Tinggalkan 3 Kebiasaan Ini Yang Bisa Menimbulkan Penyakit.

Hati-Hati Jangan Banyak Bicara

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Agama Islam mengatur seluruh aspek kehidupan bagi penganutnya. Urusan kesehatan juga tak luput dari kajian agama yang dibawa oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam. Maka setiap amalan yang diperintahkan memiliki tujuan medis dalam rangka menjaga kesehatan manusia. 

Dan sebaliknya sesuatu yang dilarang-Nya, sebenarnya juga demi menjaga terhadap manusia itu sendiri. Jika larangan tersebut dikaji secara ilmiah dan medis, tampak ketika Allah SWt melarang manusia ini adalah bentuk kasih sayang-Nya. Agar manusia selalu menjaga diri dan tidak menyakiti tubuhnya sendiri. 

Namun manusia kerap mengabaikan hal-hal yang menjadi kebiasaan buruk yang dilarang agama. Padahal kalau disadari, bahwa penyakit bukan hanya fisik saja, kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilarang Allah juga akan munculnya penyakit hati, terleibh juga ancaman neraka. 

Sesuai judul di atas, lalu apa saja 3 kebiasaan-kebiasaan yang akan menimbulkan penyakit ?. Ikutilah penjelasan di bawah ini : 

1. Banyak Berbicara.
Ada ungkapan yang mengatakan bahwa lidah yang tidak bertulang atau lembek itu, akan tetapi lebih tajam daripada pedang. Peribahasa/ungkapan yang demikian memang ada benarnya contohnya dapat kita lihat berapa banyak permusuhan yang terjadi karena gerakan lidah yang diucapkan oleh lisan. Ucapan lisan telah banyak terjadi peperangan karena hanya sebilah lidah.

Banyak bicara merupakan sikap berlebihan, yang banyak terjadi dan paling besar pengaruhnya.   Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu berkata , Rasulullah SAW bersabda : 
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia berkata yang baik atau diam" (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW sangat khawatir umatnya terkena bahaya lidah/lisan, beliau selalu memperingatkan kita agar selalu menjaga lidah tersebut. Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda :"Tidak ada yang melemparkan manusia ke neraka, kecuali hasil yang dipetik dari lidah/lisan mereka". (HR. Ibnu Majah).

Abu Hatim bin Hibban Rahimahullah, berkata : "Diantara kesalahan yang paling besar yang dapat merusak kesehatan jiwa dan merusak kebagusan hati, adalah banyak berbicara walaupun perkataan tersebut boleh dibicarakan. Seseorang tidak akan dapat memiliki sifat diam kecuali dengan meninggalkan perkataan walaupun itu boleh untuk dibicarakan". 

2. Banyak Tidur. 
Banyak tidur juga akan menimbulkan penyakit. Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, juga mengajarkan umatnya agar tidur sesuai kebutuhan dan jangan berlebih-lebihan. Hal ini adalah didasarkan firman Allah di dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
كَانُوا قَلِيلا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ  "Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam".
وَبِالأسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah" (QS, Adz-Dzaariyat : 17-19). 

Memang tak dapat dipungkiri jika tidur yang berkualitas memiliki manfaat bagi kesehatan. 
Namun bila dilakukan dengan berlebihan akan menimbulkan efek yang buruk. Hal ini sudah teruji yaitu dalam penelitian oleh seorang Profesor bernama Susan Redline ahli kesehatan dalam bidang tidur dari Harvard. 
Orang dewasa atau individu yang tidur lebih dari 10 jam setiap hari, secara umum punya profil kesehatan yang buruk dibanding mereka yang tidur hanya 7 jam sampai 8 jam perhari. 

Hal ini telah dilakukan penelitian kepada lebih dari satu juta orang. Dan terbukti mereka yang tidur berlebihan, lebih cenderung cepat alami kematian, dibanding mereka yang tidurnya sedikit. Allah SWT dalam Al-Qur'an berfirman sebagai berikut : 
يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ
قُمِ اللَّيْلَ إِلا قَلِيلا
نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلا
أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا
إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلا ثَقِيلا
إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلا
إِنَّ لَكَ فِي اَلنَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلا

"Hai orang yang berselimut, (Muhammad), bangun (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (dari padanya) (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-qur'an dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya kamu pada siang hari mempunyai urusan yang panjang (banyak)"  (QS, Al-Muzzammil : 1-7)
Dari makna ayat-ayat tersebut di atas, adalah mengindikasikan bahwa kita diperintahkan untuk tidak berlebihan tidur. Maka dari sapertiga malam, kita diperintahkan untuk bangun dan berdoa mohon ampunan kepada Allah SWT.   

3. Banyak Makan. 
Banyak makan juga dapat membuat/menyebabkan penyakit. Manusia dianjurkan untuk tidak terlalu banyak makan atau kenyang, dan diperintahkan hanya sekedar makan, untuk menegakkan punggungnya. Jika tidak bisa, maka makanlah sepertiga untuk makanan, sepertiganya untuk minuman, dan spertiganya lagi untuk nafasnya. (dalam isi perut kita).
Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Orang yang paling banyak kenyang di dunia, adalah orang yang paling lama laparnya di akhirat".  

Al Imam Ash-Shon'ani rahimahullah berkata : "Hadits di atas adalah menunjukkan atas tercelanya banyak makan hingga kenyang, sebab dapat menimbulkan berbagai penyakit dan memberatkan seseorang untuk melaksanakan ibadah".  

Di teliti dari segi medis banyak makan dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit, dan efek secara langsung anda dapat merasakan perut begah karena kekenyangan. Makan terlalu banyak, juga menimbulkan efek pada kerja organ tubuh. Organ-organ anda akan bekerja keras dari biasanya untuk mencerna makanan. 
Dan jangka panjang kebiasaan makan berlebihan bisa saja menimbulkan gangguan kesehatan, : seperti kegemukan (obesitas), kolesterol tinggi, mudah lupa atau pikun. Dan tidak sedikit manusia yang meninggal dunia akibat berlebihan mengkonsumsi makanan.  Wallahu 'alam Bishawab. 

Demikian uraian materi "Tinggalkan 3 Kebiasaan Ini Yang Bisa Menimbulkan Penyakit". Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan kita dalam mengamalkan ibadah di dalam agama Islam yang mulia ini. Aamiin...

0 Response to "Tinggalkan 3 Kebiasaan Ini Yang Bisa Menimbulkan Penyakit."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel