Doa Membangun Rumah Agar Diberkahi Allah.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (ketegori posting Doa) 

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Setiap insan terutama bagi yang sudah berumah tangga (berkeluarga) pasti ingin membangun rumah tangga yang bahagia baik materi maupun spiritual. Terutama dalam idaman setiap kepala rumah tangga adalah keinginan untuk memenuhi tempat tinggal yang indah dan nyaman. 

Memiliki rumah dengan cara membangun sendiri merupakan sebuah kebanggaan. Sebab kita dapat turut terlibat dalam proses membangunnya hingga dapat ditempati setelah selesainya dibangun. Hal ini tentu akan menjadi kepuasan tersendiri dibandingkan dengan membeli rumah langsung yang sudah jadi. 
Mulai dari proses pencarian kontraktor, atau para tukang, hingga pemilihan bahan material bangunanpun kita dapat terlibat dan menentukan jenis maupun kwalitasnya. 

Namun ada yang terlupakan ketika semua bahan material sudah siap dan tukang akan  mengerjakan. Apa itu, kadang tak terpkirkan oleh kita karena rasa senang yang sedang menyelimutinnya. Ialah berdoa dalam proses pembangunan yang akan dijalankan hingga terselesaikannya bangunan rumah yang diidamkannya. 

Padahal berdoa sangatlah penting untuk mengharap agar rumah yang kita bangun selalu menadapat limpahan keberkahan serta naungan kedamaian dan membuat kehidupan penghuninya tenteram. Lalu seperti apa doa yang dapat kita panjatkan. Ikutilah ulasan berikut ini : 

"Rumahku adalah surgaku" begitulah kalimat yang sering kita dengar terkait harapan kita terhadap rumah yang kita tinggali/tempati. Namun sering kali melalaikan berdoa terlebih dahulu sebelum rumah tersebut jadi.  

Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada umatnya untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai sesuatu. Tentu termasuk juga ketika kita akan membangun rumah. Adapun doa yang dapat dibaca adalah potongan dari Surat Al-Mukminun ayat 29 sebagai berikut : 

 رَبِّ أَنْزِلْنِي مُنْزَلا مُبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِينَ
 "Ya Rabb-ku tempatkanlah aku pada tempat yang diberkahi dan Engkau adalah sebaik-baik yang Memberi Tempat" (QS, Al-Mukminun : 29). 

Itulah doa yang dapat kita baca, ketika akan membangun rumah. Doa ini sangatlah pendek, namun dalam doa ini ada pengharapan yang besar, yakni rumah yang kita bangun mendapat keberkahan bagi penghuni di dalamnya.
Kita bisa rutin membacanya setelah shalat fardhu sebanyak mungkin, atau minimal dibaca tujuh kali dalam setiap habis shalat fardhu tersebut. 

Perlu diketahui bahwa doa ini dinukil dari Al-Qur'an dalam kisah Nabi Nuh ketika diberi ujian, yaitu Allah SWT mendatangkan banjir Bah yang meluluh lantahkan di seantero bumi. Dan ketika air sudah mulai surut, Nabi Nuh berdo'a kepada Allah SWT agar seisi Perahunya diturunkan pada tempat yang diberkahi. 

Dan doa yang dimohonkan oleh Nabi Nuh kepada Allah SWT adalah sebagaimana ayat di atas.  Untuk lengkapnya dapat dilihat dalam Al-qur'an pada Surat Al-Mukminun dalam "KISAH BEBERAPA ORANG RASUL" dari ayat 23 sampai 30. 

Semoga setiap kita, diberi kemudahan untuk membangun sebuah rumah pada tahun ini, ataupun tahun-tahun berikutnya. Dan semoga kita selalu ingat terlebih dahulu untuk berdoa ketika akan membangun rumah sebelum memulai pembangunannya. Wallahu 'alam bishawab. 

Demikian uraian singkat materi "Doa Membangun Rumah Agar Diberkahi Allah". Semoga bermanfaat terima kasih sudah berkesempatan mengunjungi blog kami. Aamiin. 

0 Response to "Doa Membangun Rumah Agar Diberkahi Allah. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel