30 Firman Allah Dalam Al-Qur'an Yang Menenangkan Hati.

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)
 
Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, berharap mendaptkan kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...
 
Sebagai muslim yang taat, sudah seharusnya mejalankan seluruh perintah dan menjauhi lalu meninggalkan semua yang dilarang-Nya. 
Khusunya umat Islam telah diberi pedoman sebuah kitab suci Al-Qur'an dan Hadits sebagai kompas untuk mengarungi hidup di dunia hingga akhirat, agar selamat dan tidak tersesat. 
 
Di dalam Al-Qur'an dipenuhi arahan dan firman-firman Allah yang sangat bijak yang tentunya dapat menuntun kita menjadi seorang muslim yang taat.  Dan sebagai seorang muslim yang beriman, tentunya diharapkan selalu bijak dalam menghadapi sebuah masalah atau ujian yang diberikan oleh Allah SWT. 
 
Ada kalanya kita merasa terpuruk atau lelah dalam menghadapi masalah yang bertubi-tubi. Namun menyerah bukanlah sebuah opsi/pilihan. Bangkit dari dari keterpurukan dan terus berjuang adalah hal yang harus dilakukan. Dengan terus berpegang teguh di jalan Allah yang bewrpegang teguh kepada Al-Qur'an dan Hadits, Dia (Allah) akan menjanjikanmu di tempat yang terindah di surga kelak. 
Untuk membuatmu lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT kita dapat membaca firman-firman Allah yang bermakna kata-kaata bijak dalam Al-Qur'an. 
 
Berikut adalah 30 firman Allah yang bermakna kata-kata bijak yang dapat menenangkan hati. 
 
1. "Hai orang-orang yang beriman mintalah petolongan kepada Allah, dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar"  (QS, Al-Baqarah/2 : 153).
 
2. "Jangan kamu meras lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman" (QS, Ali Imran/3 : 139) 
 
3. "Tiap-tiap yang berjiwa/hidup pasti akan merasakan mati" (QS,Ali Imran/3 : 185).
 
4. "Dinamana saja kamu berada, kematian kematian akan mendatangimu, kendatipun kamu berada dalam benteng yang tinggi dan kokoh" (QS, An-Nisa/4 : 78)  
 
5. "Dan barang sipa berbuat kesalahan atau dosa, kemudian di tuduhkan kepada orang yang tidak bersalah, maka sungguh dia telah memukul suatu kebohongan dan dosa yang nyata" (QS, Anisa'/4 :112). 
 
6. "Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka " (QS, An-Nisa'/4 :120). 
  
7. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main atau senda gurau belaka. Dan sesungguhnya kampung akhirat itu lebih bagi orang-oarang yang bertaqwa. Maka tidaklah kamu memahaminya?" (QS, Al-An'am/6 : 32).
 
8. "Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di muka bumi setelah diciptakan dengan baik". (QS, Al-An'am /6 : 56).
 
9. "Dan jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia maha mendengar lagi maha mengetahui" (QS, Al-'Araf/7 : 200).  

10. "Bagi Manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya dihadpan dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah" (QS, Ar-Rad/13 : 11)
 
11. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yan ada pada diri mereka sendiri" (QS, Ar-Rad/13 : 11) 
 
12. "Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (QS, An-Nahl/16 : 97).
 
13. "Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya berupa susu yang bersih" (QS, An-Nahl/16 : 66)
 
 
14. "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu apapun, dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan dan hati agar kamu bersyukur" (QS, An-Nahl/16 : 78)
 
 
15. "Sungguh setan itu tidak ada kekuasaannya atas orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan" (QS, An-Nahl/16 : 99).
 
16. "Jangan kamu mengatakan terhadap sesuatu 'aku pasti melakukan itu besok pagi' kecuali dengan mengatakan in-sya Allah. Ingatlah kepada Tuhanmu apabila kamu lupa dan katakan; mudah-mudahan Tuhanku memberi petunjuk agar aku lebih dekat pada kebenaran". (QS, Al-Kahfi/18 : 23-24). 
 
17. "Andaikan kebenaran itu mengikuti hawa nafsu mereka, pasti binasalah langit dan bumi ini" (QS, Al-Mukminun/23 : 71). 
 
18. "Dan engkau akan melihat gunung-gunung yang engakau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan". (QS, An Naml/27 : 88).
 
19. "Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikutpun. Sesusungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzolim" (QS, Al-Qashas/28 : 50)
 
20 "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri aklhirat dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi" (QS, Al Qashas/28 : 77). 
 
21. "Apakah manusia mengira bahwa dibiarkan (saja) mengatakan, 'kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS, Al-'Ankabut/29 : 2)
 
22. "Telah tampak kerusakan di darat dn di laut disebabkan karena ulah tangan manusia" (QS, Ar-Rum/30 : 41)
 
23. "Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan) pada hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah". (QS, Al, Ahzab/33 : 21).
 
24. "Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia" (QS, Fussilat/41 : 34).
 
25. "Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu" (QS, Al-Hadid/57 : 20).
26. "Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu dan tidak pula terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai terhadap orang yang sombong dan membanggakan diri" (QS, Al Hadid/57 : 23). 
 
27. "Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendak setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk esok hari (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS, Al Hasyr/59 : 18)
28. "Kamu sekali-kali tidak akan melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang adakah kamu liat sesuatu yang tidak seimbang?" (QS, Al-Mulk/67 : 3)

29. Hai orang yang berselimut !.Bangunlah lalu beri peringatan !.Dan Agungkanlah Tuhanmu ! Bersihkan pakaianmu dan tinggalkan perbuatan dosa". (QS, Al Muddatsir/74 : 1-5). 

30. "Dan adapun orang-orang yang takut pada kebesaran Tuhannya dan memahami diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal mereka". (QS, An-Naziat/79 : 40-41). 
 
Itulah ke-30 ayat di atas, dari Al-Qur'an yang dapat menenangkan hati manusia, namakala kita dapat menghayati dan meresapi makna yang dikandungnya. Wallahu'alam Bishawab.  

Demikian uiraian singkat materi "30 Firman Allah Dalam Al-Qur'an Yang Menenangkan Hati". Semoga bermanfaat, mudah-mudahan kita selalu mendapat bimbingan, makna kandungan agama yang membawa kedamaian. Aamiin. 

0 Response to "30 Firman Allah Dalam Al-Qur'an Yang Menenangkan Hati."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel