Pidato Singkat Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-78 Tahun

 

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Mu'amalah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin... 

Kali ini penulis ingin membuat contoh pidato singkat dan sederhana dalam rangka memperingati HUT RI ke- 78 Tahun.

Contoh Teks

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh, 
Salam sejahtera untuk kita semua. 
Salom, Om Swastiastu, Namo Dudaya, Salam Kebajikan. 
Merdeka !

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَبِهِ أَجْمَعِيْنَ. أََمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati Kepala Desa .............. Kec. ...........
Yang saya hormati Ketua RW ........ Bapak .........
Yang saya hormati Ketua RT ......... Bapak .........
Yang saya hormati segenap tokoh agama, tokoh masyarakat tokoh adat, para pejabat, Kepala Desa, Kepala Dusun, Para Ketua RW dan RT. Babak-bapak, Ibu-ibu, Para Adik-adik, Para Remaja, seluruh hadirin yang in-sya Allah dalam keadaan bahagia, dalam keadaan senang, dalam keadaan gembira karena hari ini sama-sama kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023. 
MERDEKA !.

Yang pertama tentunya marilah kita bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa kerena di hari yang cerah ini, dihari yang bahagia ini, sama-sama kita bisa melangkahkan kaki, mengayunkan tangan menggerakkan badan. Dan diberikan kenikmatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, diberikan kesempatan oleh Allah, untuk berkumpul bersama dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.  

Semoga berkumpulnya kita di sini, menggambarkan kekompakkan kita dalam acara ini, semoga kebersamaan kita dalam acara ini, menjadi isyaroh, menjadi petunjuk bahwa kita semua bersatu. Aamin ya robbal 'alamin.
 
Shalawat beriringkan salam mari kita haturkan kepada baginda junjungan alam, tauladan umat manusia, rahmat bagi seluruh alam semesta, baginda Nabi Agung Muhammad SAW. Semoga kita semua mendapatkan safa'atnya di yaumil akhir kelak. Aamiin...

Bapak-bapak, Ibu-ibu, para pemuda adik-adik remaja, seluruh hadirin yang berbahagia. Dalam sambutan ini, pertama tentunya saya meng-apresiasi atas kerja sama kepada seluruh pihak dalam mensukseskan acara ini. 

Kami juga meng-apresiasi kepada Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian yang telah menyempatkan diri, yang telah meluangkan waktunya untuk bersama-sama hadir dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan ini, semoga semua langkah kita, semua gerakan kita, semua upaya kita, dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun kemerdekaan ini, menjadi indikasi bahwa kita cinta akan Tanah Air Kita. 

Yang kedua, Babak, Ibu yang berbahagia, sedikit kami berpesan mari kita isi kemerdekaan ini, mari kita isi kenikmatan kemerdekaan ini, dengan berbagai kebaikan, dengan berbagai kegiatan yang memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar kita. 
Dan jangan sampai peringatan kemerdekaan ini penuh dengan narasi basa-basi karena tidak mampu kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang ber-arti dan bermanfaat. 

Para pejuang sudah bekerja keras, banting tulang peras keringat, hingga bergelimangan darah mengorbankan nyawa, untuk memerdekakan Indonesia, agar terlepas dari yang namanya penjajahan bahkan para pejuang kita, para pahlawan kita, ada yang tidak dapat merasakan kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan mati-matian, dikarenakan mereka telah gugur di medan tempur atau meninggal sebelum kemerdekaan itu diproklamasikan. 

Maka kita sebagai anak bangsa, kita sebagai pelanjut cerita para pahlawan, sebagai penerus para pejuang, mari kita isi dengan hal-hal kebaikan. 
 
Yang masih kanak-kanak, yang masih usia sekolah, yang masih pelajar, yang masih menjadi maha siswa, mari gunakan waktu  dengan sebaik-baiknya untuk belajar, untuk menuntut ilmu, baca buku sebanyak-banyaknya, ikut dalam diskusi sebanyak-banyaknya, perkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan dan berpikirlah, berencanalah, nanti suatu saat akan membalas jasa para pahlawan dengan memberikan hal yang terbaik untuk bangsa ini, yaitu bangsa Indonesia. 
Para pemuda, saat ini kalianlah harapan bangsa, berpikirlah, merenunglah apa yang dapat kalian perbuat untuk bangsa ini. 

Hadirin sekalian yang berbahagia, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa Tema dari pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-78 Rebplubik Indonesia taun ini tahun 2023 adalah "BERSYUKUR DAN BANGKIT MEMBANGUN INDONESIA MAJU".

Pandemi Virus Covid 19 dua tahun silam, yang telah memporak porandakan merubah hampir semua tatanan kehidupan yang ada di Indonesia, Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah bahwa saat ini kita sudah berada pada kondisi transisi dari Pandemi menjadi Endemi. 
 
Hal telah ini telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada jumpa pers tepatnya pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2023, beliau mengatakan bahwa Endemi akan berlaku pada akhir bulan Juni 2023. 
Dengan kondisi yang makin kondusif berkait dengan serangan pandemi Virus Conona 19 menjadi status Endemi maka kita semua bangsa Indonesia, patut berterima kasih atas usaha yang telah pemerintah lakukan dan yang tak kalah pentingnya adalah bersyukur kepada Allah SWT yang telah menyelamatkan bangsa Indonesia ini dari bahaya yang mengancam dunia ini.

Untuk itu, kita harus bangkit dengan kuat. Kita harus bangkit, dengan mencontoh semangat para pahlawan dulu, mereka perjuang keras mati-matian memerdekaan bangsa Indonesia, maka kita juga harus berjuang keras, untuk bangkit dari keterpurukan, bangkit dari kesulitan,  dan bersatu membangun bangsa Indonesia yang kita cintai ini. 
Kita harus cepat dan kuat karena kalau tidak cepat, kita akan terlambat, kita akan tertinggal. 
 
Maka momentum hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-78 ini, mari kembali kita  kuatkan diri kita, instropeksi diri, kita berpikir dari diri sendiri untuk bekerja keras menggunakan pikiran yang cemerlang, berpikir cerdas, bekerja keras, melakukan apapun yang kita bisa untuk memperbiki diri kita, untuk memperbaiki lingkungan kita, untuk memperbaiki bangsa Indonesia yang kita cintai. 

Hadirin sekalian, terakir marilah kita kuatkan ikatan persatuan diantara kita. Bangsa Indonesia memiliki ragam budaya, memiliki ragam bahasa, memiliki ragam agama, maka mari kita ikatkan kesatuan diantara kita. "TIDAK ADA KEMENANGAN TANPA KEKUATAN, TIDAK ADA KEKUATAN TANPA PERSATUAN". maka kalau kita ingin jaya, kalau kita ingin makmur, mari hadirin sekalian kita bersatu.  Jangan sampai perbedaan diantara kita kemudian menimbulkan perpecahan. 
 
Menyebabkan perselisihan, menyebabkan perkelaihan jangan sampai hal ini terjadi. Justru perbedaan adalah jalan cepat menuju kemuliaan, justru perbedaan adalah warna warni kehidupan. 
Hadirin sekalian sekali lagi, kami mengajak untuk bersatu untuk bersama membangun bangsa Indonesia yang tercinta ini .MERDEKA...!

Kiranya cukup sekian yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas segala perhatian. mohon ma'af atas segala kekurangan. 
 
Billahi Taufiq wal Hidayah : Wassalamu'alaikium warohmatullahi wabarokaatuh.
 
Ditulis oleh Rasiyam Hidayat
12 Juli 2023. 

0 Response to "Pidato Singkat Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-78 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel