5 Do'a Ini Dilarang Oleh Allah SWT.


Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Do'a)

Pembaca budiman Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk mendapat kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak lepas yang namanya berdoa. Terlebih kita sebagai seorang muslim sangat dianjurkan sekali untuk berdoa ketika mendapat kesulitan dan mempunyai hajat yang belum terpenuhi. 
Do'a juga dianggap ibadah yang sangat diperhatikan yang selalu dilakukan oleh umat muslim.
Sebab dengan berdoa, Allah SWT akan menilai seberapa besar kepasrahan kita kepada-Nya dan seberapa yakin kita akan kebesaran-Nya. 

Namun kita juga harus hati-hati karena tidak semua doa disukai oleh Allah SWT. Perlu diketahui ada juga doa yang diizinkan oleh Allah dan ada juga yang dilarang oleh Allah SWT. Sebuah doa dilarang oleh Allah karena keburukannya. Sehingga Allah benci ketika doa yang diucapkan melampaui batas.
Allah berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ "Berdoalah kepada Rabb-mu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang-orang yang melampaui batas" (QS, Al-A'raf : 55). 
Imam As-Saddi menjelaskan firman Allah tersebut : "sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas, maksud melampaui batas di sini, adalah melampaui batas dalam segala hal". Termasuk melampaui batas meminta sesuatu yang tidak pantas, berlebihan dalam berdoa atau mengeraskan suara dalam berdoa, semua ini termasuk bentuk melampaui batas yang dilarang" (Tafsir As-Saddi halaman 291)  

Berikut 5 Doa yang dilarang Allah, diantaranya adalah : 
1. BERDOA HANYA MEMINTA KEBAIKAN DUNIA SAJA. 
Seseorang yang berdoa hanya mengharap kebaikan dunia saja, adalah orang yang sangat rugi dalam hidupnya. Orang seperti ini telah dibutakan hatinya dan terhijab dari rahmat pertolongan Allah di akhirat kelak. Na'udzubillah. Mereka tidak sadar bahwa kekayaan atau kedudukan di dunia, semua ini bersifat sementara dan akan ditinggalkan. Sedangkan akhirat adalah bersifat kekal dan abadi. Sebab memang ada diantara manusia yang berdoa sebagai berikut sesuai Firman-Nya : 
فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ  "Maka diantara manusia ada yang berdoa  Ya Rabb-kami, berilah kami kebaikan di dunia, dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat" (QS, Al-Baqarah : 200)  
Yang terbaik adalah minta diberikan kebaikan dunia dan akhirat, sebab Allah lebih suka kepada orang yang berdoa dengan kalimat terebut.  

2. BERDOA MEMOHON AMPUNAN UNTUK ORANG KAFIR. 
Allah berfirman dalam Al-Qur'an sebagai berikut : 
وَلا تُصَلِّ عَلَى أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلا تَقُمْ عَلَى قَبْرِهِ إِنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُوا وَهُمْ فَاسِقُونَ  "Dan janganlah sekali-kali kamu menshalati (jenazah) seseorang yang mati di antara mereka, dan janganlah kamu berdiri (mendo'akan) kuburnya. Sesungguhnya mereka telah kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik" (QS, At-Taubah : 84).   Dari ayat ini sudah jelas sekali, bagi kita umat muslim sangat dilarang untuk mendoakan orang-orang kafir. Karena sesungguhnya mereka tidak percaya adanya Allah dan hari akhirat, dan hal itu merupakan dosa yang sangat besar sekali.

3. BERDOA MEMOHON KEBURUKAN UNTUK ORANG LAIN.
Islam sebagai agama yang diridhai Allah SWT, dan sebagai rahmat bagi seluruh alam, mengajarkan kepada umatnya untuk melakukan hal yang baik termasuk dalam berdoa, baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain, meskipun kita ada diposisi yang benar-benar didzalimi, tetapi jauh lebih baik kita mendoakan yang terbaik bagi mereka atau semua. 

Namun jika benar-benar dalam keadaan didzalimi, kita boleh mendoakan mereka sekehen dak kita asal tidak berlebihan. Hal ini sebagaimana Allah jelaskan dalam Al-Qur'an sebagai berikut : لا يُحِبُّ اللَّهُ الْجَهْرَ بِالسُّوءِ مِنَ الْقَوْلِ إِلا مَنْ ظُلِمَ وَكَانَ اللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمً  "Allah tidak menyukai ucapan buruk yang (dicapkan) terus terang, kecuali oleh orang yang dianiaya (terpaksa). Allah adalah Maha Mendengar, lagi Maha Mengetahui". (QS, An-Nisa' : 148).  
Tetapi meskipun kita di dzalimi jauh lebik baik mendoakan yang terbaik terhadap yang mendzalimi. 

4. BERDOA MEMAKSA AGAR DIKABULKAN.
Manusia memiliki banyak sekali keinginan, namun belum tentu semua kehendak tersebut baik baginya. Sedangkan Allah sangat mengetahui yang terbaik dan yang dibutuhkan oleh manusia.  Untuk itu yang kita lakukan adalah bersabar dan yakin kepada Allah, lakukanlah dengan cara yang bijaksana dalam berdoa, belum tentu yang kamu cintai itu lebih baik, dan juga belum tentu yang kamu benci itu buruk bagimu. Hal ini sesuai dengan firman-Nya sebagai berikut :  
وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ  "Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu ; Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui" (QS, Al-Baqarah : 216). 

5. DOA MEMINTA KEMATIAN ATAU DIWAFATKAN KETIKA SAKIT PARAH. 
Suatu ketika Rasulullah datang ke rumah pamannya. Sementara Abbas (paman) Rasulullah SAW sedang mengeluh dikarenakan sakit yang dideritanya, diapun berharap segera mati.  Kemudian Rasulullah bersabda : "Wahai pamanku janganlah engkau mengharapkan kematian, karena sesungguhnya jika engkau adalah orang yang memilki banyak kebaikan, dan waktu kematianmu diakhirkan, maka kebaikanmu akan bertambah dan itu lebih baik bagimu, dan begitu juga sebaliknya, jika engkau adalah orang yang banyak keburukannya dan waktu kematianmu diakhirkan, maka engkau dapat bertaubat darinya, dan itu juga baik bagimu, maka janganlah sekali-kali engkau mengharapkan kematian. 

Sedangkan dalam hadits lain diterangkan  "Jika seseorang terpaksa harus melakukannya maka hendaknya ia berkata : "Ya Allah hidupkanlah aku, panjangkan usiaku jika hidup itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku". (HR. Imam Bukhari, IMam Muslim, dan Baihaqi).

Itulah ke 5 doa-doa yang sangat dilarang oleh Allah untuk kita panjatkan. Semoga hal ini dapat menjadi pelajaran yang bermanfaat untuk kita semua, dan semoga Allah selalu melindungi kita dari berbagai hawa nafsu yabf dapat membuat kita melakukan hal yang dilarang oleh Allah SWT.  Wallahu 'alam bishawab.  

Demikian uraian singkat materi "5 Doa Ini Dilarang Oleh Allah SWT".  Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam pengamalan agama islam yang mulia ini. Aamiin.  

0 Response to "5 Do'a Ini Dilarang Oleh Allah SWT."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel