Anjuran Berdoa di Hari Jum'at Serta Memperbanyak Shalawat.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Penghulu seluruh hari dalam sepekan adalah hari Jum'at. Ia merupakan syayyidul Ayam (hari paling mulia)  disisi Allah SWT, bahkan ia lebih mulia dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah. Dalam hadits diterangkan pada hari Jum'at terjadi peristiwa besar sebagaimana dijelaskan dalam hadits di bawah ini : 
آدم عليه السلام ، وأهبط الله تعالى فيه آدم إلى الأرض ، وفيه توفى الله تعالى آدم ، وفيه ساعة لا يسأل العيد فيها شيئا ، إلا أناه الله تعالى إياه ما لم يسأل حراما ، وفيه تقوم الساعة ، ما من ملك مقرب ، ولا سماء ، ولا أرض ، ولا رياح ، و إلا هن يشفقن من يوم الجمعة 
"Allah menciptakan Adan AS, Allah menurunkan Adam ke bumi, Allah mewafatkan Adam pada hari Jum'at dan ada saat dimana tidak seorangpun berdoa kepada-Nya pada saat itu (hari Jum'at), melainkan Allah pasti akan memperkenankan doanya selama doanya tidak mengandung perkara yang haram". 

Disamping itu hari Jum'at merupakan dimana hari Kiamat akan terjadi. Diterangkan bahawa : "Tiada malaikat, langit, bumi, angin, gunung, tidak pula laut, melainkan semuanya merasa ketakutan jika hari Jum'at telah tiba". (HR. Ibnu Majah dan Ahmad). 

Dalam buku Fiqih Sunnah, 2 karya Sayyid Sabiq salah satu anjuran yang dapat dilakukan di hari Jum'at adalah berdo'a. Dianjurkan memperbanyak doa pada saat akhir hari Jum'at. 
Berikut beberapa waktu singkat terkabulnya doa di hari Jum'at sebagaimana disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi Muhammad SAW. 

1. Waktu terkabulnya doa di hari Jum'at di antara dua khutbah. 
Terkabulnya doa di hari Jum'at diantara dua khutbah maksudnya adalah ketika khatib duduk sebentar sebelum melaksanakan khutbah yang kedua. 

2. Setelah shalat Ashar.
Waktu doa mustajab berikutnya yakni setelah shalat Ashar. Hal ini dinilai yang paling kuat karena didukung oleh sejumlah hadits. Dalam hadits Nabi SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad, disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةًا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ  فِيهَا خَيْرً إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَهِيَ بَعْدَ الْعَصْرِ    "Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat suatu waktu, dimana jika ada seseorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah 'azza wa jalla di dalamnya suatu kebaikan, kecuali (Allah) memberikan kepadanya apa yang ia minta. Dan waktunya itu adalah setalah Ashar". (HR. Ahmad). 
 
3. Penghujung Waktu Ashar.
Diriwayatkan dari Abu Daud bahwa ada 12 jam di hari Jum'at watu yang istimewa : 
يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً، لَا يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ
"Pada hari Jum'at ada 12 jam, dan diantara ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah kabulkan. Carilah waktu itu dipenghujung hari setelah Ashar". (HR. Abu Daud).  

Bershalawat kepada Nabi SAW. 
Amalan memperbanyak shalawat di hari Jum'at juga mungkin banyak yang melalaikan, atau memang belum mengetahuinya. Amalah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW jangan sampai kita lalaikan apalagi pada hari Jum'at yang sangat dianjurkan. 
Keutamaan bershalawat kepada Nabi SAW adalah sebagai berikut : 
Dari Abdullah bin Amr, Rasulullah SAW bersabda : 
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ
"Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat nanti". (Hadits riwayat ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah 'alan Nabi no.50 Isma'il bin Ishaq Al-Jahdy. Dikatakan Shoheh oleh Syaikh Al-Albani). 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda :
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا   "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali" (HR. Muslim no.408)

Keutamaan Memperbanyak Shalawat di Hari Jum'at.
Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : 
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً
"Perbanyak shalawat kepadaku pada setiap hari Jum'at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada setiap hari Jum'at. Barangsipa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti"  (HR. Baihaqi dalam Sunan Al-Kubro Hadits ini hasan lighoirih - yaitu dilihat dari jalur lainnya) 

Adapun ucapan shalawatnya adalah : اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ini shalawat yang paling pendek juga dapat diucapkan dan sah. Atau : اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ yang ini lebih lengkap juga boleh dan sah. Wallahu 'alam bishawab. 

Demikian uraian singkat materi "Anjuran Berdoa di Hari Jum'at Serta Memperbanyak Shalawat". Semoga bermanfaat dan dapat kita amalkan dengan istiqamah. Aamiin. 

0 Response to "Anjuran Berdoa di Hari Jum'at Serta Memperbanyak Shalawat."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel