Dilarang Bahkan Dibenci Allah,Tidur Pada 3 (Tiga) Waktu Ini.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk mendapatkan kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Kaum muslimin yang selalu istiqmah dalam mengamalkan seluruh perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Islam telah mengatur segala perkara kehidupan di dunia ini kepada pemeluknya, agar terselamatkan dari hal-hal buruk yang dapat meinimpanya.
 
Dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang waktu tidur bagi manusia. Mengapa Islam perlu mengatur tidur kepada pemeluknya?. Sebab hal ini sangat penting, karena tidur yang baik akan membawa kebaikan kepada umatnya. Dan sebaliknya tidur yang tidak baik akan membawa dampak yang tidak buruk.

Maka kita perlu mengetahui hal yang berkenaan dengan tidur yang tidak baik, atau waktu tidur yang di larang, bahkan dibenci oleh Allah SWT. Dilarangnya tidur dalam waktu-waktu tertentu yang akan kami uraikan bukan tenpa alasan, karena tidur di waktu-waktu berikut ini akan berdampak sangat buruk bagi kehidupan kita, dan hal ini tentunya sesuai dengan hadits-hadits Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam. 

Kaum Muslimin, tidur memang sangat dibutuhkan oleh setiap kita guna untuk beristirahat dari lelahnya rutinitas dalam kehidupan. Tentang tidur ini Allah telah berfirman sebagai berikut : 
وَمِنْ رَحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
'Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu, dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang harinya), dan supaya kamu bersukur". (QS, Al-Qashash/28 : 73). 

Tidur memang baik untuk menjaga kebugaran, dan untuk mengistirahatkan badan dari lelalhnya rutinitas keseharian. Namun perlu diingat wahai kaum muslimin, sengantuk apapun anda jangan tidur di tiga waktu ini, sebab dilarang bahkan dibenci oleh Allah SWT. 

Pertama. Tidur Setelah Shalat Ashar Hingga Maghrib. 
Tidur setelah shalat ashar disebut 'alullah, diambil dari kata iIlat yang bermakna penyakit. Tidur setelah  shalat ashar dinamakan demikian, karena tidur setelah shalat ashar hingga menuju waktu maghrib dapat menyebabkan beberapa efek buruk bagi kesehatan. 
 
Misalnya akan memicu stres, bahkan dapat membuat seseorang mengalami linglung, atau bahkan kegilaan. Nabi  Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersbda : 
Diriwayatkan dari 'Aisyah Radiyallahu anha, "Barangsiapa yang tidur setelah shalat Ashar, lalu akalnya menjadi hilang, maka janganlah mencela (menyalahkan) kecuali kepada dirinya sendiri"

Kedua. Tidur Setelah Shalat Shubuh. 
Hailullah adalah nama tidur yang dilakukan setalah shalat subuh. Kala Hailullah itu sendiri diambil dari kata "ala-yahulu- haulan" yang bermakna mencegah (menghalangi). Orang yang tidur setelah shalat shubuh maka ia akan terhalangi dari keberkahan hidup, terhalangi dari rezeki yang barokah. 
Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam juga selalu mendo'akan umatnya untuk memperoleh keberkahan di waktu pagi hari, namun doa dari Nabi ini, tentunya tidak akan didapatkan oleh orang yang mengisi paginya dengan tidur (khusunya setelah shalat shubuh). Inilah doa beliau : "Ya Allah berkahilah umatku di waktu paginya" (HR. Abu Daud). 
 
Dalam kitab "Madariyus Shalihin" Ibnu Qaayim telah berkata termasuk dalam yang dibenci bagi orang sholeh, tidur antara setelah sholat shubuh hingga terbitnya matahari. Waktu tersebut sangat berharga sekali, bahwa pagi hari adalah awal hari, dan didalamnya adalah sebagai kuncinya.
Ibnul Qaayim Al-Jauziah juga menjelaskan tidur setelah shubuh sangat berbahaya bagi badan karena akan melemahkan dan merusak badan. 

Ketiga : Tidur Sebelum Shalat Isya. 
Tidur sebelum shalat Isya juga termasuk dalam waktu tidur yang dibenci oleh Allah SWT. 
"Dari Abu Barzah, Radiyallahu anhu ; "Bahwasanya Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam membeci tidur sebelum shalat Isya dan membenci ngobrol (perkara dunia), setelah shalat Isya" (HR Bukhari dan Muslim). 
Abdullah Ibnu Mubarak mengatakan : Kebanyakan hadits-hadits Nabi SAW melarang tidur sebelum shalat isya, sebagian ulama dalam hal hadits ini berbeda pendapat sebab ada yang membolehkan tidur sebelum shalat isya, namun dengan catatan yaitu khusus pada bulan ramadhan saja. 
Itulah kaum muslimin, 3 (tiga) waktu tidur yang dilarang di dalam agama islam. Sengantuk apapun di tiga waktu ini maka jagalah jangan sampai tidur dengan lelap pada waktu ini. sebab akan mengakibatkan keburukan bagi kehidupan kita. Wallahu'alam Bishawab. 

Demikian uraian singkat materi "Dilarang Bahkan Dibenci Allah, Tidur Pada 3 (tiga) Waktu Ini". Semoga bermanfaat, dan menambah perbendaharaan ilmu kita, agar dapat beribadah dengan baik dan benar. Aamiin.

0 Response to "Dilarang Bahkan Dibenci Allah,Tidur Pada 3 (Tiga) Waktu Ini. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel