Ketika Rasulullah SAW Shalat 5 Waktu, Inilah Surat-Surat Yang Dibacanya.

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Shalat)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin ...

Dari rukun Islam yang berjumlah lima, shalat adalah salah satu dari rukun tersebut. Shalat yang memiliki 5 waktu. Yaitu rukun Islam yang diwajibkan kepada seluruh umat Muslim untuk mengamalkannya. Perintah wajib ini, di jelaskan dalam firman-Nya yang terdapat dalam Al-Quran surat Al-Isra' ayat 78 sebagai berikut : 
 أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا  "Dirikanlah shalat, dari sesudah matahari tergelincir, sampai gelap malam dan (dirikan pula shalat) Fajar atau (Subuh). Sesungguhnya shalat subuh disaksikan (oleh Malaikat). (QS, Al-Isra' : 78) 

Shalat yang lima waktu adalah dimulai dari waktu Dzhur, Asyar, Maghrib, Isya, dan Subuh. 
Keterangan :
أَقِمِ الصَّلاةَ       :  Dirikanlah Shalat

لِدُلُوكِ الشَّمْسِ   : Ada dua waktu shalat.  
  1. Ketika matahari telah tergelincir di siang (tengah hari) dan bayangan sudah menggeser pada posisi titik 0derajat berada tepat pada garis miridian langit, (ini awal masuk waktu shalat Dzuhur).
  2. Ketika matahari di sore hari telah codong pada titik 51o derajat berada di garis meridian langit, ini sudah muncul banyangan apabila suatu benda diletakkan berdiri pada posisi terik matahari, maka bayangan ini sudah sama panjangnya dengan benda tersebut, (Ini adalah awal waktu masuk  shalat Ashar).   
Penjelasannya bahwa  لِدُلُوكِ الشَّمْسِ  mempunyai dua waktu shalat, sesuai penjelasan di atas.     
            
إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ  Ini Juga ada dua waktu shalat.
  1. Ketika matahari tenggelam di ufuk barat, pada posisi -01derajat berada di garis meridian langit, (ini awal masuk waktu shalat Maghrib). 
  2. Dan ketika mega merah sudah tidak terlihat lagi (ini awal masuk waktu shalat Isya). Dan habis waktu shalat Isa ketika fajar sodik muncul.  
وَقُرْآنَ الْفَجْرِ  Dan dirikanlah shalat fajar. 
Dan ketika sudah masuk waktu fajar sodik, (ini awal masuk waktu shalat Subuh). Dan waktu subuh habis, setelah matahari terbit. 
وَقُرْآنَ الْفَجْرِ Mempunyai satu waktu special yaitu waktu subuh saja. 
Mudah-mudahan penjelasan di atas dapat menjadi pengetahuan bagi kita semua. 

Marilah kita kembali ke judul diatas "Ketika Rasulullah SAW shalat 5 waktu inilah surat-surat yang dibacanya". Surat apa saja yang beliau baca ketika mendirikan shalat?. Mari ikuti penjelasan di bawah ini.

1. Shalat Zuhur. 
Rasulullah SAW ketika shalat Dzuhur, pada raka'at pertama beliau membaca Surat  Al-Buuruj.
Dan dalam raka'at yang kedua beliau membaca Surat Al-Lail.

2. Shalat Asar. 
Rasulullah SAW ketika shalat Asar pada raka'at pertama beliau membaca Surat  Al-Buruuj namun hanya dibaca sampai sekitar 15 ayat saja.  Dan dalam raka'at kedua beliau membaca Surat Al-Lail. . 

3. Shalat Maghrib. 
Rasulullah SAW ketika shalat Maghrib pada raka'at pertama bacaan beliau bervariasi kadang surat At-Thruur, Surat Al-'Araaf. 
Dan pada raka'at kedua beliau membaca Surat At-Tiin.

4. Shalat Isa.
Rasulullah SAW ketika shalat Isa pada raka'at pertama beliau membaca Surat At-Tiin. Kadang juga surat Al-Insyiqaq. 
Dan pada raka'at kedua beliau membaca Surat An-Nashr (idzaa jaa).

5. Shalat Subuh. 
Rasulullah SAW ketika shalat Subuh pada rakaat pertama, membaca surat yang berbeda-beda namun beliau sering membaca surat Al-Waqi'ah, atau Surat At-Taqwir. 
Dan pada raka'at kedua beliau membaca Surat Al-Zaljalah.

Dalam pesannya beliau bersabda : ketika shalat subuh jangan dibacakan surat-surat yang pendek baik dalam raka'at pertama, maupun pada raka'at kedua. Surat yang panjang, sangat dianjurkan. Ini sebagai sunnahku. 
Sebab Shalat Subuh adalah shalat yang paling istimewa dari shalat-shalat lainnya dalam 5 waktu.  Perintah shalat Subuh saja ter-istimewa  atau special, yang berdiri sendiri tidak seperti perintah shalat Zuhur dan Asar, atau Maghri dan Isa. Wallahu'alam Bishawab.

Demikian uraian singkat materi "Ketika Rasulullah SAW Shalat 5 Waktu, Inilah Surat-Surat Yang dibacanya". Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pengamalan ibadah dalam agama Islam yang mulia ini.

0 Response to "Ketika Rasulullah SAW Shalat 5 Waktu, Inilah Surat-Surat Yang Dibacanya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel