Hukum Membaca Alhamdulillah Seusai Salam Setelah Sholat.


JADWAL SHOLAT

Rasiyambumen.com Kajian Khazanah Islam (kategori posting do'a)

Pembaca budiman, Bimbingan dan Ridha-Nya semoga selalu tercurah serta mengiringi kita dalam segala aktivitas di dunia ini, untuk meraih kebahagiaan dan mengharap Rahmat-Nya di Akhirat kelak. Aamiin...

Kali ini penulis akan menyampaikan hal yang berhubungan dengan bacaan setelah salam dari sholat, ksususnya bacaan Alhamdulillah yang sering kita dengar dari imam sholat, ketika selesai salam dari sholat. 

Kita lanjutkan kajian yang singkat ini : Hukum membaca Alhamdulillah seusai shalat atau setelah salam. 

Dzikir yang diajarkan Nabi Muhammad  Shalallahu 'alaihi wa sallam, seusai sholat atau selesai salam, adalah membaca Istighfar dan bukan Alhamdulillah. 

Dasar hukumnya adalah : Tsauban radiyallahu anhu. menceritakan Setiap kali Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam setelah usai sholat Beliau beristighfar 3 kali lalu membaca  :
اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ
Al Walid yaitu perawi hadits lalu bertanya kepada Al-Auza'i : Bagaimana cara beristighfar?. Beliau mengatakan : Cukup kamu mengucapkan "Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah, (HR. Muslim dan Nasai).
Lalu Al Walid melanjutkan perkataannya : Dan kami tidak pernah menjumpai adanya riwayat yang mengajarkan bahwa seusai shalat atau salam dari shalat, dianjurkan untuk membaca Alhamadulillah.
Lalu ada sanggahan yang mengatakan : Bukankah kita seusai shalat atau salam kita boleh membaca apapun?. Hal itu benar bahwa seusai sholat orang boleh melakukan kegiatan apapun di luar shalat. 

Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan; Yang artinya : "Kunci sholat adalah bersuci. Yang mengharamkannya adalah takbiratul ihram, dan yang menghalalkannya adalah salam"  (HR. Ahmad). 
Yang dimaksud boleh melakukan kegiatan apa saja, di luar sholat, adalah kegiatan yang tidak ada kaitannya dengan sholat. 

Namun jika kegiatan itu dikaitkan dengan sholat, seperti dzikir setelah sholat, kewajiban kita adalah mengikuti apa yang diajarkan oleh Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam.  Karena itu dalam hal ini, seseorang tidak boleh berkreasi, seperti membuat dzikir sendiri, atau kegiatan sendiri, yang tidak sesuai dengan praktek Nabi Shalallahu 'alaihi wa sallam. 
Ketika seseorang melakukan sesuatu secara berulah-ulang, dapat dipastikan dia melakukannya karena dilandasi latar belakan tertentu. 
Disini terdapat kaidah yang menyatakan "Apabila sesuatu itu berulang,  maka dia menjadi aturan". 

Contohnya : Si A setiap selesai sholat langsung melakukan istighfar 3 kali. Dan ketika ditanya "Mengapa anda lakukan itu".?. Si A menjawab seperti ini yang diajarkan Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam"  
Contoh lainnya : Si B setelah selesai sholat atau salam selalu membaca Alhamdulillah, baru Istighfar. Dan ketika ditanya mengapa anda membaca Alhamdulillah setelah selesai salam?.  "Jawab si B ini sudah menjadi kebiasaan". 

Dan si B mengatakan ini adalah sebagai rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk sholat. Atau jawaban yang semislnya. Dan jika alasannya kebiasaan, seharusnya kita ikuti kebiasaan Nabi Shalallahu'alaihi wa sallam. 
Dan tidak membuat kebiasaan sendiri. Jika alasannya bersyukur kepada Allah SWT, alasan ini tidak tepat dengan pertimbangan : 
1 Nabi Shalallahu alaihi wa sallam, orang yang paling pandai bersyukur. Namun Beliau tidak membaca Alhamdulillah setelah selesai sholat.  
2. Jika kita membaca Alhamdulillah seusai shalat sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, seharus kita juga melakukan hal yang sama untuk ibadah lainnya.  Sehingga kita baca Alhamdulillah setiap selesai ibadah apapun.  Namun realitanya untuk ibadah yang lain, mereka tidak membaca Alhamdulillah. 

"MENGAPA SETELAH SHOLAT ISTIGHFAR" ?
Mengapa kita harus beristighfar setelah sholat?. Bukankah sholat itu ibadah?. Mengapa kita istighfar seusai ibadah?.  Sebab kita sangat yakin dalam ibadah sholat yang kita lakukan sangat rentan dengan kekurangan.  Maka kita mohon ampun atas semua kekurangan yang kita lakukan ketika sholat. 
Hadirkan perasaan semacam ini, (bahwa dalam sholat kita banyak kekurangan) maka ketika anda membaca istighfar setelah selesai sholat, akan mendapatkan ketenangan, dan agar istighfar kita  lebih berarti. 

Demikian uraian materi "Hukum Membaca Alhamdulillah Seusai Salam Setelah Sholat". Demikian semoga bermanfaat, mudah-mudahan menambah wawasan kita dalam melaksanakan ibadah, khususnya dalam sholat. Wallahu 'alam. 

0 Response to "Hukum Membaca Alhamdulillah Seusai Salam Setelah Sholat. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel