Doa Orang Tua Akan Mengantarkan Kesuksesan Anak di Dunia Dan Akhirat.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Mari kita awali dengan berdoa kepada Allah SWT dengan doa "Allahuma  ya Allah, banyakkanlah harta yang berkah anugerahkan kepada anak-anak kami, menjadi anak yang sholeh dan sholehah dan berkahilah usia kami dengan senantiasa taat kepada-Mu sepanjang hidup kami. Ya Allah ampunilah kami semua, dan kabulkanlah segala doa kami". Aamiin

Sesuai judul di atas bahwa kesuksesan seorang anak adalah berkat doa kedua orang tua. Sebab ridha Allah juga adalah bagaimana ridha kedua orang tua itu sendiri, memberikan atas anaknya. Hal ini sesuai sabda Nabi SAW, : 
عَنْ عَبْدُ الله بن عَمْرٍو رضي الله عنهما قال قال رسولُ الله صلى الله عليه وسلم: رِضَى اللهُ فى رِضَى الوَالِدَيْنِ و سَخَطُ الله فى سَخَطُ الوَالِدَيْنِ ( اخرجه الترمذي وصححه ابن حبان والحاكم)
Dari 'Abdullah Ibnu Amar Al-'Ash radiyallahu anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Ridha Allah terletak pada ridha kedua orang tua, dan murka Allah terletak pada kemurkaan keduanya" (Riwayat At Tarmidzi)

Bahwa memang betul orang tua juga harus memberikan hal yang cukup, seperti memberikan pendidikan agama yang cukup, mencarikan pendidikan umum pada sekolah yang terbaik dan menyiapkan segala sesuatu untuk masa depan adalah sesuatu yang penting untuk selalu dilakukan oleh kita sebagai kedua oang tua, dan juga jangan beherti untuk selalu mendoakan anak-anaknya. 
Kita boleh mendoakan anak-anak kita sendiri dengan bahasa kita sendri. Misalnya : Ya Allah jadikanlah anak-anak kami jadi anak yang sholeh dan sholehah, cerdas dan hafal Al-Qur'an. Atau dengan redaksi yang lainnya intinya adalah selalu mendoakan anak kita. 
Disamping itu kita juga boleh mendokan kepada anak-anak kita dengan redaksi bahasa arab.

Berikut adalah contoh 4 doa dalam bahasa arab untuk mendoakan anak kita. Doa-doa ini boleh kita pilih dari salah satunya dan boleh dibaca semuanya untuk mendoakan anak kita. Boleh dibaca kapan saja dimana pun saja, akan tetapi ada yang lebih baik dan afdhal, yaitu ketika kita selesai menunaikan shalat fardhu yang 5 waktu. 

1. Doa untuk anak agar arajin shalat 5 waktu. (Doa nabi Ibrahim yang terdapt dalam Al-Quran Surah Ibrahim : 40). Sebagai berikut : 
 رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ  "Ya Robb-ku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Robb kami, perkenankan doa-ku" (QS, Ibrahim : 40). 
Dan diceritakan pula oleh Allah SWT ada orang-orang yang berkata (berdoa meminta agar Istri dan anak-anaknya menjadi cahaya serta penenang hati.  
 
2. Doa agar anak menjdi cahaya penenang hati. (Doa ini terdapat dalam Al-Qur'an Surah Al-Furqan ayat 74) sebagai berikut : 
 وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا  : Dan orang-orang yang berkata  "Ya Rabb kami anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang (anggota keluarga) yang bertaqwa" (QS, Al-Furqaan : 74)

3. Doa agar anak diberkahi dan pandai berbakti kepada kedua orang tua. Inilah doa yang kita bacakan : 
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ  "Ya Allah berkah untuk hamba, pada anak-anak hamba. Dan janganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rizeki, berupa bakti mereka" 

4. Doa agar anak menjadi anak yang sholeh, hafal al-qur'an dan diberkahi hidupnya. Inilah doa yang harus dibanya : 
اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ  "Ya Allah jadikanlah anak-anak kami yang sholeh sholehah orang-orang yang hafal al-qur'an dan orang-orang yang paham dalam agama, berkahilah kehidupan mereka di dunia dan akhirat"

Selain medoakan mereka dengan menggunakan bahasa arab, kitapun dapat mendoakan dengan membaca surat Al-Fatihah yakni kirim bacaan Al-Fatihah untuk mereka.

Caranya adalah sebagai berikut :  
Pertama jika punya anak minimal dua atau tiga kita doakan sekaligus bertawassul dengan surat Al-Fatihah dengan cara sebagai berikut.  

1. Mendoakan beberapa anak sekaligus, dengan kirim Surat Al-Fatihah : 
خاص الى ارواح في جسدي اولادنا  (khusus kepada arwah anak-anak kami di dalam jasadnya). Sebut nama anak satu persatu dengan lengkap mengunakan bin lalu berdoa " Ya Alah lindungilah anak-anak kami dan jadikanlah mereka anak-anak yang sholeh dan sholehah. Baru disambung dengan kalimat Al-Fatihah atau lahumul faatihah, atau bisa juga dengan Bisirril Faatihah. Lalu kita baca surat al faatihah satu kali untuk anak-anak kita". Ini adalah doa untuk beberapa anak dengan sekaligus satu kali bacaan.
Jadi sebenarnya kita berdoa kepada Allah, mendoakan anaka-anak kita dengan bertawssul keagungan surah Al-Fatihah.

2. Kirim Surat Al-Faatihah untuk anak laki-laki yang msih hidup. Bacaannya adalah sebagai berikut :  خُصُصُن على روحي وجاسادي بنينا  (Khusus atas ruuh di dalam jasad anak laki-laki). Lalu doakan dengan bacaan doa : "Ya Allah lindungilah anak laki-laki kami ini, dan jadikanlah ia menjadi anak yang sholeh. Lalu diteruskan dengan bacaan Al-Faatihah satu kali baca. 

3. Kirim surat Al-Faatihah untuk anak perempuan yang masih hidup. bacaanya adalah sebagai berikut : خُصُصُن على روحي وجاسادي بنتينا  (Khusus atas ruuh di dalam jasad anak perempuan) Lalu doakan dengan bacaan doa : "Ya Allah lindungilah anak perempuan kami ini, dan jadikanlah ia menjadi anak yang sholehah. Lalu diteruskan dengan bacaan Al-Faatihah satu kali baca.  Wallahu'alam Bishawab.

Demikian uraian singkat materi "Do'a Orang Tua Akan Mengantarkan Kesuksesan Anak di Dunia dan Akhirat. Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan untuk suksesnya putra dan putri kita di Dunia maupun Akhirat.

0 Response to " Doa Orang Tua Akan Mengantarkan Kesuksesan Anak di Dunia Dan Akhirat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel