Amalan Dzikir Ringan Ini, Paling Disukai Allah.



Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori poting Doa)

Pembaca budiman,Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dzikir yang paling disukai Allah, ringan ucapannya namun berat pahalanya.
Dzikir adalah kunci ketenangan dan kebahagiaan hidup di dunia serta kesejahteraan di akhirat kelak. Maka tujuan utama dari shalat adalah mengingat Allah Ta'ala (dzikir), ketika berdiri, rukuk, sujud, dan selepas salam-pun masih diperintahkan untuk berdzikir. 

Sedangkan shalat adalah merupakan amal yang pertama dihisab di akhirat kelak. Berdzikir hendaknya menjadi kebiasaan orang yang beriman. Jangan lalai enggan, malas apalagi meninggalkan, upayakan dan prioritaskan. Tak ada yang lebih penting hidup di dunia ini, selain mengabdi kepada Allah SWT, diantara salah satunya adalah dengan cara berdzikir (mengingat) nama-Nya di setiap jejak kehidupan. 

Ada begitu banyak kalimat-kalimat dzikir yang disunnahkan. Namun  ada diantara yang menjadi  kalimat-kalimat yang paling disukai Allah SWT.  Lalu apa sajakah kalimat tersebut?. Persiapkan dengan seksama, dan ikuti penjelasan di bawah ini, agar dapat memahami dan mengamalkan dengan hati khusu', ikhlas berserah diri sepenuhnya kepada-Nya. 

Kalimat dzikir yang paling disukai Allah adalah : 
Pertama : DUA KALIMAT,
Sebagaimana disebutkan dalam al-Adzkar ; Imam an-Nawawi mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim : Rasulullah Shalallahu'alaihi wa sallam bersabda kepada Abu Dzar al-Ghifari, "Maukah engkau kuberi tahu kalimat yang paling dicintai Allah Ta'ala?"  Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah Ta'ala adalah : (Suhanallahi wa bihamdihi) Maha Suci Allah dan segala punji hanya bagi-NYa" 

Kedua : EMPAT KALIMAT. 
Empat kalimat ini amat masyhur di kalangan kaum muslimin pencinta dzikir.  Dapat diucapkan dalam satu kalimat utuh, atau dipisah-pisah, dan bisa dibaca sesuai kondisi sesorang. 

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Samurah bin Jundab, ; "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Kalimat yang paling dicintai Allah ada empat" . yaitu : 
 سُبْحَانَ ٱللَّٰ  ( Subhanallah - Maha Suci Allah)
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ       ( Alhamdulillah - Segala Puji bagi Allah) 
لا إلهَ إِلاَّ اللهُ  ( Laa ilaha ilallah -Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah) 
اَللَّٰهُ أَكْبَرُ ( Allahu Akbar - Allah Maha Besar)

Diakhir riwayat yang dikutip Imam an-Nawawi dalam Adzkar ini, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam, memberikan petunjuk, tidak salahnya bagimu untuk memulai (membaca)nya dari kalimat yang mana saja"

Ketiga : Kalimat Yang Paling Utama.
Diriwayatkan secara hasan oleh Imam At-Tarmidzi, Jabir bin Abdullah, mendengar Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Dzikir yang paling utama dalah لا إلهَ إِلاَّ اللهُ  "(Laa ilaha illallah" (Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah).

Ya Allah bantulah dan kuatkan kami untuk selalu mengingat nama-Mu, mudahkan dan istiqamahkan untuk menikmati semua nikmat-Mu, dan kuatkan kami dalam membaguskan kualitas ibadah kepada-Mu. 

Itulah tiga jenis kalimat-kalimat dizikir yang sangat dicintai Allah SWT, semoga kita selalu diberi kekuatan dan istiqamah membaca dzikir ini dimanapun berada, baik itu setelah shalat fardhu lima waktu, ataupun shalat sunnah. In-Sya Allah semoga dapat membawa ketenangan dalam hidup kita di dunia ini, dan kesejahteraan di akhirat kelak. Wallahu 'alam Bishawab. 

Demikian uraian singkat materi "Amalan DZikir ini, Paling Disukai Allah". Semoga bermanfaat. Amiin.

0 Response to "Amalan Dzikir Ringan Ini, Paling Disukai Allah."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel