Perbanyak Istighfar Di Bulan Rajab Yang Penuh Berkah.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting mu'amalah)
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridaha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, berharap meraih kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Banyak amalan yang dapat dilakukan oleh kaum muslimin pada bulan Rajab untuk mendapatkan berkah serta curahan rahmat-Nya. Amalan yang dapat kita lakukan diantaranya adalah; mengerjakan puasa sunnah di awal bulan, istighfar, sedekah, dzikir, dan shalawat. 
 
Bulan Rajab tahun 1444 H. jatuh pada hari Senin, 23 Januari 2023 M, ( 1 Rajab 1444 H). Bulan Rajab adalah termasuk bulan haram (suci) hal ini diterangkan dalam hadits yang berbunyi sebagai berikut : 
 الزَّمَانُ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ، ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِى بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ
"Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada 12 bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut, yatiu, Dzulqo'dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi) adalah Rajab yang terletak antara Jumadil Akhir dan Sya'ban" (HR. Bukhari no.3197 dan Muslim no. 1679).  

Dari hadits di atas maka sudah dapat kita tangkap bahwa bulan Rajab adalah salah satu dari empat bulan yang dinyatakan bulan suci, maka jangan sampai kita sia-siakan.
Saat ini kita sudah berada di bulan Rajab tepatnya sedang kita jalani bulan Rajab ini. Saat mulai tangga 1 Rajab hingga akhir Rajab kita dianjurkan memperbanyak amalan. Salah satunnya adalah memperbanyak membaca istitighfar. 
 
Memperbanyak istighfar memang dianjurkan kapan saja, namun salah satu kekhususan di bulan Rajab adalah dikarenakan bulan rajab disebut bulan Istighfar. (Bulan memperbanyak istighfar).  Jika di bulan-bulan lain kita hanya membaca istighfar 27 kali misalnya, dan hanya seminggu sekali misalnya, maka di bulan Rajab hendaklah ada peningkatan minimal 70 kali dan dilakukan setiap hari. 
 
Di dalam kitab Kanzun Najah was Surur Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds menyebutkan kalam para ulama tetang anjuran memperbanyak istighfar sebagai salah satu keutamaan bulan Rajab. Sebagaimana cuplikan di bawah ini : 
قال العلماء: شهر رجب شهر الاستغفر ، وشعبان شهر الصلاة على النبي ، ورمضان شهر القرآن.
"Para ulama berkata : "Bulan Rojab adalah bulan istighfar, Sya'ban adalah bulan Shalawat kepada Rasulullah, dan Ramadhan adalah bulan Qur'an"   
 
Istihgfar artinya adalah memohon ampunan, jadi memperbanyak istighfar maksudnya adalah memperbanyak memohon ampunan atas dosa-dosa kita kepada Allah.  Dengan demikian selama bulan Rajab sebagai bulan istighfar kita memperbanyak memohon ampunan kepada Allah lebih banyak, dari bulan-bulan lainnya. 
 
Lalu readksi istighfar yang bagaimanakah yang harus kita baca selama bulan Rajab. Ada beberapa redaksi istighfar yang dianjurkan dibaca dengan banyak selama bulan rajab, salah satunya adalah istighfar yang bersumber dari kalam Sayyidina Wahab bin Munabbih yaitu seorang tabi'in terkemuka. 

Di dalam kitab Kanzun Najah was Surur Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Quds menyebutkan kalam Sayyidina bin Munabbih sebagai berikut : 
 من استغفر الله في شهر رجب صباحاً ومساءً برفع يديه وهو يقرأ روبيغرلي ورحمني ووطب علايا سبعين مرة ، فلن تمس نار جهنم جلده
"Siapa saj yang mohon ampun kepada Allah pada bulan Rajab, pagidan sore hari dengan mengangkat dua tangannya sambil membaca Robbighfirli warhamni, watub allaya sebanyak 70 kali, maka api neraka tidak akan menyentuh kulitnya".
Dan inilah salah satu redaksi  istigffar yang dianjurkan dibaca dengan banyak selama bulan rajab yaitu :
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ   
Robbighfirli warhamnii watub 'alayya
"Wahai Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, dan terimalah taubatku".  Dibaca sebanyak 70 kali selama bulan Rajab pagi dan sore hari. Yakni 70 kali di pagi hari, boleh setealah shalat subuh, atau dhuha dan 70 kali sore hari boleh dibaca setelah shalat ashar. 
 
Dan siapa yang sanggup merutinkannya, kelak tubuhnya atau jasadnya tidak akan tersentuh api neraka selamat tak terbakar api neraka. Istighfar memang amalan penghapus dosa, siapa yang mengamalkannya akan mendapat ampunan Allah.  Dan siapa yang telah mendapat ampunan Allah, tentu akan selamat dari ancaman siksa di dalam neraka. 
 
Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Abu Dawud, dari Sayyidina Abdullah bin Mas'ud, bahwa Rasulullah pernah bersabda :
 من يقرأ الاستغفر استغفر الله ، اللدزي لا إله إلا هوال هايول قيومو وأتوبو إليه ، ستغفر خطاياه رغم هروبه من ساحة المعركة.
"Barangsiapa yang membaca istighfar Astaghfirullah, alladzi laa ilaaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih, maka diampuni dosa-dosanya meski pernah lari dari medan peperangan" 
 
Oleh sebab itu mari selama bulan Rajab kita perbanyak membaca istighfar, agar kelak kita selamat dari siksa api neraka, selamat terbakar hangus oleh panasnya siksa api neraka. Diantaranya dengan banyak-banyak membaca istighfar ini sebanyak 70 kali di pagi hari dan sore hari selama bulan Rajab.
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَتُبْ عَلَيَّ   
Robbighfirli warhamnii watub 'alayya
"Wahai Tuhanku ampunilah aku, kasihanilah aku, dan terimalah taubatku" 
Wallahu'alam Bishawab.  Kita mohon kekuatan dan perlindungan untuk dapat mengamalkan dengan istiqamah setiap hari selama dalam bulan Rajab ini. Aamiin. 
Demikian uraian singkat materi "Perbanyak Istighfar Di Bulan Rajab Yang Penuh Berkah". Semoga bermanfaat dan segera kita diamalkan dengn istiqamah. Aamiin.

0 Response to "Perbanyak Istighfar Di Bulan Rajab Yang Penuh Berkah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel