"Inilah 6 Ciri" Orang Yang Selalu Diberkahi Rezekinya Oleh Allah SWT.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Doa dan harapan saya semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dilapangkan rezekinya, diampunkan dosanya serta dipanjangkan umurnya. Aamiin ya robbal 'alamiin. 

Setiap orang memiliki garis takdirnya masing-masing, baik itu rezeki, jodoh maupun kematian. Memang tak dapat dipungkiri bahwa semua itu sudah diatur oleh Allah Yang Maha Kuasa. Mungkin kita pernah melihat bahwasanya meski sebagian besar orang melakukan kerja keras agar mendapatkan rezeki atau kekayaan yang berlimpah. Namun pada kenyataannya masih banyak juga yang belum mendapatkan yang diinginkan.  

Sementara disisi lain ada beberapa golongan orang yang justru selau dikejar/diberkahi rezeki dari manapun asalnya atau kita menyebutnya sebagai orang yang telah dijamin rezekinya oleh Allah SWT. 
Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur'an surat At-Thaalaq dalam firman-Nya sebagai berikut : مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا.......  "Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar". (QS, At-Thaalaq : 2)
Selain dari itu Allah juga, akan memberi  rezeki yang tidak disangka-sangka sebagaima dijelaskan dalam ayat selanjutnya : 
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا  "Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya . Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS, At-Thaalaq : 3)  

Lalu siapa dan apa cirinya orang yang selalu dilimpahi rezeki tersebut ?
1. ADALAH ORANG YANG SUKA BERSEDEKAH.
Seperti yang kita tahu bersedekah adalah merupakan hal yang sangat terpuji.  Karena dengan memberikan sedikit harta dari penghasilan kita, secara tidak langsung kita telah membantu banyak orang. 
Do'a orang yang teraniaya/kesulitan yang berat, sangatlah mustajab di hadapan Allah SWT.  Dan kita semua sudah mengetahui bahwasanya apabila kita bersedekah dengan niat yang iklas, maka Allah akan mengganti berlipat-lipat baik di dunia mapun di akhirat kelak.  Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah sebagai berikut : 
مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir (sedangkan) pada tiap-tiap (bulirnya terdapat) seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya)  lagi Maha Mengetahui". QS. Al-Baqarah : 261). 
Bolehkah kita bersedekah dan berharap kepada Allah SWT menganti sedekah yang kita keluarkan dengan kekayaan di dunia?. Hal itu boleh-boleh saja selama kita mengharap hanya kepada Allah SWT. Dan bukan mengharap supaya ada seseorang yang memberikan/mengembalikan kekayaan setelah kita bersedekah, ini yang yang tidak dianjutkan bahkan dilarangnya. 

2. ORANG YANG GEMAR BERSYUKUR.
Sudah tidak dipungkiri lagi bahwasanya apabila kita selalu bersyukur setiap saat, baik ketika mendapatkan rezeki yang berupa harta, kesehatan, atau bahkan dalam kondisi diuji dengan sakitpun kita tetap bersyukur. In-Sya Allah, Allah akan menambah nikmat kita dan dengan kuasanya akan mengangkat penyakit dalam diri kita. 
Dalam Al-qur'an Allah berfirman sebagai berikut : 
 وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ  "Dan (ingat-lah) Tatkala Rabb-mu memaklumkan : Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS Ibrahim : 7) 
Untuk itu teruslah bersyukur dalam segala kondisi dan lakukanlah dengan istiqamah , In-sya Allah nikmat kita akan terus ditambah oleh Allah SWT. Aamiin. 

3. ORANG YANG SERING MEMBACA AL-QUR'AN (SURAT AL-WAQI'AH).
Surat Al-Waqi'ah memang dikenal memiliki keutamaan dalam hal mendatangkan rezeki atau nikmat.  Dalam hadits Ibnu Ady disebutkan bahwa : "Kita sangat dianjurkan untuk mengajarkan surat Al-Waqi'ah kepada istri (keluarga) dan anak-anak kita, karena surat tersebut merupakan surat yang mampu menderaskan rezeki bagi siapa-pun yang mengamalkannya. In-sya Allah." 

4. ORANG YANG SERING BER-ISTIGHFAR. 
Istighfar merupakan salah satu usaha bathiniyah kita, untuk mememohon ampunan kepada Allah atas segala kesalahan dan dosa yang kita perbuat.  Lalu apa hubungannya dengan selalu diberkahi rezeki oleh Allah SWT ?.
Orang yang selalu beristighfar dalam kondisi apapun secara tidak langsung dapat membersihkan hatinya dari segala dosa dan kesalahan. Maka ketika hati kita bersih, kemungkinan besar rezeki yang diberikan Allah SWT dapat sampai kepada kita. 

Dalam Al-Qur'an pada surat HUD Allah berfirman sebagai berikut : 
وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى وَيُؤْتِ كُلَّ ذِي فَضْلٍ فَضْلَهُ وَإِنْ تَوَلَّوْا فَإِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيرٍ 
"Dan hendaklah kamu meminta ampunan kepada Rabb-mu, dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu, sampai kepada waktu yang ditentukan, dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan, (balasan atas) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut, kamu akan ditimpa siksa hari kamat" (QS, HUD : 3). 
Marilah kita selalu membiasakan untuk beristighfar secara istiqamah, agar hati kita menjadi bersih dan berharap dapat mendapatkan nikmat yang Allah SWT janjikan. Sebab hakekatnya Allah sangat menyukai kepada orang-orang yang hatinya bersih.

5. ORANG YANG SUKA BERDO'A DAN SELALU BERUSAHA.
Berdoa dan berusaha adalah merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan, ketika kita meminta sesuatu kepada Allah SWT.  Sebab sangat mustahil orang yang hanya berdoa saja tanpa berusaha akan mampu mendapatkan apa yang diinginkan dalam doanya. Untuk itu selain kita berdoa juga berusaha untuk mendapatkan hasil dari doa yang sudah kita panjatkan kepada Allah SWT. Hal ini sebagaimana ungkapan "Man Jadda Wajadda"  "Barang siapa yang bersungguh-sungguh akan menemukan hasil yang diinginkan"

6. ORANG-ORANG YANG SELALU TAWAKAL KEPADA  ALLAH.
Secara harfiah, tawakal adalah berserah diri dan menyandarkan hati hanya kepada Allah SWT saja. Orang yang tawakal merupakan orang yang sangat yakin seyakin-yakinnya hanya Allah saja yang dapat memberi dan mencegahnya. Maksudnya adalah memberi manfaat dari apa yang telah diciptakannya. Memberi nikmat kepada setiap manusia, dan seluruh jagat seisinya, serta mencegah keburukan yang dilakukan manusia maupun syetan.   

Dari Umar bin Khattab RA, Rasulullah SAW pernah bersabda : "Seandainya kalian bersungguh-sungguh bertawakal kepada Allah, sungguh Allah memberi kalian rezeki, sebagaimana Allah memberi rezeki kepada seekor burung yang pergi dalam keadaan lapar dan kembali dalam keadaan kenyang". (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim).  
Dari hadits ini saja sudah sangat jelas bahwa seekor burung saja, Allah SWT telah menjamin rejekinya. Apalagi kita sebagai manusia yang mau bertawakal hanya kepada Allah SWT In-sya Allah rezeki tidak akan pernah putus diberikan oleh Allah kepada kita. Aamiin.

Setelah kita membaca uraian materi ini dari alenia pertama hingga akhir, sebagai instropeksi, adakah kita termasuk dari 6 golongan manusia yang disebutkan diatas?. JIka telah ada maka kita patut bersukur dan yang masih belum sempurna mari kita berusaha untuk memiliki dari 6 golongan orang tersebut. Wallahu'alam Bishowab.  

Demikian uraian singkat materi "Inilah 6 Ciri" Orang Yang Selalu Diberkahi Rezekinya Oleh Allah". Semoga bermanfaat dan menjadi renungan kita bersama.

0 Response to ""Inilah 6 Ciri" Orang Yang Selalu Diberkahi Rezekinya Oleh Allah SWT."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel