8 Makna Dibalik Gerakan-Gerakan Shalat.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat). 

Pembaca budiman, bimbingan dan Ridha-Nya semoga selelu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya Di Akhirat kelak. Aamiin...

Shalat adalah salah satu tiang agama dalam Islam, maka untuk itu wajib hukumnya untuk setiap muslim yang sudah Mumayyis/baligh untuk mengamalkannya dengan istiqamah dan disertai ketulusan hati dari sanubari yang terdalam. 

Makna dibalik gerakan-gerakan shalat, mesti kita ketahui agar dalam mengamalkannya tidak hanya sekedar menjadi pekerjaan rutinitas saja, namun juga akan memiliki arti dalam kehidupan sehari-hari yang pada akhirnya dapat menolong dan memberikan tuntunan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini, hingga akhirat kelak. 

Shalat yang dilakukan dengan benar sesuai dengan syarat dan rukunnya, apalagi mengetahui dari seluruh makna di balik gerakan-gerakan shalat, akan membuat shalat yang kita lakukan dijalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh dengan penyerahan diri, semata hanya karena Allah SWT. 
Syeikh Imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitab Tanqihul Qaul, Al-Hadits fi Syarhi Lubbabil Hadits, telah menerangkan makna di balik gerakan-gerakan shalat sebagai berikut : 

1. Makna mengangkat tangan ketika takbir khususnya takbiratul Ihram.
Takbir adalah menunjukkan seorang hamba itu seakan-akan tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan dan kemaksiatan. Oleh sebab itu ia mengangkat kedua tangannya seolah ia mengatakan "Wahai Tuhanku, angkatlah kedua tanganku, sungguh aku sedang tenggelam dalam lautan kesalahan-kesalahan dan kemaksiatan yang telah lari dari-Mu dan ingin menuju-Mu". 

2. Bacaan Al-Fatihah dan (Surah dari Al-qur'an). 
Bacaan Al-Fatihah adalah suatu teguran atau komunikasi seorang hamba dengan Tuhan-Nya. Dikarenakan di dalam Al-Fatihah terdapat makna yang tersirat yaitu komunikasi antara hamba dengan robb-Nya semisal, pujian kepada Tuhan semesata alam, mohon agar selalu dipinpin ke jalan yang lurus sebagaimana orang-orang yang telah diberi petunjuk, dan mohon agar jangan disesatkan sebagaimana orang yang telah Allah sesatkan. 

3. Manka Gerakan Ruku'.
Makna gerakan Ruku', adalah seakan-akan seorang yang sedang melaksanakan shalat itu, mengatakan "Akulah hamba-Mu, dan sungguh aku telah menghamparkan tanganku kepada-Mu" 

4. Makna Beridir Dari Ruku'. 
Adapun makna berdiri dari ruku' yang disertai dengan mengucapkan robbana lakal hamdu  Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, adalah suatu permohonan kepada Allah SWT, agar dibebaskan dari segala dosa. Dan Allah seakan-akan berfirman "Sungguh aku telah membebaskanmu dari segala dosa". 

5. Makna Sujud Pertama.
Sujud pertama yang diletakkan dahi di atas tanah, adalah seakan-akan seorang hamba itu berkata : "Dai tanahlah Engkau menciptakanku" Lalu makna mengangkat kepala dari sujud yang pertama adalah seolah-olah ia mngatakan "Darinya tanah (Engkau) mengeluarakanku. 

6. Makna Sujud Yang Kedua. 
Sujud yang kedua adalah seakan-akan ia mengatakan : "Dan didalamnya Engkau akan mengembalikanku (dikubur di dalam tanah ketika meninggal dunia)".  

7. Makna Bangun Dari Sujud Kedua. 
Makna Bangun sujud kedaua adalah sesakn-akan ia mengatakan "Dan darinya (tanah) Engkau mengeluarkanku lagi. (dibangkitkan di hari kiamat untuk dihisab)" 

8. Makna Mengucapkan Salam. 
Makna mengucapkan salam "Ya Allah berikanlah aku catatan amalkutangan kananku dan janganlah Engkau memberikan catatan amalku dengan tangan kiriku" 

Demikianlah makna di balik gerakan-gerakan shalat menurut Imam An-Nawawi Al-Bantani di dalam kitabnya. Dimana setiap gerakan-gerakan shalat yang kita lakuka mengandung unsur harapan dan do kepada Allah SWT. Oleh karena itu hendaknya kita melakukan shalat dengan menghayati dan khusu' tidak terburu-buru. Wallahu'alam bishowab.  

Demikian uraian singkat dari materi "8 Makna Dibalik Gerakan-gerakan Shalat". Semoga bermanfaat dan nejdai perhatian kita dengan baik lalu amalkan shalat dengan benar, dan ikhlas.

0 Response to "8 Makna Dibalik Gerakan-Gerakan Shalat. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel