Surat Al-Waqi'ah Dan Manfaat Besar Bagi Yang Membacanya.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Al-Qur'an adalah kitab suci yang didalamnya adalah kalam (wahyu) Allah SWT. Secara utuh Alquran memilki jumalh surat yang cukup banyak yaitu terdiri dari 114 Surat, yang dibuka dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Naas. 
Kitab ini diperuntukkan sebagai petunjuk hidup kepada seluruh umat manusia. Hal ini Allah telah berfirman terkait dengan peryataannya di dalam Al-Quran itu sendiri sebagai berikut :  
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ  "Bulan Ramadhan bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan al-qur'an) sebagai petunjuk bagi manusia, dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)" (QS, Al-Baqarah : 185). 

Berkait dengan judul di atas, suat al-waqi'ah yang begitu besar manfaatnya bagi yang membacanya. Surat Al-Waqiah ini termasuk surat ke 56 terdiri dai 96 ayat, surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyah diturunkan setelah surat Thaa Haa. Surat ini di turunkan di Mekkah.
Pokok-pokok isinya adalah tentang keimanan dan gambaran tentang syurga dan neraka. 

Kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai apa sajakah fadhilah yang terkandung di dalam surat Al-Waqi'ah, bagi siapa saja yang membacanya secara istiqamah dan dengan keyakinan yang penuh bahwa segala sesuatu tak ada yang mustahil Bagi Allah SWT. Berikut fadhilah : 
  1. Fadhilah Dijauhkan Dari Kemiskinan. Apabila seseorang membiasakan diri membaca surat al-waqi'ah secra istiqamah sebanyak 1 kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat berarti di akhirat kelak dan akan dijauhkan dari kemiskinan untuk salam-lamanya. 
  2. Memperoleh Kekayaan Melimpah.  Apabila seseorang membaca surat Al-Waqi'ah ini sebanyak 14 kali setiap kali menunaikan shalat Ashar, maka orang tersebut akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang di dapat berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Rasulullah SAW bersabda : "Ajarkanlah surat Al-Waqi'ah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan". (HR.Ibnu Ady)
  3. Diberi Hajatnya Berhubung Dengan Rezeki. Apabila seseorang membaca Surat Al-Waqi'ah sebanyak 41 kali dalam satu majelis atau dengan kata lain sekali duduk, maka in-sya Allah akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki. 
  4. Perlindungan Dari Kemudaratan Dunia. Jika surat Al-Waqia'ah ini dibaca oleh wanita atau gadis, maka akan berguna untuk melindungi diri dari segala macam kemudaratan dunia sekaligus terhindar dari kemiskinan dan kesembuhan, sebab ini sesuai hadits ketika Rasullah SAW selalu membicarakan Abdullah yang sedang sakit parah.  
  5. Diberi Kesenangan dan Kemudahan. Barangsiapa membaca surat Al-Waqi'ah ini dan dijadikan sebagai wirid, maka orang tersebut akan memperoleh kesenangan dan kemudahan untuk selamanya dari Allah SWT. 
  6. Mendapat Sepuluh Pahala. Untuk seseorng yang membacakan setiap ayat dari surat Al-Waqi'ah,maka akan mendapat sepuluh pahala. Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam At-Tirmidzi. 
  7. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran. Barangsiap membaca surat Al-Waqi'ah setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpa kekafiran. Kekafiran adalah salah satu hal yang dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu membaca surat al-waqi'ah setiap hari in-sya Allah akan dijauhkan dari sifat kekafiran. Na'udzubillah. 
  8. Mendapatkan Ketenangan Jiwa dan Raga. Bagi Mereka yang membaca suarta Al-Waqi'ah walau tidak mengerti artinya, maka akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raganya. Imam Muhammad Al-Baqir, berkata : "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi'ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama. 
  9. Mengajarkan Tauhid. Dalam surat Al-Waqi'ah memang tidak tidak secara langsung menerangkan tentang kekayaan, rezeki dan semacamnya. Akan tetapi di dalam surat ini mengajarkan tentang tauhid,sehingga membuat kita percaya kepada Allah, dan membuat semakin kita yakin jika semuanya sudah diatur dengan baik oleh Allah, termasuk dalam urusan rezeki.  
Surat Al-Waqi'ah ini banyak dilansir oleh para ulama bahwa surat ini adalah merupakan surat Kekayaan. Dari pernyataan Abdullah bin Mas'ud yang mengatakan bahwa : Rasulullah SAW bersabda "Barangsipa yang membaca surat al-waqi'ah, ia tidak akan tertimpa kefaikiran selamanya." (Tafsir Nur Ats Tsaqalany  5/203). dan ada hadits lain yang berbunyi "Ajarkanalah surat al-waqi'ah pada istri-istrimu. 

Ada fadhilah lain yang sangat mulia dari membaca surat al-waqi'ah ini. Dikutip dari Imam Ja'far Ash Shadiq, ia berkata : "Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi'ah pada malam Jum'at ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran kebutuhan, dan penyakit dunia, surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukminin ra. yang bagi beliau memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain". (Tafsir Nur Ats Tsaqalany  5/203).

Terakhir, Mendapat Syafaat di Hari Kiamat. Bagi mereka yang membaca surat Al-Waqi'ah ini, maka akan mendapatkan syafa'at di hari kiamat, hal ini sesuai dengan sabda Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Muslim. "Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi'ah , dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah". (Taswabul A'mal hlm 117).  Wallahu'alam Bishawab.

Demikian uraian singkat materi "Surat Al-Waqi'ah Dan Manfaat Besar Bagi Yang Membacanya".  Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam pengamalan Agama Islam yang mulia ini. 

0 Response to "Surat Al-Waqi'ah Dan Manfaat Besar Bagi Yang Membacanya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel