11 Nama Ini Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur'an.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan menyadarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

11 ORANG YANG DIPASTIKAN MASUK NERAKA. 

Sebagai orang yang beriman kita meyakini bahwa kehidupan di dunia ini adalah kehidupan yang sementara, dan akhiratlah tempat terakhir manusia akan singgah. Di akhirat kelak, manusia akan dihadapkan hanya dua pilihan sesuai dengan amal perbuatannya, yakni surga atau neraka.

Di dalam kitab-Nya (Al-Qur'an) Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberitahukan kepada umat manusia bahwa ada sekelompok golongan orang yang sudah pasti masuk ke dalam neraka. Dan ini difirmankan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala itu, tatkala sekelompok manusia yang dikatakannya akan masuk neraka tersebut, masih hidup di dunia.  

Golongan manusia tersebut masuk dalam neraka, karena atas perbuatan hina dan keji yang telah mereka lakukan di dunia ini. Lalu siapakah golongan manusia tersebut?. Ikutilah penjelasannya dengan penuh perhatian, untuk kita renungi bersama : 

Inilah 11 Orang Yang Dipastikan Masuk Neraka Menurut Al-Qur'an. 

1. Fir'aun. 
Raja kota Mesir yang mengaku sebagai Tuhan. Karena kekuasaannya dan kekayaannya yang sangat besar, raja Mesir ini terkenal sangat kejam, bahkan mengaku dirinya adalah Tuhan. Secara mentah-mentah dirinya menolak ajaran dan dakwah yang dibawa oleh Nabi Musa AS,.
Cerita tentang Fir'aun dijelasakan dengan sangat jelas dan gamblang di dalam Al-Qur'an. 
Mulai dari ketika ia memerintahkan untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir, mengadopsi Musa yang akhirnya menjadi musuh besar Nabi Musa, saat sang Nabi sudah mendapat wahyu dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Akibat ulah ksaombongannya itulah, Fir'aun ditenggelamkan di laut Merah bersama pengikutnya. Jasadnya kemudian masih utuh dan dijadikan sebagai pelajaran bagi umat manusia, bahwa siapapun yang menentang Allah pasti akan menerima adzab-Nya. 
Bahkan tak sampai disitu, Al-Qur'an menjelaskan kelak Fir'aun akan menjadi salah satu dari banyak penghuni abadi di nerakan. (Qur'an Surat Al-Ghafir : 46) (Al-Mu'min : 46)
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ
"Kepada mereke ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada Malaikat); Masukannlah Fir'aun beserta kaumnya, ke dalam azab yang sangat keras". (QS, Al-Gafir/40 : 46). 

2. Qabil Putra Nabi Adam AS.
Dia adalah pembunuh pertama dalam sejarah umat manusia, dirinya tega membunuh saudara kembarnya sendiri 'Habil' . Alasan dirinya membunuh saudaranya sendiri adalah persoalan perebut pasangan yang lebih cantik. Nanum ketika ia disuruh untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dengan syarat qurban untuk dapat mendapatkan sang pujaan, Qabil malah memberi hasil tani yang paling terburuk. Sementara hasil tani yang yang terbaik ia simpan dan tidak diberikan untuk berqurban. Hal itu membuat hasil qurban Qabil tidak diterima.  Sehingga membuatnya iri hati kepada saudaranya yaitu 'Habil', lalu ia membunuhnya. 
Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, setiap dosa pembunuh, dosanya akan ditanggung oleh Qabil karena ia pertama kali mencontohkan perbuatan keji tersebut. Hal ini juga dikuatkan dalam firman-Nya di dalam Al-Qur'an pada (Surat Al-Maa-idah/5 dari ayat 27-32).

3. Qorun Di Zaman Nabi Musa AS, 
Qarun adalah orang yang terkaya di zaman Nabi Musa AS. Harta Qarun atau Karun, dan jika kita mendengar kata ini pasti terbenak di angan-angan atau pikiran kita, suatu harta dalam peti yang terpendam dalam perut bumi.  Istilah ini memang terlahir dari cerita yang bermula dari kisah seorang kaya raya di zaman Nabi Musa AS. 
Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Qarun diceritakan adalah sepupu nabi Musa AS, yang sebelum taat beribadah, tetepi hidupnya sangat memprihatinkan (miskin). 

Lalu kepada Nabi Musa ia meminta agar menjadi orang yang berkecukupan hartan dan lainnya. Do'a tersebut terkabul, Qarun menjadi hartawan yang sangat kaya. Dinama dikisahkan untuk membawa kunci kamar/tempat hartanya saja membutuhkan 70 orang dengan mengendarai unta. Namun kekayaannya itulah yang membuatnya gelap mata dan menjadi budak dunia.  Qarun lupa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan terus menyombongkan diri atas kekayaan hartanya. 

Sering diperingatkan oleh Musa AS agar Qarun mau membagikan/menafkahkan sebagian hartanya untuk fakir miskin dan yang membutuhkannya. Namun Qarun tetap sombong dalam pendiriannya seakan harta itu adalah hasil karyanya sendiri tanpa campur tangan Allah SWT. Sehingga Nabi Musa AS, berdoa kepada Allah agar seluruh harta Qarun diambil kembali. Namun Qarun tetap tidak bergeming dengan doanya Musa AS. tersebut.  

Bahkan ia tidak segan menentang Musa AS untuk mendoakan kebinasaan hartanya. Saat itulah adzab Allah Subhanahu Wa Ta'ala datang, dan ia beserta hartanya ditenggelamkan ke dalam perut bumi dan Qarun disebut akan menjadi penghuni neraka, hal ini sesuai firman-Nya dalam Al-QAur'an sebagai berikut : 
وَقَارُونَ وَفِرْعَوْنَ وَهَامَانَ وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مُوسَى بِالْبَيِّنَاتِ فَاسْتَكْبَرُوا فِي الأرْضِ وَمَا كَانُوا سَابِقِينَ
"Dan Qarun, Fir'aun dan Haaman. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka ; 'Musa dengan (membawa bukti-bukti) keterangan-keterangan yang nyata. Akan tetapi mereka berlaku sombong di (muka) bumi, dan tidaklah mereka orang-orang yang luput (dari kehancuran itu)" [QS. Al-Ankabut/29 : 39)

Dilanjutkan pada ayat berikutnya bahwa Allah akan mengazab mereka semua, sesuai dengan firman-Nya : 
فَكُلا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الأرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ
"Maka masing-masing (mereka itu), Kami siksa (adzab) disebabkan dosanya, maka diantara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil, dan diantara mereka ditimpakan dengan suara keras yang mengguntur, dan diantara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan diantra mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri" (QS, Al-Ankabut/29 : 40)  

4. Abu Lahab Dan Ummu Jamil (Dua Orang Suami Istri)  
Abu Lahab dan Ummu Jamil adalah paman dan bibi Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam. Jadi paman yang paling mulia, tak lantas membuat seorang Abu Lahab menjadi pribadi yang baik. Bahkan sebaliknya dirinya menjadi penentang utama dalam setiap dakwah yang dilakukan oleh keponakannya itu, semua daya dan upaya, bahkan dilakukan olehnya untuk menghambat dan menghentikan kegiatan dakwahya Nabi Muhammad SAW, serta tak segan-segan iapun tega mencelakai beliau, 

Tak sendiri iapun mengajak istrinya Ummu Jamil untuk turut serta melakukan sejumlah aksi. Perempuan tersebut sengaja menaruh kayu dan tumbuhan berduri di jalan yang biasa dilewati Rasulullah SAW agar beliau celaka. 
Sosok istrinya juga terkenal sebagai seorang wanita yang gemar mengadu domba, sehingga sangat cocok disandingkan dengan Abu Lahab yang sangat buruk akhlaknya atau kelakukannya.  Akhir hayatnya  Abu Lahab meninggal dengan sangat buruk, ia mati terlantar, dan sekujur tubuhnya dipenuhi dengan bisul dan tak ada seorang-pun yang mengurus jenazahnya.  

Nama Abu Lahab dan istrinya secara khusus diabadikan dalam Al-Qur'an pada Surat Al-Lahab. Keduanya disebutkan dengan jelas sebagai orang yang celaka dan akan masuk ke dalam neraka. Saat ayat tersebut turun, Abu Lahab dan Istrinya masih hidup hingga beberapa tahun kemudian keduanya meninggal. 

Nah selain dari lima nama di atas, masih ada beberapa nama lagi secara terang dan gamblang di sebutkan di dalam Al-Qur'an akan masuk ke dalam neraka. Mereka adalah ; Haman (tangan kanan Fir'aun), Kan'an (putra Nabi Nuh), Namrud (musuh Nabi Ibrahim AS), Istri Nabi Lut AS, dan Istri Nabi Nuh AS, serta  Azar (Ayah nabi Ibrahim AS). Mereka semua dipastikan terkena adzab neraka karena kelakuan buruk mereka selama di dunia.

Nah itulah 11 nama orang yang dipastikan masuk neraka berdasarkan Firman Allah di dalam Al-Qur'an. 

Demikian uraian singkat " 11 Nama Ini Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur'an". Semoga kisah ini menjadikan bahan renungan untuk kita selalu mentaati segala apa yang Allah perintahkan dan tetapkan. Aamiin. 

0 Response to "11 Nama Ini Pasti Masuk Neraka Menurut Al-Qur'an. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel