Ternyata Inilah 6 Kelemahan Iblis, Setan dan Jin.

"Jangan Takut!"  Inilah 6 Kelemahan Iblis dan Jin

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting Aqidah)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Dalam materi ini, penulis akan menyajikan tentang makhluk Allah yang tak akan henti-hentinya menggoda manusia untuk menjerumuskan agar manusia itu selalu berbuat ingkar kepada Allah SWT dalam segala perintahnya. Makhluk ini adalah,Iblis,Setan, dan Jin.  

Al-Adlu adalah sifat Allah yan artinya adalah Maha Adil. Keadilan Allah SWT bersifat mutlak dan sempurna, tidak dipengaruhi oleh apapun dan siapapun.  Segala yang Allah ciptakan mempunyai kelebihan dan kekurangan, itu semua sudah diperhitungkan dan sudah ditakdirkan oleh Allah SWT dengan sempurna.  Semua yang Allah ciptakan sesuai dengan kodrat dan jenis makhluk tersebut, baik manusia, hewan, malaikat, tumbuhan dan jin, sekalipun mempunyai kelebihan dan kekurangan. 

Setan dan sebagian Jin yang ingkar kepada Allah SWT menjadi makhluk yang menyesatkan, dan tipu daya mereka akan terus dilakukan dengan tujuan menjerumuskan manusia ke lembah kemaksiatan. 

Makhluk ini digambarkan memiliki kekuatan yang besar untuk menumbangkan keimanan seseorang/manusia. Dikisahkan bahwa, setiap hari mereka mengirim pasukan untuk menggoda manusia agar agar berbuat kejahatan. Meski terlihat begitu kuat namun hakekatnya setan dan tipu dayanya bersifat lemah. 

Hal ini disebutkan dalam Al-Qur;an dan hadits-hadits Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam.  Dengan mengetahui kelemahan tersebut, manusia diharapkan dapat menjauhkan diri dari godaan Setan dan Jin. Berikut akan diulas ada 6 hal yang dapat melemahkan Setan dan Jin.

1. Orang-orang Sholeh. 
Kelemahan pertama Setan adalah terhadap orang-orang shaleh yang beriman kepada Allah SWT.  
Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an ketika setan berdialog dengan Allah SWT. Sebagaimana firman-Nya : 

Artinya : "Ya Robb-ku, oleh sebab Engkau telah memutuskan, bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semua. Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis diantara mereka". (QS, Al-Hijr/ 15 : 39-40). 

Ahli tafsir mengatakan bahwa, ayat tersebut menerangkan setan itu dapat mengusai manusia karena dosa-dosa yang dilakukan. Tetapi apabila manusia melakukan hal-hal yang baik dan beramal sholeh, maka mereka akan takut dan dengan sendirinya meninggalkan manusia yang sholeh tersebut. 

2. Ketangguhan Iman Umar bin Khattab r.a. 
Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa, jika setan dan jin berjalan dan harus berpapasan dengan dengan Umar, maka mereka memilih untuk menempuh jalan lain, mereka tidak berani jika harus berhadapan muka dengan Sayiduna Umar bin Kattab.  Hal ini disebabkan karena Umar betul-betul memegang teguh ajaran agamanya dengan benar, serta menancapkan keimanannya dengan kokoh. Hal ini pulalah yang membuat setan atau jin ketakutan dan membuat mereka lari. 
Dalam sebuah hadits : Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepada Umar : "Sesungguhnya setan sangat takut kepadamu wahai Umar"  (HR. Turmidzi) 

Namun ternyata tidak hanya kepada Umar saja, golongan setan dan jin ini juga takut dengan orang-orang yang beriman dan betul-betul menjaga keimanannya.  Dalam Al-bidayah wan Inayah, Ibnu Katsir telah mengutip sebuah hadits berikut ini : 
"Sesungguhnya orang-orang mukmin akan dapat  mengendalikan (mengalahkan) setan sebagaimana salah seorang dari kalian yang dapat mengendalikan untanya ketika bepergian". (HR. Ahmad).  Bahkan jin kafir yang menyertai manusia dapat masuk Islam jika manusia yang diikutinya memperteguh keimanannya.  

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits : HR.Muslim berikut ini : Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, bersabda : "Tidak ada seorang pun, kecuali disertai oleh Qarin (penyerta) dari jin, dan seorang (Qarin) penyerta dari malaikat..... Para sahabat bertanya "Apakah termasuk Anda juga wahai Rasulullah?. ..... Rasulullah menjawab  "ya termasuk saya, hanya saja Allah menolong saya hingga jin itu masuk Islam. Dia tidak pernah menyuruh saya kecuali untuk kebaikan". (HR. Muslim). 

3. Jin atau Setan tidak dapat menyerupai Rasulullah SAW. 
Kelemahan jin dan setan lainnya adalah tidak dapat menyerupai rupa Rasulullah SAW.  Sehingga jika ada seorang bermimpi bertemu dengan Rasullah SAW dan memiliki ciri-ciri sesuai dengan leteratur yang menggambarkan nabi Allah ini, maka hal itu adalah benar-benar Rasulullah SAW. 
Dalam hadits shoheh dikatakan yang artinya : Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang bermimpi melihatku, maka dia sungguh telah melihatku, karena setan tidak dapat menyerupaiku". (HR. Muslim).

4. Tak dapat melewati batas langit (atau batas-batas tertentu di langit).
Setan dan jin memang dapat bergerak cepat terbang layaknya malaikat, namun mereka tidak bisa menembus batas langit tertentu yang dapat dilewati oleh malaikat. Jika mereka memaksa melewati batas yang ditentukan, maka mereka akan mati dan hancur.  
Maka karena itu pula jin tidak dapat mencuri informasi dari langit, sehinnga apa yang dibisikan kepada tukang-tukan ramal dan dukun adalah kebohongan semata. 

5. Pintu Yang Ditutup Dengan Menyebut Nama Allah. 
Setan dan Jin tidak dapat memasuki pintu yang ditutup dengan menyebut nama-nama Allah. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda yang artinya : "Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah ketika menutupnya, karena setan tidak akan bisa membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum dan bejana-bejana kalian sambil menyebut nama Allah, meskipun kalian hanya menyimpan sesuatu di dalamnya. Dan ketika hendak tidur matikanlah lampu-lampu kalian". (HR. Muslim) 

6. Jin takluk kepada Nabi Sulaiman.
Diantara mu'jizat nabi Sulaiman adalah dapat menaklukkan jin dan setan, sehingga semuanya dapat bekerja atas perintahnya. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam Al-Qur'an berikut ini : 
Artinya : "Ya Rabb-ku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.  Kemudian kami tundukkan kepadanya angin, yang menghembus dengan baik menurut kemana saja, yang dikehendakinya. (Dan kami tundukkan pula kepadanya) syaitan-syaitan semuanya ahli bangunan dan penyelam. Dan syaitan yang lain yang terikat dalam belenggu". (QS, Shaad/38 : 35-38). 

Mu'jizat ini diberikan kepada Nabi Sulaiman sebagai pengabulan atas do'anya yang dimohonkan kepada Allah dalam ayat 35 dan ayat 37 di atas. 
Maka atas doa nabi Sulaiman tersebut menyebabkan Rasulullah SAW tidak jadi untuk mengikat jin yang datang untuk melemparkan anak panah ke muka beliau. 

Dalam sebuah hadits Muslim dikatakan, dari Abu Darda berkata : "Suatu hari Rasulullah SAW bangun, tiba-tiba kami mendengar Rasulullah SAW mengatakan" : "Aku berlindung kepada Allah darimu". Kemudian Rasulullah SAW berkata "Allah telah melaknatmu hingga sebanyak tiga (3) kali. Rasulullah lalu menghamparkan tangannya seolah-olah beliau sedang menerima sesuatu. 
Ketika Rasulullah selesai sholat kami bertanya, wahai Rasulullah, kami mendengar anda mengatakan sesuatu yang belum pernah kami denger sebelumnya, kami juga meilhat anda membukakan kedua tangan anda. Rasulullah menjawab : "Barusan iblis (musuh Allah) datang membawa anak panah api, untuk ditancapkan di muka saya. Lalu saya berkata "Aku berlindung kepada Allah darimu (sebanyak 3 kali). Kemudian saya juga berkata "Allah telah melaknatmu dengan laknat yang sempurna (sebanyak 3 kali). Kemudian saya bermaksud mengambilnya. Seandanya tidak ingat doa saudara kami Nabi Sulaiman, tentu saya akan mengikatnya sehingga menjadi mainan anak-nak penduduk Madinah. 

Dari uraian materi di atas kita sudah dapat mengetahui apa saja kelemahan dari Iblis, Setan dan Jin. Maka kita dapat mengambil ibrah/pelajaran bagaimana agar kita juga dapat ditakuti oleh ketiga makhluk jahat tersebut.
Walapun tidak mungkin seperti ditakutinya Sahabat Nabi, Umar bin Khattab, ra. namun kita dapat belajar dari para orang-orang Sholeh yang diterangkan dalam uraian Alenia ke 1 diatas. Serta dapat mengamalkan sebagaimana uraian dalam Alenia ke 5 di atas.  

Demikian uaraian singkat materi "Ternyata Inilah 6 Kelemahan Iblis, Setan dan Jin".  Semoga bermanfaat, mari kita selalu berdoa memohon perlindungan hanya kepada Allah SWT dalam segala hal. Aamiin. 

0 Response to "Ternyata Inilah 6 Kelemahan Iblis, Setan dan Jin."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel