Contoh Shalat Nabi SAW Posisi Tangan Ketika Sujud.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Sholat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala kativitas di dunia ini, berharap mendapat kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Shalat yang benar, baik bacaan, gerakan, dan segala yang kita kerjakan haruslah mencontoh baginda Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam, sebagaimana sabda beliau dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.
صَلُّوا كَمَا رَأَيْتُمُونِى أُصَلِّى  "Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat" (HR. Bukhari). 

Langsung sesuai judul, bagaimana contoh Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam ketika beliau sedang sujud yang berkaitan dengan kedua tanngannya. 
Mari kita tinjau hadits-hadits di bawah ini yang menerangkan tentang tangan Nabi SAW ketika sedang sujud. 

Dari Ibnu Buhainah, ia berkata : 
أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا صَلَّى فَرَّجَ بَيْنَ يَدَيْهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ إِبْطَيْهِ  "Aku melihat Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam ketika shalat beliau merenggangkan lengan tangannya (ketika sujud) hingga nampak putih ketiak beliau" (HR. Bukhari no. 390 dan Muslim no. 495). 
Keterangan : 
  • Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan dua adab awal ketika sujud ini, dengan mengatakan "Hendaknya yang sujud meletakkan kedua telapak tangan di lantai dan mengankat kedua sikunya dari lantai. Hendaklah lengannya dijauhkan dari sisi tubuhnya sehingga nampak bagian dalam ketiaknya yang putih ketika ia tidak berpakaian tertutup (seperti memakai kain selempang saja ketika berihram saat haji atau umrah. Inilah cara sujud yang disepakati oleh para ulama. Jika ada yang tidak melakukannya maka dapat dihukumi shalatnya jelek, naum masih sah. 
  • pen) jadi bagi orang yang memakai pakaian biasa, gamis dll. tentu tidak akan terlihat ketiak bagian dalam)
Dari Al Bara' bin Azib, ia berkata Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam bersabda  :  
 إِذَا سَجَدْتَ فَضَعْ كَفَّيْكَ وَارْفَعْ مِرْفَقَيْكَ  "Jika engkau sujud letakkanlah kedua telapak tangan dan angkatlah kedua sikumu"  (HR. Muslim) 

Dari Wail bin Hujr ia berkata : 
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ « إِذَا سَجَدَ ضَمَّ أَصَابِعَهُ  "Ketika sujud Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam merapatkan jari jemarinya". (HR. Hakim dalam Mustardro'nya 1 :350. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shoheh sesuai syarat Muslim dan disetujui oleh Imam Adz Dzahabi). 
Ada tiga tuntunan yang diajarkan dalam hadits-hadits di atas. 

1. Meletakkan kedua telapak tangan di lantai sebab telapak tangan tersebut merupakan anggota sujud yang musti diletakkan sebagaimana telah diterangkan dalam sifat shalat Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam. 

2.Saat sujud jari jemari tangan dirapatkan.
Contoh di bawah ini :
 Ilustarasi Telapak Tangan (jari-jemari)

Seperti gambar di samping contoh yang dipraktekan Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam. (Ini Aplikasi dari hadits HR Hakim no 350)

Telapak jari-jemari yang (benar)



3. Disunahkan menjauhkan kedua lengan dari dari samping tubuh ketika sujud. 
Ilustrasi Lengan kedua Tangan.
Inilah yang dicontohkan Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam ketika sujud, kedua lengan diangkat atu dijauhkan dari tubuh. (Benar) 
Lengan mesti diangkat tidak menempel dengan lantai. Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam memerintahkan untuk mengangkatnya dan tidak menempelkan kedua lengan ketika sedang sujud. 

Ilustrasi penempatan lengan tangan yang salah
Inilah dalil yang menyatakan larangan meletakkan kedua lengan di lantai ketika sujud : 
اعْتَدِلُوا فِى السُّجُودِ ، وَلاَ يَبْسُطْ أَحَدُكُمْ ذِرَاعَيْهِ انْبِسَاطَ الْكَلْبِ "Bersikaplah pertengahan ketika sujud. Janganlah diantara kalian menempelkan lengannya di lantai seperti anjing yang yang membentangkan lengannya saat duduk. (HR. Bukhari no. 822dan Muslim no. 493) 
Gambar di atas posisi yang salah, sengaja kami beri contohnya karena masih banyak yang melakukannya apa karena belum tahu atau karena malas. (sebaiknya lakukan dengan hal yang benar sebagaimana contoh dalam ilustrasi gambar yang benar) 

Ilustrasi telapak kaki yang benar 

disamping adalah gambar contoh posisi kedua telapak kaki yang benar, ketika sujud dalam shalat. 
Apa hikmah yang didapat dari gerakan atau posisi yang dicontohkan di atas ketika sujud?. Imam Nawawi rahimahullah, berkata :
"Hikmah cara seperti yang dicontohkan di atas, adalah cara untuk mendekatkan pada sifat tawadhu' ". Cara sujud seperti contoh di atas itulah akan menjauhkan diri dari sifat malas. Perlu diketahui sujud dengan menempelkan kedua lengan di lantai itu menyerupai anjing yang membentangkan lengannya. Keadaan seperti itu pula pertanda orang tersebut meremehkan shalat dan kurang perhatian terhadap shalatnya. Wallahu 'alam Bishawwab. 

Demikian uraian singkat materi "Contoh Shalat Nabi SAW Posisi Tangan Ketika Sujud". Demikian semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk mengamalkan ibadah mahdhoh atau ghoiru mahdhoh. Aamiin.  

0 Response to "Contoh Shalat Nabi SAW Posisi Tangan Ketika Sujud."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel