Ada Enam Akibat Buruk Dari Berbuat Zina "Tiga Di Dunia Dan Tiga Di Akhirat".

Zina Membuat Murka Allah Dan Sebab Turunnya Adzab

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk mengharap kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Dahsyatnya dampak perbuatan zina, menjadi miskin berkepanjangan, hingga pendek umur. 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala tidak menyukai jika hamba-Nya melakukan hal keji misalnya salah satunya adalah zina.  
Perbuatan tersebut memang seharusnya dihindari oleh setiap manusia, terlebih bagi umat Islam, agar terhindar dari teguran Allah Ta'ala. 
Diketahui bahwa perbuatan zina adalah haram, bahkah dimasukkan dalam katagori "Al-Kabair" (kelompok dosa besar) yang paling besar setelah dosa syirik dan membunuh. 

Nama atau kata lain dari Zina, dalam terminologi bahasa Arab artinya "Al-Fujur", yaitu perbuatan keji, asusila hingga perbuatan tidak bermoral lainnya.
Menurut istilah syar'i, para Fuqoha (ahli fiqih), mendefinisikan bahwa zina adalah perbuatan seorang laki-laki yang menjima' (menggauli) perempuan dan begitu pula sebaliknya, yang belum halal (dinikahi). 
Allah secara tegas mengingatkan kepada kita untuk menjauhi perbuatan tersebut. 
Sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya di dalam Al-Quran sebagai berikut : 
وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا
"Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji, dan sesuatu jalan yang uruk" (QS, Al Isra'/17 : 32) 

Lebih lanjut, perbuatan zina akan mengalami dampak buruk yang dahsyat, baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini juga diungkapkan dalam Kitap Fiqih Cinta, oleh Abul Azis Ahmad, yang mengungkap dampak buruk perbuatan zina itu. 
Nah apasajakah dampak buruk perbuatan zina itu?.Mari ikuti uraian lengkapnya di bawah ini :

Berkata al-Khara'ithy ; "Bercerita kepada kami Ali bin Daud al-Qanthari, bercerita kepada kami Sa'id bin Ufair, bercerita kepada kami Maslamah bin Ali Khasyani, dari Abi Abd, Rahman, dari al-A'masy dari Syaqiq dari Huzaifah bin Yaman RA, ; bahwa Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Hai kaum Muslimin, waspadalah terhadap zina. Karena pada zina ada enam akibat. "Tiga di dunia dan tiga di Akhirat". 

Dampak Zina Di Dunia Seperti : 
1. Hilangnya Keelokkan. 
2. Miskin yang berkepanjngan dan 
3. Pendek Umur. 

Sedangkan akibat di Akhairat adalah : 
1. Mendatangkan Murka Allah Ta'ala. 
2. Perhitungan (hisab) amal semuanya menjadi buruk. 
3. Dan dimasukkan ke dalam neraka. Naudzubillah!

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut : 
1. Menhilangkan keindahan wajah
Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa dosa berzina dapat menghilangkan keindahan wajah. Setelah berzina seseorang bisa saja masih kelihatan cantik dengan make up yang menghiasai wajahnya. Namun cahaya kecantikannya tidak dipancarkan oleh Sang Maha Pengasih. Sebagaimana Allah telah firmankan dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
وَالَّذِينَ كَسَبُوا السَّيِّئَاتِ جَزَاءُ سَيِّئَةٍ بِمِثْلِهَا وَتَرْهَقُهُمْ ذِلَّةٌ مَا لَهُمْ مِنَ اللَّهِ مِنْ عَاصِمٍ كَأَنَّمَا أُغْشِيَتْ وُجُوهُهُمْ قِطَعًا مِنَ اللَّيْلِ مُظْلِمًا أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
"Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan (mendapat) balasan yang setimpal, dan mereka ditutupi kehinaan. Tidak ada bagi mereka seorang (pelindung)-pun dari (azab) Allah, seakan-akan muka mereka ditutupi dengan kepingan-kepingan malam yang gelap gulita. Mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya" (QS, Yunus/10 :27)  

2. Memutuskan Rezeki. 
Banyak contoh kehidupan sosial yang menunjukkan balasan ini. Misalnya saja seorang pria yang tadinya mapan dan berjuang bersama istri, kini ia harus hidup melarat dan sendiri, akibat berselingkuh dengan wanita lain. Dan ini adalah salah satu bentuk zina setelah menikah yang sangat berbahaya bagi rumah tangga. 

3. Membuat Murka Yang Maha Pemurah. 
Berzina juga dapat mendatangkan murka Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Perbuatan yang termasuk keji, zina, mengundang kemurkaan Allah, dan menyebabkan diturunkan adzab-Nya. 
Dahulu terjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam. 
Kemudian beliau setelah shalat gerhana, bersabda : " Wahai umat Muhammad! Demi Allah, tidak ada seorang-pun yang lebih cemburu dibandingkan Allah saat hamba (budak) laki-lakinya atau hamba perempuannya berzina. 

Wahai umat Muhammad! demi Allah, seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan banyak menangis dan sedikit tertawa!. Ketahuilah sudahkah aku menyampaikannya?!" 

4. Kekal Di Neraka. 
Ini adalah ancaman bagi mereka yang melakukan zina, namun santai dan tak pernah bertaubat semasa hidupnya. Seolah mereka merasa akan kekal hidup di dunia, dan selesai ketika sudah mati / meninggal dunia. Padahal semua perbuatan sudah disiapkan balasannya. 
Dan Allah sudah mempersiapkan tempat yakni neraka dan kekal didalamnya bagi para pelaku zina. Sangat mengerikan bukan?. 
Demikianlah yang diriwayatkan oleh al-Karaithi\y, Baihaqi, dan Abu Nuaim. Wallahu 'alam Bishawwab. 

Sekian uraian singkat materi " Ada Enam Akibat Buruk Dari Berbuat Zina "Tiga Di Dunia Dan Tiga di Akhirat". Demikian semoga dari materi ini dapat menjadikan kita selalu takut akan ancaman Allah dari yang dilarang-Nya. 

0 Response to "Ada Enam Akibat Buruk Dari Berbuat Zina "Tiga Di Dunia Dan Tiga Di Akhirat"."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel