3 Manfaat Besar Kirim (Tawassul) Surat Al-Fatihah Untuk Diri Sendiri.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, berharap mendapatkan kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akirat kelak. Amiin...

Sebelum mengulas bagaimana cara kirim (tawassul), kami ingin menerangkan apa arti tawassul itu?. Sebab masih banyak pembaca yang bertanya tetang makna tawassul tersebut. Tawassul adalah mendekatkan diri dengan suatu perantara (wasilah) atau menjadikan sesuatu yang menurut Allah Subhanahu Wa Ta'ala mempunyai nilai, derajat dan kedudukan yang tinggi, untuk dijadikan sebagai perantaraan (wasilah) agar doa dapat dikabulkan. Kata Mutawasil adalah bentuk plurar dari kata wasil. Itulah pengertian "tawassul".

Surah Al-Fatihah merupakan surah pembuka di dalam Al-Qur'an yang di dalamnya terkandung makna yang sangat mendalam. Terdapat pesan-pesan luhur yang diantaranya perintah untuk berbuat baik serta selalu mengikuti petunjuk-Nya, sebagaimana orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh-Nya. Surah Al-Fatihah ini termasuk golongan surah Makkiyah, sebab diturunkan di Mekkah, yang teridir dari 7 ayat. 

Kita tentu sudah tidak asing lagi bahwa surah Al-Fatihah ini untuk dikirimkan (tawassul) kepada orang lain, dan lazim dilakukan adalah kepada orang yang sudah meninggal. Tetapi bukan berarti kepada yang masih hidup tidak bisa kita kirimkan. Kepada yang masih hidup-pun dapat dikirimi bacaan surah Al-Fatihah ini. Yang tentu akan menjadi tambahan pahala bagi yang membacanya atau menjadikan doa bagi yang dikirimi Al-Fatihah tersebut.

Tetapi kita terkadang malah melupakan untuk mengirim (tawassul) al-fatihah ini untuk diri sendiri. Apakah hal ini pernah dicontohkan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam, kalau pernah berarti termasuk sunnah Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam.  Dijelaskan bahwa tawassul menggunakan surah Al-Fatihah untuk diri sendiri adalah sesuatu yang disunnahkan. Kalau sunnah berarti pernah diamalkan Rasulullah Shalallahu 'Alahi Wasallam dan para sahabat. Ini memiliki dalil yang jelas dan kuat dalam hukum. 

Setidaknya terdapat tiga dalil yang dikemukakan oleh Darul Ifta Yordania mengapa hukum menghadiahkan Al-Fatihah untuk diri sendiri adalah bagian dari sunnah. 
1. Surat Al-Fatihah mengandung sifat-sifat Allah. 
 أن التوسل بالقرآن الكريم هو توسل بصفة من صفات الله تعالى، والتوسل بصفات الله عز وجل مشروع باتفاق العلماء
Berwassul atau  membaca ayat-ayat Al-Qur'an untuk tujuan tertentu merupakan bentuk tawassul dengan sifat-sifat Allah. Dan tawassul dengan sifat Allah suatu yang disunnahkan secara syariat menurut para ulama. 
Ibnu Qoyim dalam kitab Madarijus Sholikhin (Juz 1 halaman 82-89) beliau mengatakan bahwa bukan hanya satu, tetepi seluruh sifat-sifat Allah terhimpun dalam surat Al-Fatihah. 
Lafadz yang mengandung sifat uluhiyah adalah Allah, yang mengandung rubbubiyah adalah Rabb, dan yang mengandung sifat kebaikan adalah ar-Rahman.

2.Boleh Mengkhususkan Fatihah Sebagai Do'a.
واختيار سورة الفاتحة خاصة له وجه مقبول شرعا؛ وذلك لأنها أم الكتاب، وتجتمع فيها جميع معاني القرآن العظيم
"Mengkhusus surat Al-Fatihah (sebagai doa) memiliki dalil syar'i yang kuat. Sebab Al-Fatihah adalah induk Al-Qur'an, dan di dalamnya terkumpul semua makna Al-Qur'an".

Hal ini pernah dipraktekan oleh Ibnul Qayyim ketika sakit dan membaca Al-Fatihah sebagai doa untuk kesembuhan penyakitnya. Beliau bercerita sebagai berikut : 
"Aku pernah menginap di Mekkah beberapa saat, lalu aku jatuh sakit aku tidak mendapatkan satu dokterpun di sana, maka aku mencoba mengobati diriku sendiri dengan membaca surat Al-Fatihah, dan aku dapati perubahan yang sangat menakjubkan. Sejak saat itu aku sering memberikan saran kepada orang-orang yang mengeluh akan penyakitnya untuk membaca Al-Fatihah, dan kebanyakan dari mereka mendapatkan kesembuhan dengan cepat"  

3. Sama Seperti Bertawassul Dengan Amal Sholeh. 
 أن التوسل بتلاوة الفاتحة توسل بعمل صالح، وهو أيضا مشروع باتفاق العلماء
Bertawassul dengan surat Al Fatihah bisa digolongkan sebagai bentuk tawassul dengan amal sholeh, dan dan ini disunnahkan menurut semua ulama.
Salah satu contoh tawassul dengan dengan amal sholeh adalah kisah yang disampaikan Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari jalur Abu Abdurrahman, dari Abdullah bin Umar tentang tiga orang yang tertutup di dalm goa.  Mereka diselamatkan oleh Allah setelah ketiganya memohon kepada-Nya dengan tawassul menyebutkan amal sholeh mereke masing-masing yang pernah dilakukannya pada saat yang lain. 

Tawassul dengan membaca surat Al-Fatihah, termasuk salah satu amalan shaleh yang yang dapat digunakan untuk meminta apapun kepada Allah, sebagaimana ketiga pemuda yang terkurung dalam goa. Maka para jumhur ulama menyatakan bahwa tawassul dengan surat Al-Fatihah adalah sah hukumnya. 

Dari keterangan di atas sudah jelas bahwa tawassul denga surat Al-Fatihah adalah termasuk sunnah yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam. 

Sesuai dengan judul artikel ini, lalu apa saja ketiga Manfaat besarnya bagi yang mengamalkan tawassul Al-Fatihah untuk diri sendiri. Ikuti penjelasan di bawah ini :  
  • Sebagai Ruqyah Diri.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dijelaskan bahwa serombongan sahabat Nabi SAW sedang dalam perjalanan, sampai pada suatu desa, tiba-tiba ada seorang asing, yang memanggilnya untuk minta pertolongan mengobati pimpinan mereka (desa mereka) yang baru saja digigit kala jengking.  Lantas salah seorang dari sahabat Nabi SAW membacakan Surat Al-Fatihah kepada yang terkena gigitan kala jengking tersebut, kemudian sembuh seketika, racunnya seakan-akan dapat dinetralisir. Lalu rombongan diberi hadiah seekor kambing yang sangat besar dan gemuk sebagai ucapan terima kasih. 
Peristiwa ini diceritakan kepada Nabi, dengan kejadian yang telah dialaminya yaitu mengobati orang yang terkena gigitan kalajeng itu dengan bacaan Surat Al-Fatihah, dikarenakan perbuatan itu keliru dan tidak diperbolehkannya. Lantas Rasuullah bersabda : "Bagaiman kalian tahu bahwa Surat Al-Fatihah adalah penyembuh? (Ruqyah).

Maka artinya dalam kisah diatas, jika kita niat kepada Allah SWT untuk menhadiahkan Al-Fatihah untu diri sendiri, in-sya Allah segama penyakit fisik maupun penyakit hati dalam diri kita bisa disembhukan  juga. 

  • Dimudahkan Segala Hajat.
Sebagai manusia kita tentu mempunyai banyak hajat dan harapan, baik itu dalm pekerjaan, jodoh, rezeki, kesehatan dan hal yang lainnya.
Nah disini untu mempermudah hajat kita diterima, menghadiahkan surat Al-Fatihah kepada diri sendiri sebelu beraktivitas, in-sya Allah akan dimudahkan segala hal apa yang kita kerjakan pada hari itu, sehingga Rahmat yang Allah berikan dapat sampai pada kita.

  • Dilindungi Dari Syetan. 
Di saat kita beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali macam-macam godaan dan serang terhadap diri kita, entah itu dari kawan atu orang yang tidak suka kepada kita, yang mana jika iman kita lemah, kita akan mudah terjerumus dalam godaan dan serangan tersebut.  Oleh sebab itu menghadiahkan Surat Al-Fatihah untuk diri sendiri, sebelum beraktivitas, in-sya Allah akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala macam godaan dan serangan yang akan mencelakakan bagi kita. Dan tentu banyak hal keutamaan-keutamaan lainnya. 

Nah Bagimana Cara Mengamalkannya? Simak dengan teliti jangan sampai salah. 
Cara mengamalkannya ialah setiap pagi setelah bangun tidur dan belum beraktivitas, duduklah sejenak, kemudian menempelkan tangan kanan pada dada kiri (diperkirakan pada Jantung), lalu ucapkan "Assalamu'alaikum wahai ruh yang ada dalam tubuhku". 

Kemudian niatkan ya Allah aku hadiahkan surat Al-Fatihah ini untuk diriku sendiri, untuk lahir dan batinku. Jagalah hamba-Mu ini, lindungilah hamba-Mu ini, jadikanlah hamba sebagai penjemput rezeki-Mu yang berkah dan berlimpah seperti air yang mengalir tiada henti. Aamiin. 
Lalu baca surat Al-Fatihah, dan setalahnya ucapkan Alhamdulillah.
Amalkan secara istiqamah setiap hari, in-sya Allah keluarga dan hati kita senantiasa akan terasa damai.   

Demikian uraian singkat materi " 3 Manfaat Besar Kirim (Tawassul) Surat Al-Fatihah Untuk Diri Sendiri". Semoga bermanfaat dan segera amalkan setalah membaca materi ini, jika memang belum mengamalkan-nya. 

0 Response to "3 Manfaat Besar Kirim (Tawassul) Surat Al-Fatihah Untuk Diri Sendiri."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel