan spritulal dan prilaku kita selama setahun.
Kehidupan ini adalah anugrah dari Allah SWT dan setiap hari yang kita kerjakan/jalani adalah kesempatan untuk taat dan taubat menjalani seluruh perintahnya serta meninggalkan larangan-Nya. Jadikan perjalanan hidup ini dipenuhi dengan nilai-nilai yang terbaik dalam segala tindakan. Hingga kelak ketika kita meninggalkan dunia yang fana ini, dapat kembali dengan baik/husnul khatimah.   

2. Intropeksi/Evaluasi Diri.
Akhir tahun baru, juga dapat sebagai piranti untuk evaluasi diri, sehingga dapat mengukur atau mengidentifikasi kelemahan kita pada tahun yang telah kita lalui, dan sebagai alat motivasi untuk melakukan perbaikan di masa yang akan datang (tahun baru) yang akan kita hadapi. 
 
3. Memaafkan dan Rekonsiliasi.
Akhir tahun Hijriyah saat yang tepat untuk memaafkan kepada sesama, dan untuk berdamai dengan orang-orang yang mungkin pernah saling berbeda pandangan atau saling tidak dapat berdamai selama itu. Marilah !, jika ada konflik atau pertentangan dalam hubungan kita, hari ini adalah kesempatan terindah untuk memperbaiki hubungan tersebut.  
Jika kita memiliki hati yang lapang dan mampu memaafkan, akan memberi rasa lega dan kedamaian dalam hati kita.

4.Tujuan Hidup.
Renungkan kembali tujuan hidup kita. Sudahkah kita sesuai prinsip dan nilai-nilai yang kita jalani selama setahun kebelakang?. Apakah kita telah menjalani hidup yang bermakna untuk orang lain?. Jika belum, maka tak ada kata ketinggalan, mulailah dari tahun baru hijriyah  1445 ini, kita niatkan dengan niat yang kuat, dan lakukan untuk menjadi versi yang lebih baik mulai dari diri sendiri
 
5. Masa Yang Akan Datang Harus Lebih Baik. 
Renungan akhir tahun 1444 Hijriyah, harus dihayati dengan kejernihan hati, selanjutnya diemplementasikan dengan komitmen untuk perbaikan di masa mendatang. Identifikasikan area di kehidupan kita yang betul-betul  perlu diperbaiki dan buatlah rencana tindakan, untuk mencapai perubahan tersebut. 
 
Semoga kita selalu diberi kesehatan, kekuatan oleh Allah SWtT agar dapat mengambil manfaat dari waktu yang Allah berikan, untuk menjalani hidup yang lebih bermakna bagi banyak orang, penuh cinta kasih, dengan berusaha mendekatkan diri menuju ridha Allah SWT.  Wallahu'alam Bishowab. 

Demikian uraian singkat materi "Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Dan 5 Renungan Di Akhir Tahun 1444 Hijriyah. Semoga bermanfaat. Aamiin.   

0 Response to "Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Dan 5 Renungan Di Akhir Tahun 1444 H. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel