Keistimewaan Ayat Kursi Saat Diturunkan, 70 ribu Malaikat Mengiringi Jibril AS.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Al-Qur'an)
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, mudah-mudahan mendapat kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Ketika ayat Kursi hendak diturunkan oleh Allah ke bumi, dan disampaikan kepada Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wasallam, ayat ini dibawa oleh malaikat Jibril serta diirngi oleh 70 ribu malaikat. Saat itu langit dan bumi serta seluruh alam semesta beserta isinya menyambut dengan penuh kehormatan. 

Muhammad bin Al-Hanafiyah telah meriwayatkan : bahwasanya ketika ayat Kursi tersebut diturunkan, seluruh berhala yang ada di bumi ini, berjatuhan dan para malikat dengan serta merta bersujud untuk mengiringinya.
Mahkota-mahkota para pembesar yang ada di bumi saling berjatuhan, para penguasa menjatuhkan/menundukkan wajah-wajah mereka ke bumi, dan para setan berlarian saling bertabrakan, kepanasan dan merasa sangat ketakutan. Begitu luar biasa ayat Kursi ini. Maka tidak heran kalau ayat Kursi ini memiliki banyak keutamaan. 

Nah apa saja keutamaan-keutamaan ayat Kursi tersebut?. Mari ikuti penjesalan di bawah ini, ada 17  jenis keutamaan dari ayat Kursi itu :  
  1. Ayat Kursi merupakan ayat yang paling agung dalam al-qur'an. Dari Abu Dzar Radiyallahu anhu, bahwasanya ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW : "Wahai Rasulullah, (ayat) apakah yang paling agung yang diturunkan kepada anda?. Beliau menjawab : Ayat Kursi ; Allahu laa illaha illa huwal hayyul Qayyum"  (HR. An-Nasa'i) . Dan keagungan yang dimiliki ayat Kursi adlah melebihi langit dan bumi.  Amalan Rasulullah SAW sebelum tidur adalah dengan membaca ayat Kursi. 
  2. Ayat Kursi adalah merupakan ayat yang paling diberkahai.  Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : "Ayat Kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat Kursi" (HR. Imam Abu Hamid bin Muhammad Al-Gozhali). 
  3. Ayat Kursi merupakan penghulu Al-Quran. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :  "Segala sesuatu pasati ada yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Qura, yaitu surat Al-Baqarah. Dan di dalam surat Al-Baqarah ada ayat yaitu penghulu ayat-ayat al-qur'an yaitu Ayat Kursi" 
  4. Ayat Kursi merupakan ayat yang paling utama dan mulia. Dimana ayat tersebut memilki isi kandungan yang sangat mengagumkan yang ditunjukannya dengan diturunkannya ayat ini, dengan pengawal beribu-ribu malaikat. Dan ketika seseorang membaca ayat kursi ini, maka para malaikat akan datang dan memberikan hormat kepadanya. 
  5. Ayat Kursi merupakan ayat pembuka bagi segala kesusahan. Dimana ketika Rasulullah SAW tidak pernah berhenti brdzikir dengan ayat kursi, maka banyak kemenangan yang telah dicapai dalam peperangan serta telah banyak sekali pintu-pintu kemudahan telah dibukakan oleh Allah SWT bagi Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda : "Barang siapa yang belajar membaca ayat kursi dan tahu hak-haknya, Allah akan membuka 8 pintu syurga untuknya, masuk pintu syurga yang mana saja dipersilahkan"   
  6. Dalam tauhid Uluhiyah, Ubudiyah dan Rububiyah, ayat Kursi merupakan ayat untuk menyucikan Allah. Dan bagi merreka yang mengamalkannya/membacanya, maka Allah akan menyucikan mereka. Rasulullah SAW pernah bersabda : "Demi Zat yang jiwaku ada dalam genggaman-Nya, sesungguhnya ayat Kursi ini mempunyai 1 lidah dan 2 bibir. Para malaikat yang menjaga Arsy senantiasa menyucikannya" (HR. Tirmidzi) 
  7. Bagi mereka yang gemar membaca ayat Kursi dengan artinya, beserta memperdalam ilmu tauhid, akan terhindar dari perbuatan syirik/musyrik. Mengapa? karena di dalam ayat Kursi terdapat kalimat tauhid "Laa illaaha illaa Huwa". Orang-orang yang memiliki tauhid yang baik, maka baginya adalah jaminan masuk syurga. Sabda Rasulullah SAW : Sesungguhnya Allah berfirman "Kalimat Laa illaaha illallah adalam perlindungan-Ku, barang siap yang masuk dalam perlindungan-Ku dia akan selamat dari siksa-Ku" 
  8. Sebabai pertolongan bagi umat Muslim. Dengan mengamalkan atau membaca ayat kursi seudah shlat wajib atau shlat sunnah, maka Allah akan datang untuk mmberikan pertolongan ketika seseorang sedang dalam kesulitan, yaitu dengan menghilangkan kesulitan tersebut. Selain itu Allah SWT juga akan melindungi serta membebaskan mereka yang mengamalkan ayat kursi tersebut dari segala yang hal yang tidak mereka inginkan seperti serangan ilmu hitam dan ancaman dari orang-orang yang hendak berbuat kriminal. 
  9. Sebagai perlindungan bagi Hamba-hamba-Nya.  Allah SWT menjanjikan perlindungan serta pengamanan bagi mereka yang membaca ayat kursi, sehingga merreka dapat dapat terhindar dari segala bentu kejahatan, terutama gangguan yang berasal dari jin dan setan seprti proses rukyah dengan membaca ayat kursi. Rasulullah SAW bersabda : "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (mau tidur) di malam hari, bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi". (HR. Al-Bukhari) 
  10. Ayat kursi banyak memberikan manfaat. Seperti dalam hal pengobatan dan bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda : "Barang siapa yang membaca ayat kursi ketika melakukan pengobatan bekam, maka manfaatnya sangat besar 2 kali dibandingkan bekam biasa tanpa dibacakan ayat kursi"
  11. Menghapus keburukan. Dengan mengamalkan ayat kursi maka segala macam keburukan akan terhapus, dan para malaikat akan diutus oleh Allah SWT untuk mencatata segala kebaikannya serta menghapus semua keburukanya hingga esok harinya. 
  12. Mereka yang selalu membaca ayat kursi akan dapat membentengi dirinya sendiri. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwasanya Allah SWT berfirman : "Laa ilaaha illallah adalah benteng-Ku. Barang siapa yang membacanya, dia masuk ke dalam benteng-Ku. Dan barang siapa yang masuk dalam benteng-Ku maka dia akan aman dari siksa-Ku". 
  13.  Penuh dengan Karomah. Allah juga akan melimpahkan karomah bagi mereka yang membaca ayat kursi, yang dengan karomah tersebut maka akan terangkat derajatnya, dan banyhak orang yang akan mengagumi. 
  14. Akan selalu berfikir secara logis dalam hal agama. Bagi mereka yang rutin membaca ayat kursi, Allah telah menjanjikan bahwa mereka akan dapt melihat segala sesuatu dimana kebanyakan orang tidak dapat melihatnya. Dengan kata lain mereka yang mengamalkan/atau rutin membaca ayat kursi, akan dapat memahami gejala-gejala alam yang orang lain tidak ketahui. Jadi dengan begitu ayat kursi mampu menjadi dasar pegangan Hukum Islam di dalam ma'rifatullah, sehingga bagi mereka yang banyak membacanya akan dapat memahami kejadian-kejadian di luar logika manusia. 
  15. Terdapat Nama-nama Allah. Di dalam ayat kursi terkandung nama-nama Allah yang tidak termuat dalam ayat al-qur'an yang lainnya dan merupakan representasi atas seluruh nama-Nya yang lain. 
  16. Memdahkan sekarutul maut. Dengan mengamalkan/membaca ayat kursi denga istiqamah, maka Allah akan menghadirkan sesuatu yang diinginkan yang sebelumnya tidak ada menjadi ada. Dan Allah akan memudahkan sakarutl maut bagi mereka yang selalu membacanya. 
  17. Tedapat Ismul Azhom. Dai dalam ayat kursi terkandung Izmul Azham yang pabila diamalkan, maka Allah SWT akan menmgabulkan doanya serta memberikan apa yangia minta. Dengan begitu maka ayat kursi merupakan senjata yang ampuh dalam memenuhi kebutuhan maupun hajat lainnya.  Ket. Ismul Adzom adalah (Nama Allah yang Agung). Maka ketika seseorang berdoa dengan mengawalinya menggunakan nama-nama Allah yang Agung maka Allah akan segera mengabulkannya. 
Demikian uraian singkat materi "Keistimewaan Ayat Kursi Saat Diturunkan, 70 ribu Malaikat Mengiringi Jibril AS." . Semoga bermanfaat dan menambah khzanah ilmu dalam pengamalan Islam secara kaafah. Aamiin. 

0 Response to " Keistimewaan Ayat Kursi Saat Diturunkan, 70 ribu Malaikat Mengiringi Jibril AS. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel