Khutbah Jum'at : Amal Pilihan Utama, Di Akhir Bulan Shofar.

SHALAT JUM'AH
Khutbah I. 
اَلْحَمْدُ للهِ، اَلَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدىْ وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لآ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ 
Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah,
Mengawali khutbah hari ini, tiada ungkapan yang paling indah dan toyyibah keuali puji syukur kehadirat Ilahi Robbi, Allah SWT, dimana pada kesempatan yang mulia ini kita semua masih diberikan nikmat yang begitu besar, nikmat iman di dalam Islam, dan nikmat panjang umur, sehat wal afiat, sehingga dapat melaksankan salah satu perintah-Nya yaitu shalat Jum'ah di Masjid yang mulia ini. 
Shalawat serta salam marilah kita haturkan keharibaan Junjungan Nabi Agung Muhammad SAW, para keluarga, sahabatnya, tabi'in tabiut-tabi'in, dan kepada kita semua, yang hingga saat ini, bahkan detik ini, masih istiqamah mengamalkan risalahnya, semoga akan mendapatkan syafa'atnya di yaumil akhir kelak. Aamiin. 

Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah,
Sekarang kita sudah berada di penghujung bulan Shafar, yakni kita sama-sama tahu dari makna shafar adalah kosong. Oleh karenanya sudah semestinya bulan shafar ini tidak dilewatkan begitu saja dengan kekosongan, namun sebaliknya kita isi dengan amal shaleh sebanyak-banyaknya. 

Mari di akhir bulan Shafar ini kita isi dengan amalan-amalan yang mempunyai pahal berlipat ganda, sebagaimana sabda Rasulullah SAW : 
عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَلِّبِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم، فِيْمَا يَرْوِي عَنْ رَبِّهِ ، تَبَارَكَ وَتَعَالَى، قَالَ: إِنَّ اللهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ، ثُمَّ بَيَّنَ ذلِكَ. فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَها اللهُ تَبَارَكَ وتَعَالى عِنْدَهُ حَسَنَةً  كامِلَةً، وَإِنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللهُ عَشْرَ حَسَناتٍ إِلى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلى أَضعَافٍ كَثيرةٍ. وَإِنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللهُ تَعَالَى عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلةً، وَإنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللهُ سَيِّئَةً وَاحِدَة. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
"Diriwayatkan dari Abul 'Abas, yaitu Abdullah bin Abas bin Abdul Muthalib ra, dari Rasulullah SAW Bersabda : "Sungguh telah Allah memastikan banyak kebaikan dan keburukan, lalu beliau menjelaskannya. Maka siapa saja yang bertekad melakukan kebaikan, lalu ia tidak melakukannya, namun dekikian, begitu tetap Allah tabaraka wata'ala, pastikan satu kebaikan yang sempurna di sisi-Nya. 
Dan siapa saja yang bertekad melakukan satu kebaikan, lau ia melakukannya, maka Allah pastikan 10 kebajikan, sampai 700 kebaikan, hingga kebaikan yang banyak dan dilipat gandakan. 
Jika ia bertekad melakukan satu keburukan, lalut idak melakukannya, maka Allah Ta'ala pastikan satu kebaikan yang sempurna untuknya di sisi-Nya. 
Dan jika ia bertekad melakukan suatu keburukan tetapi tidak melakukannya, maka hanya Allah pastikan satu keburukan untuknya. (HR. Al-Bukhari dan MUslim). 

Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah,
Ada 3 point yang utama berkaitan dengan amal kebaikan yang pahala berlipat ganda di bulan shafar ini  1). Amal Kebaikan yang pahala 10 kali lipat, 2) Amal kebaikan yang pahalanya 70 kali lipat.  3) Amalan kebaikan yang pahalanya 700 kali lipat. 

Pertama : Amal kebaikan yang pahalanya 10 kali lipat. Menurut Imam An-Nawawi, atas dasar Rahmat Allah, setiap kebaikan itu pasti pahalanya dilipat gandakan sampai 10 kali. Maka Allah sudah menetapkan setiap amal kebaikan apapun pahalanya sudah dipastikan 10 kali lipat. Hal ini seiring dengan Firman-Nya. مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا  "Siapa saja yang datang dengan kebaikan maka ia mendapatkan pahala 10 kali lipatnya". (QS, Al-An'am : 16) . Hal ini juga dijelaskan oleh Syeikh Muhammad bin Abdillah Al-Jurnani, dalam kitabnya (Al-Jawahir Al-Lu'lu'iyah halaman 319) 

Kedua :  Amal kebaikan yang pahalanya 70 kali lipat diantaranya donasi untuk perjuangan Jihad fi Sabillah, dalam hal ini Nabi SAW, bersabda : مَنْ أَرْسَلَ نَفَقَةً فِي سَبِيلِ اللهِ وَأَقَامَ فِي بَيْتِهِ، فَلَهُ بِكُلِّ دِرْهَمٍ سَبْعُمِائَةِ دِرْهَمٍ  "Siapa saja yang mengirim donasi untuk perjuangan fi sabilillah, sementara ia sendiri hanya diam di rumah (tidak ikut berangkat berjuang), maka bagiya setiap satu dirham mendapatkan pahala 70 dirham" (HR. Ibnu Majah dan Mndziri) 

Dan amal kebaikan yang pahalanya 70 kali lipat ini bukan hanya donasi untuk perjuangan fi sabillah saja tetapi bersifat umum. Amal apa saja sesuai dengan tingkat keikhlasan kekhusu'an dan kemanfaatan bagi orang lain dan semisalnya. 

Demikian menurut penjelasan Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani, dalam kitabnya "Fatul Bari" Juz II halaman 326. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :  
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ، اَلْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ  "Setiap amal manusia dilipat gandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat. (HR. Imam Muslim). 

Ketiga : Amal kebaikan yang pahalanya sangat banyak lebih dari 700 kali lipat sampai tak terhingga. Diantgaranya adalah membaca dzikir tatkala masuk pasar. Barangkali kalau kita kontekskan pada saat ini adalah samacam mall dan yang semisal. Nabi Muhammad SAW bersabda : 
مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ : لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ، وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ؛ كَتَبَ اللهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ، وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ، وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ. رواه الحاكم
Siapa saja yang masuk ke pasar lalu membaca dzikir yang artinya "Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Baginya kerajaan dan baginya pujian. Allah zat yang menghidupkan dan yang membinasakan, Allah adalah zat yang Maha Hidup yang tidak akan pernah binasa, hanya ada pada  kekuasaan-Nya-lah kebaikan dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maka Allah pastikan bagi orang yang membacanya itu, sejuta kebaikan, Allah lebur darinya sejuta keburukan, dan Allah angkat baginya sejuta derajat. (HR. Al Hakim). 
Merujuk pada penelitian Al-Hafidz Al-Mundziri sanad hadits ini adalah hasan atau baik, sebagaimana dijelaskan dalam kitabnya At-Targhib wa Tarhib, juz II halaman 337

Hadirin Sidang Jum'ah Rahimakumullah, 
Pada kesimpulannya bahwa pada akhir bulan Shafar ini mari kita tingkatkan amal kebaikan, seiring begitu besarnya  kemurahan Allah kepada kita. Amal kebaikan pasti Allah lipatkan gandakan pahalanya. Minimal dari 7 kali lipat hingga sampai 700 kali lipat bahkan tak terhingga. 
Semoga khutbah yang singkat ini, bermanfat dan menjadi bekal peningkatan ketaqwaan bagi kita semua pada peutup bulan Shafar ini. Aamiin... ya robbal 'aalamiin. 
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ. وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3).
  بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ بِاْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ، إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah II. 

اَلحمْدُ للهِ حَمْدًا كما أَمَرَ، أَشْهدُ أَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، إِرْغامًا لِمَنْ جَحَدَ بِه وكَفَرَ، وأَشْهَدُ أَنَّ  سَيّدَنا محمَّدًا عَبدُهُ ورسُولُهُ سَيِّدُ الْإِنْسِ والْبَشَرِ. 
اللَّهمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ على سيِّدِنَا محمَّدٍ وآلِه وصَحْبِه مَا اتَّصَلَتْ عَينٌ بِنَظَرٍ وأُذُنٌ بِخَبَرٍ أَمَّا بَعْدُ

 فيَآ أَيُّهاالنّاسُ، اتَّقُوا اللهَ. اَللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ عَلَى سيِّدِنا محمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا محمَّدٍ 
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ والْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِناتِ، اَلْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ، بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. 
اَللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ وَالرِّبَا وَالزِّنَا والزَّلَازِلَ وَالْمِحَنَ وَسُوْءَ الْفِتَنِ مَا ظَهَرَ مِنْها وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً، وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ. 
رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 عِبادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَعَزَّ وَأَجَلَّ وَأَكْبَرُ

------------------------- " ----------------------------

0 Response to "Khutbah Jum'at : Amal Pilihan Utama, Di Akhir Bulan Shofar."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel