Doa Anda Akan Terhalang Dari 5 Jenis Penyebab Ini.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Doa)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin.

Doa adalah ibadah yang tidak terikat waktu, ia dapat ita lakukan kapanpun dan dimanapun. Maka doa adalah merupakan salah satu cara paling mudah bagi seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedangkan seseorang yang enggan berdoa dan meminta kepada-Nya termasuk golongan orang  yang sombong sebab dengan demikian berarti merasa tidak membutuhkan pertolongan-Nya. 

Terkait dengan sombong Allah berfirman sebagai berikut :
 رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
"Berdolah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan kepadamu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku, akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina" (QS, Al-Mu'min : 60)

Maka berdasarkan ayat tersebut di atas, tidak ada doa yang tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Namun doa yang dipanjatkan seseorang belum juga terkabul, mungkin saja ia telah melakukan sesuatu yang dapat mengalangi terkabulnya doa. 
Nah apa sajakah penyebab atau penghalang tidak terkabulnya doa?, ikuti penjelasannya di bawah ini : 

BERIKUT 5 PENYEBAB ATAU PENGHALANG TERKABULNYA DOA

1. Tidak Khusu'.
Hadits riwayat Tirmidzi menyatakan : "Berdoalah kepada Allah dan kamu yakin akan dikabulkan" . Ketahuliah bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa orang-orang yang hatinya lalai dan tidak khusu' " (HR At-Tirmidzi no. 3479 dan Al-Hakim no.1817)

2. Berdoa Dengan Tergesa-gesa. 
Senantiasa doa seorang hamba akan dikabulkan selama ia tidak berdoa untuk berbuat dosa atau memutuskan silaturahim, dan selama ia tidak meminta dengan tergasa-gesa, (isti'jal). Lalu ada yang bertanya "Ya Rasulullah. apa itu isti'jal?" Jawab beliau "Jika seseorang berkata, Aku sudah berdoa, memohon kepada Allah, tetapi Dia belum mengabulkan doaku". Lalu ia merasa berputus asa, dan akhirnya ia meninggalkan doa tersebut" (HR. Muslim no. 2735).  Itulah yang disebut Isti'jal !

3. Tidak Bersungguh-Sungguh. 
Jika seseoarang dari kamu berdoa dan memohon kepada Allah, jangalah ia mengucapkan : 
"Ya Allah ampunilah dosaku jika Engkau kehendaki, sayangilah aku jika Engkau kehendaki, dan berilah rizki jika Engkau kehendaki. Akan tetapi doa yang benar adalah harus yakin dan bersungguh-sungguh dalam doanya. Sesungguhnya  Allah berbuat menurut yang ia kehenadaki dan tidak ada yang memaksa-Nya" (HR. Bukhari no. 7026). 

Berdoa dengan kalimat "Jika Engkau kehendaki" ini menunjukkan bahwa doa kita tidak bersungguh-sungguh dalam memohonnya. Sebab sifat sungguh-sungguh itu bukan hanya dalam masalah ihtiar saja. Tetapi bersungguh-sungguh, juga dalam berdoa, sebelum ihtiar itu dilakukan.  
Tidak sedikit orang yang ihtiarnya sungguh-sungguh tetapi lemah dalam berdoa. 

4. Makan Dan Minum Dari Yang Haram. 
Wahai manusia, sesungguhnya Allah Ta'ala adalah Maha Baik, tidak menerima kecuali yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada para Rasul.  Allah Ta'ala berfirman : 
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ
"Hai Rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik (halal), dan kerjakanlah amal yang shaleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan" (QS Al-Mu'minun : 51).  
Dan dalam ayat lain Allah berfirman : 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
"Hai orang-orang yang beriman makanlah diantara rizki yang baik-baik, yang Kami berikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya akepada Allah kamu menyembah". (QS, Albaqarah : 172) 

Lalu Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam, menceritakan seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu lalu menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berkata, "Ya Rabb ... ya rabb ... "  sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya dari yang haram, dicukupi dari yang haram, maka bagaimana mungkin dikabulkan doanya" (HR. Muslim no. 1015).  
Maksud dari hadits ini adalah agar tidak memakan dan meminum barang yang haram.

5. Bermaksiat Kepada Allah. 
Inilah penyebab/penghalang doa selanjutnya, yaitu maksiat kepada Allah. Hal ini sangat banyak contohnya.  
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ia berkata, yang artinya ; "Rasulullah SAW bersabda :  "Tidaklah seorang pezina itu berzina, sedang ia dalam keadaan mukmin. Tidaklah seorang peminum khamr itu meminum khamr, sedang ia dalam keadaan mukmin. Tidaklah seroang pencuri itu mencuri, sedang ia dalam keadaan mukmin. Dan tidaklah seorang perampok itu merampok dengan disaksikan oleh manusia, sedang ia dalam keadaan mukmin". (HR Bukhari no. 2475 dan Muslim no. 57). Wallahu 'alam Bishawab.

Dekian uraian singkat materi "Doa Anda Akan Terhalang Dari 5 Jenis Penyebab Ini". Semoga bermanfaat, dan mejadi perhatian bagi kita untuk selalu waspada dalam berprilaku. 

0 Response to "Doa Anda Akan Terhalang Dari 5 Jenis Penyebab Ini."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel