Bagaimana Ucapan Makmum Ketika Imam Mengucap Sami'allahu Liman Hamidah?.


 
Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat). 
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Dari Bab Shalat yang diambil dari Kitab "Sifat Shalat Nabi SAW".
Dalam materi kali ini, akan diuraikan terkait dengan shalat, ketika Imam bangun dari ruku'.
 
Apakah makmum ikut mengucapkan sami'allahu liman hamidah ketika imam bangkit dari ruku' dan ia mengucap sami'allahu liman hamidah?. Atau makmum cukup mengucapkan "robbana walakal hamdu".  Mari ikuti penjelasan singkat di bawah ini : 

Ada hadits yang membicarakan tentang tersebut, hadits ini dari Abu Hurairah, dan Anas bin Malik, mereka berdua mengatakan bahwa Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam, bersabda :
إذا قام الإمام من الركوع يقول سمع الله لمن حميده ، قل روبانا لكال حمدو.
"Jika Imam bangkit dari ruku' ia mengucapkan sami'allahu liman hamidah, katakan robbana lakal hamdu". (HR. Bukhari no. 689, dan Muslim no. 411). 
Kalau memaknai hadits di atas, bahwa jika imam mengucap sami'allahu liman hamidah, maka makmum diperintahkan untuk mengucapkan robbana walakal hamdu. 
 
Namun dari hadits di atas, terdapat ihtilaf (perbedaan) pendapat dari para ulama.  Sebagaimana dijelaskan dengan panjang. Berikut adalah perkataan dari Imam Nawawi, terkait dengan hadits di atas.  
 
Imam Nawawi mengatakan menurut mazdhab Syafi'i penjelasan di atas diulas lebih detail, kapan imam mengucapkan sami'allahu liman hamidah, yaitu ketika bangun dari ruku' dan mengangkat kedua tangan. Jika badan sudah lurus atau sempurna baru mengucapkan robbana walakal hamdu. (Dan menurut mazdhab Syafi'i, kedua ucapan tersebut berlaku (bagi imam, makmum, bahkan seseorang yang shalat munfarid/sendirian sekalipun). 
Maka menurut  mazdhab Syafi'i makmum juga agar ikut mengucap sami'allahu liman hamidah.  
Nah inilah perbedaan dari hadits di atas, bahwa ucapan sami'allahu liman hamidah hanya diucapkan oleh imam, sedangkan robbana walakal hamdu, hanya makmumlah yang mengucapkannya. Yaitu (HR. Bukhari no. 689 dan Muslim no. 411) 
Tentu ini berbeda menurut mazdhab Syafi'i ucapan sami'allahu liman hamidah dan robbana walakal hamdu berlaku untuk imam, makmum, bahkan seseorang yang shalat sendiri. 

Menurut Atha, Abu Burdah, Muhammad bin Sirin, Ishaq dan Daud, sepakat dengan perkataan Imam Nawawi yang mencuplik dari mazdhab Syafi'i bahwa ucapan sami'allahu liman hamidah tidak hanya diucapkan oleh imam saja tetapi makmum juga mengucapkan sami'allahu liman hamidah bahkan seseorang yang shalat sendiri pun sama.

Lain halnya dengan Imam Abu Hanifah beliau berpendapat bahwa bacaan sami'allahu liman hamidah, hanya berlaku untuk imam saja dan orang yang shalat sendiri (munfarid). Sedangkan bagi makmum dianjurkan hanya untuk mengucapkan robbana lakal hamdu. Demikian pula pendapat Ibnul Mundzir dari Ibnu Mas'ud dan Abu Hurairah, Asy Sya'bi, Malik dan Ahmad menyatakan demikian (aku berpendapat). Pendapat ini sesuai (HR. Bukhari no.689 dan Muslim no. 411). 
 
Namun Imam An-Nawawi tetap berpendirian bahwa ucapan sami'aalhu liman hamidah, selain diucapkan oleh imam, makmumpun juga mengucapkan sami'allahu liman hamidah dan orang yang shalat sendiri (munfarid). Hal ini dia berpegang teguh dengan madzhab Syafi'i sesuai pendapat beliau. 
 
Pada dasarnya makmum juga diperbolehkan untuk mengucapkan sami'allahu liman hamidah. Tidak hanya imam saja yang mengucapkannya. Tetapi kenapa sebagian besar makmum mengucapkan robbana walakal hamdu, karena didasari dengan hadits (HR. Buhkari 689 dan Muslim 411) yang didalamnya terdapat kalimat jika imam membaca sami'allahu liman hamidah maka makmum diperintahkan untuk mengucapkan robbana walakal hamdu.  
 
Kesimpulan bahwa bacaan sami'allahu liman hamidah, boleh dibaca oleh imam, makmum, dan orang yang shalat sendiri (munfarid). Wallahu 'alam Bishawab.
 
Demikian uraian singkat materi "Babagaimana Ucapan Makmum Ketika Imam Mengucapkan Sami'allahu Liman Hamidah?. Semoga bermanfaat dan menjadikan wawasan kita bertambah, agar dapat menerima perbedaan yang bukan inti dalam ibadah mahdhoh tersebut. Aamiin.

0 Response to "Bagaimana Ucapan Makmum Ketika Imam Mengucap Sami'allahu Liman Hamidah?. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel