25 Kata-Kata Motivasi Hidup, Yang Bersumber Dari Al-Qur'an Dan Hadits



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, berharap mendapat kebahagiaan dan menyandarkan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Kata-kata motivasi yang bersumber dari Al-Qur'an, Hadits serta para tokoh ulama terdahulu ini, diharapkan dapat memberikan pikiran tetap optimis dalam mengarungi kehidupan di dunia ini  yang penuh dengan ujian dan cobaan. 

Dengan hati yang jernih, marilah kita cermati, hayati, dan renungkan dari dalam hati yang paling terdalam, sehingga apa yang kita baca di bawah ini, setidaknya dapat memberi kedamaian dalam hidup ini. 
  1. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan batang pohon, melainkan menguji kekuatan akarnya. 
  2. Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan kemudahan dalam urusannya. (QS, At-Thalaq :4) 
  3. Allah tidak melihat buruk rupa dan harta benda kalian, tetapi Dia melihat hati dan amal kalian. (Sabda Nabi SAW)
  4. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa kerasnya kehidupanmu. (Ali Abi Thalib) 
  5. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir pada semua urusan di dunia ini, sudah ditetapkan oleh Allah.  Jika semua ditakdirkan untuk menjauhi darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya. (Umar bin Khatab). 
  6. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kamu berusaha menangkapnya ia akan lari, tetapi kalau kamu membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al- Zauziyyah) 
  7. Kerjakan urusan duniamu seakan akan kamu akan hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok. 
  8. Manfaatkan lima hal sebelum datang yang lima hal. Masa mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, dan masa hidupmu sebelum masa matimu. (Al-Hadits)
  9. Hiduplah seperti pohon yang lebat buahnya tumbuh ditepi jalan, dilempari orang dengan batu, tetapi dibalasnya dengan buah. (Abubakar Siddiq)
  10. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali bin Abi Thalib).
  11. Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya ada dari dalam. (Abu Hamid Al-Ghzali)
  12. Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia-pun yang lebih banyak dalam memberi kepadamu, dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah (Umar bin Khattab) 
  13. Apapun yang terjadi dalam harimu yakinlah bahwa semuanya adalah kehendak dan rencana Allah untuk kebahagianmu. 
  14. Jangan risaukan apa yang tidak kita miliki, tapi risaukan hati saat tak bersungguh-sungguh mensyukuiri setiap pemberian-Nya. 
  15. Sesungguhnya Allah sangat membenci kepada setiap orang yang pandai dalam urusan dunia, namun dodoh dalam hal urusan akhirat. 
  16. Berbuat baik tidak perlu banyak orang yang tahu, yang terpenting banyak orang yang terkena dampak kebaikkannya. 
  17. Dunia ini hanya memiliki tiga hari ; Hari kemaren; 'ia telah pergi bersama dengan semua kenangan yang menyertainya. Hari esok ; kamu mungkin tak akan pernah menemuinya, dan hari hari ini ; itulah yang kamu miliki, maka beramalah di hari ini. (Hasan al-Bashri)
  18. Manusia yang berakal adalah manusia yang suka menerima dan meminta nasehat. (Umar bin Khatab). 
  19. Alasan yang paling benar, kita hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas ke-Esaan Allah SWT. (Buya Hamka) 
  20. Bersyukur atas keterbatasan yang kamu miliki, akan memberimu kesempatan untuk memperbaiki diri. 
  21. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui". (QS, Al-Ankabut : 64)
  22. Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang tidur. Dia merasa kesenangan yang ada di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan. (Hasan al-Bashri)
  23. Ketahuilah bahwa rasa syukur adalah tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan, (khauf) dan keterpisahan dari dunia. (Imam Al-Ghazali)
  24. "Dan jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat)-Ku maka sesungguhnya adzab-Ku sangatlah pedih". (QS, Ibrahim : 7). 
  25. Apabila sesuatu yang kau senangi tidak dapat kau miliki, maka senangilah apa yang telah terjadi. 
Demikian uraian singkat materi "25 Kata-kata Motivasi Hidup Yang Bersumber dari Al-Qur'an Dan Hadits". Semoga bermanfaat, dan mengantar semangat hidup di jalan Allah. Aamiin.

0 Response to " 25 Kata-Kata Motivasi Hidup, Yang Bersumber Dari Al-Qur'an Dan Hadits"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel